HAI!!
~*~
Suasana dapur agak berisik, wanita paruh baya itu lagi nyiapin beberapa masakan. Hari ini dia masak lumayan banyak karna bukan cuma dia dan orang serumah aja yang makan.
“Masak banyak banget, Buk, tumbenan. Itu bubur buat siapa?” kata cewek cantik, Yoora.
Si ibu nengok bentar habis itu balik ke pandangan semula yaitu ke mangkok berisi bubur.
“Buat Azam. Haris bilang Azam sakit, tipesnya kambuh jadi gak bisa makan makanan kasar. Ibuk bikinin bubur sama lontong aja.” jawab Yuri.
“Azam loh gak begitu suka bubur, Buk.” Yoora ngedudukin dirinya di kursi kecil deket kompor.
“Ya makanya Ibuk bikinin lontong juga. Buburnya buat sarapan, nanti lontongnya buat makan siang. Ibuk bikin banyak gini biar Hyun gak perlu susah-susah masak, biar fokus jagain anaknya aja.”
Yoora manggut-manggut, dia lihatin ibunya yang cekatan ngewadahin bubur dan nyiapin segala macem makanan yang bakal mereka makan hari ini serta yang dikasih ke Baekhyun dan Chanyeol.
“Daripada diem-diem aja, mending wadahin kuah sama ikannya, Ra.” kata Yuri, nyadarin Yoora yang malah ngelamun.
Si anak tengah ngekeh lalu manggut. Dia bangkit habis itu jalan ke rak piring buat ambil tepak makan.
“Kuahnya gak pedes kan, Buk?” tanya Yoora.
“Gak, Ra. Ikannya banyakin.”
“Iya.”
Keadaan dapur hening sejenak, yang kedenger cuma suara gesekan dari benda digeser pelan. Yuri duduk bersandar dinding dapur sambil natap lurus ke arah rak piring. Senyum tipisnya terkembang.
“Dulu ada apa-apa atau mau tanya apa-apa tentang Haris tinggal jalan ke samping rumah. Ada kejadian apapun satu detik udah tau. Sekarang, ada apa-apa gak tau, cucu sakit tiga hari baru tau.” katanya, rautnya nampak sebuah sesal, “Nyesel aku, Ra.”
Yoora terdiam, dia balik duduk ke kursinya sehabis ngewadahin kuah berikut lontongnya. Dia dengerin ucapan ibunya selanjutnya.
“Dulu rumah masih rame karna ada Azam yang sering main sama Hanif Hafiz. Kadang Hamzah ikut main. Sekarang udah sepi, anak-anak gak seberisik dulu. Sering kangen sama berisiknya mereka.”
Yoora tetep diem, gak ada niatan buat nyelah sama sekali. Dia biarin ibuknya terus berucap menyuarakan isi hatinya.
“Kamu tau, Ra, dua bulan terakhir ibuk sering nangisin Haris sama keluarganya. Sering nangisin Hyun, cucu-cucuku. Ibukmu ini udah terlalu jahat sama mereka, bikin hidup anak sendiri gak tenang. Hm… dosa ibukmu ini banyak banget, nyakitin mantu yang baik, nyia-nyiain anak sendiri, pilih kasih sama cucu. Kepikiran kalo mereka gak mau maafin aku, terus gimana matiku nanti?”
Air mata meluruh, dada Yuri selalu sesek kalo inget kenangan masa lalu yang cukup kelam menurutnya, dimana dia selalu bersikap tak adil dan tak acuh terhadap Baekhyun menantunya, dan Chanyeol yang notabenenya anak kandung sendiri.
“Tapi anak sama mantuku itu hatinya baik, Ra, bukan pendendam. Culaspun aku tetep dikasih makan, disambangi, disayang. Hyun yang tak sia-sia masih nanyain kabarku, mau ngasih uang setiap menjelang hari raya, mau sungkem. Mata ibukmu ini buta, Ra, buta karna harta sama iri dengki. Sebab kenapa ibuk gak pernah merasa tenang dan bahagia karna hati ibuk gelap. Isinya cuma pengen diri sendiri seneng, diri sendiri puas tapi gak mikirin gimana anak-anak, gimana orang lain.”
Yuri ngusap air matanya habis itu ngekeh piluh.
“Bayangin kalo yang nikah sama Haris beneran Rose, apa gak mati berdiri ibuk dimarahin tiap hari? Memang ibukmu ini bodoh, Ra, lagi-lagi harta jadi patokan kebahagiaan. Pikir ibuk kalo Haris nikah sama Rose hidup ibuk maupun Haris jadi bahagia karna uang melimpah, mau beli apa-apa gak perlu susah. Tapi ibuk gak mikirin tentang perasaan, gak mikirin tentang cinta.
KAMU SEDANG MEMBACA
Keluarga Pak Chanyeol [ChanBaek] | ✔ [DIBUKUKAN]
Fanfiction© cover by @IchaLee614 [DIBUKUKAN] Menceritakan tentang keseharian keluarga kecil Chanyeol yang dipenuhi berbagai macam warna dan rasa. Susah, senang, sedih, tangis, dan tawa. Semuanya akan dirangkum dalam ff 'Keluarga Pak Chanyeol' Ff ini ada dua s...