2.6 Sambang Adek

11.8K 1.1K 138
                                    

Dyo PoV

Ahay, ketemu gue lagi kalean. Kangen gak? Kangen aja lah biar gue seneng.

Oh iya, Alhamdulillah gue udah sembuh setelah dua bulan pemulihan, tangan gue bisa digerakin dengan normal lagi meski kadang-kadang kerasa nyeri. Gue belum dibolehin mamih balik ke pondok, padahal gue udah pengen banget balik ketemu sama temen-temen. Ehem, pengen ketemu bang Jongin juga sih sebenernya. Wkwk, dasar bucin gue.

Gue barusan bangun tidur gaes, capek banget rasanya. Abis pulang sekolah tadi gue langsung bablas molor setelah sholat dzuhur. Sekarang udah jam setengah empat, lumayan lah tidur siang dua jam setengah. Gue ke kamar mandi ambil wudhu terus sholat ashar.

Tumben-tumbenan rumah sepi banget, gue gak denger suara cemprengnya Sehun sama sekali, padahal biasanya jam segini dia ngerusuh di belakang rumah sama temen-temen bocilnya ples mas Luhan. Mamih juga, kenapa gak ada di rumah dah? Kalo papih sih gak heran kalo jam segini gak di rumah. Ngeladang kalo jam segini.

“mamih…” gue tereak sambil jalan keluar rumah lewat pintu belakang.

Di pelataran belakang rumah banyak anak-anak blok 3 (blok tempat gue tinggal) lagi main, gue nyariin Sehun diantara gerombolan bocah-bocah itu tapi gak ada. Kemana dah tuh anak? Masa ikut papih ke ladang?

“mas Luhan” panggil gue. Kadang gue manggil bocah manis ini 'Luhan', kadang 'Dian', seeenak mulut aja pokoknya. Sama halnya kalo gue manggil Sehun.

Mas Luhan yang tadinya asik main truk-trukan sama temennya noleh ke gue.

dalem, dek” bales dia sambil bangkit nyamperin gue.

weruh Sehun, ra? Kok dungaren ra melu dolanan” tanya gue.

(“lihat Sehun, gak? Kok tumben gak ikut main”)

mau melu paklek, mbuh nang ndi. Takon Lek Hyun ae kono, iku ning ngarep omah mbi mamak” mas Luhan nunjuk depan rumahnya, dan bener aja di sana ada emak gue lagi ngobrol sama Mamak.

(“tadi ikut paklek, gak tau kemana. Tanya lek Hyun aja sana, itu di depan rumah sama mamak”)

Gue manggut abis itu nyamperin mamih,

“mih,” seru gue,

Mamih noleh terus senyum cantik. Buset dah... pokonya senyuman mamih tuh selalu bisa bikin gue adem ayem.

“udah bangun anaknya mamih,” kata dia, narik bahu kiri gue buat ikut duduk di sampingnya. “tanek turune?” lanjutnya sambil ngusap lembut rambut gue yang agak basah abis wudhu tadi.

(“enak tidurnya?”)

“mantab” gue nyengir ke mamih sebelum nanyain maksud kedatangan gue, “Sehun mana, mih kok gak ada?”

“ikut papih ke adekmu tadi. Udah lama gak sambang ke sana” jawab mamih, sukses bikin gue merengut kesel.

“kok Dyo gak dibangunin sih? Dyo kan yo kangen”

Mamih ngekeh bentar terus ngecup kening gue.

ra tego nangeni sampean, mas. Nang disusul kono, lagek budal kok. Paling isih mbabuti suket e” kata mamih, bisa gue lihat matanya agak basah, bikin hati gue keiris. Kalo gue kangen, mamih pasti lebih dari kata kangen.

(“gak tega bangunin kamu, mas. Gih, susul sana, baru berangkat kok. Palingan masih nyabutin rumputnya”)

Gue manggut abis itu bangkit,

“mamih gak ikut?” gue nawarin,

mak mu lek melu ra ngarah gelem balek, cong” mamak ngekeh sambil nunjuk mamih. Gue ikut liatin mamih yang cuma senyum tipis sambil mainin jarinya.

Keluarga Pak Chanyeol [ChanBaek] |  ✔ [DIBUKUKAN]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang