Halo gaes, apa kabar?
Yang kangen Chanbaek sama Kaisoo sini merapat!
Ayo plesbek dikit.
~*~
Chanyeol lagi duduk-duduk lesehan di gubug bareng temen-temen sesama taninya, ada bang Raiden juga. Capek coy habis naikin gulutan, mana panas banget. Sekarang mereka lagi istirahat, nunggu si tuan yang punya ladang ngirimin es.
"kenapa belom balik, Met?" tanya Chanyeol ke salah satu temennya yang namanya Slamet.
"lagi nyari temen buat diajak kerja, Ris. Kata si bos kalo balik kudu bawa orang, paling gak lima biar gaji gue naik" jawab si Slamet.
"udah dapet berapa sekarang?" tanya Raiden.
"udah dapet empat, kurang satu lagi. Susah banget, padahal tinggal satu aja"
"kerja di sana sebulan dapet gaji berapa?" tanya Chanyeol lagi, dia penasaran.
"lumayan gedhe, Ris, bisa tiga kali lipat dari gaji kuli di sini. Lu tertarik, Ris?"
Mata si Slamet berbinar natap Chanyeol.
Chanyeol senyum tipis lalu nunduk dan mainin jempol kakinya yang kotor.
"tanya aja, Met"
"kalo dibandingin sama gaji TU lu yang cuma empat puluh ribu sebulan, gak ada apa-apanya, Ris"
Nyes banget rasanya, wajah Chanyeol berubah sendu keinget nominal gajinya yang cuma lima digit, buat makan seminggu aja kayanya gak cukup, ditambah lagi istrinya dua bulan lagi lahiran. Miris banget rasanya.
"Ris, jangan bengong woy" Raiden nepuk pundak adeknya.
Chanyeol dongakin kepala lalu senyum ke abangnya dan geleng.
"selain jadi kuli, kerja di sana ada apa aja, Met?"
"beragam, Ris. Ada yang kerja di pabrik, perusahaan, perkebunan, terserah kita maunya kerja apa. Tapi kalo gue yang ngikut bos, ya kerja gue jadi kuli. Biarpun kerjaannya berat gitu, tapi puas lah sama gajinya. Sebulan sejuta udah banyak banget, Ris"
Raiden pandangin adeknya yang kayanya lagi mikir. Agaknya dia tau apa yang lagi dipikirin sama Chanyeol, dia tau betul gimana kondisi perekonomian adeknya yang kurang baik.
Setengah jam lebih mereka istirahat sambil nungguin kiriman es, sekarang mereka balik kerja lagi, masih seperempat jalan lagi.
Selama ngegarap, Chanyeol kepikiran sama omongannya Slamet. Dia butuh uang buat ngehidupin istri dan anaknya yang bakalan lahir. Dia gak bisa ngandelin gaji TU sama buruh yang gak seberapa. Dia juga gak mau numpuk hutang, dia takut gak bisa ngelunasinnya, takut nanti di akhirat dia gak bisa masuk surga karna utangnya belom lunas. Walaupun gak berhutang pun gak menjamin dia masuk surga. Tapi dia gak mau hidup dibayang-bayangin sama hutang.
Sore hari sekitar jam setengah empat, mereka selesai garap ladang. Raiden pulang duluan karna mau nganterin Zizi periksa. Tinggal si Slamet sama Chanyeol doang.
"Met, kalo kerja di bos lu, berangkatnya dibayarin apa pake duit sendiri?" tanya Chanyeol.
"dibayarin, Ris, enak pol kan?"
Pol = banget
Chanyeol manggut,
"pol polan enaknya, Met" balesnya, "terus gajinya tuh seluruhnya buat pekerjanya? Atau masih dipotong apa gitu?"
"seluruhnya buat pekerjanya, Ris, palingan kepotong buat asrama aja kalo yang tempat tinggalnya di asrama"
"lu tinggalnya dimana, Met?"
KAMU SEDANG MEMBACA
Keluarga Pak Chanyeol [ChanBaek] | ✔ [DIBUKUKAN]
Fanfiction© cover by @IchaLee614 [DIBUKUKAN] Menceritakan tentang keseharian keluarga kecil Chanyeol yang dipenuhi berbagai macam warna dan rasa. Susah, senang, sedih, tangis, dan tawa. Semuanya akan dirangkum dalam ff 'Keluarga Pak Chanyeol' Ff ini ada dua s...