Mendengar kata-kata 'naga bumi terbalik', ekspresi Pang Xiao dan Qin Yining berubah serius.
Sekitar tiga puluh tahun yang lalu, gempa bumi besar terjadi di Ji Utara, menyebabkan 500.000 warga kehilangan tempat tinggal di dua provinsi. Di tengah kelembapan musim panas dan curah hujan yang buruk, mayat-mayat yang terkubur di reruntuhan membusuk dan menyebabkan mutasi virus yang mematikan. Tidak dapat membersihkan semua puing-puing pada waktunya, situasi ini berakhir dengan epidemi berskala luas.
Kerugian tersebut sangat berdampak pada Ji Utara, dan hal tersebut tidak terselesaikan hingga beberapa waktu kemudian. Perbendaharaan negara, yang pada awalnya cukup kosong, semakin terkuras.
"Adakah laporan mengenai situasi setelah gempa?" Pang Xiao bertanya dengan cemas.
Huzi menggelengkan kepalanya. "Belum ada angka pastinya, tapi tiga kota di sebelah utara ibu kota lama terkena dampaknya. Gempa susulan terus terjadi selama dua hari berturut-turut."
"Tiga kota? Apakah itu termasuk kota Liang?" Qin Yining mengerutkan kening. Dia dibesarkan di Liang, dan terkadang sangat merindukannya.
Penjaga itu mengangguk. "Seharusnya begitu. Tapi Liang jauh dari ibu kota Dinasti Yan yang lama, jadi seharusnya baik-baik saja."
Pasangan itu bertukar pandang, keduanya membaca kekhawatiran di mata satu sama lain.
Kekacauan perang baru saja mereda, namun kini bencana alam yang begitu dahsyat melanda! Meskipun Zhou Agung tampak mulia secara lahiriah, kas negara hampir habis dan dompet pribadi kaisar hampir habis. Apa yang dapat mereka berikan untuk bantuan bencana? Pasukan apa yang bisa mereka kirim untuk membantu?
Meskipun Li Qitian mungkin memanfaatkan kejadian ini untuk memasang jebakan, yang paling dipedulikan Pang Xiao adalah keselamatan masyarakat.
"Yan Agung benar-benar mengalami tragedi dan cobaan," desah Huzi. "Saat kami berpikir segalanya akan menjadi lebih baik, gempa bumi telah datang dan melanda."
Qin Yining menghela nafas juga. "Baik bencana yang disebabkan oleh manusia atau alam, yang selalu menderita adalah masyarakatnya."
Pang Xiao mengerutkan keningnya dengan cemas, memikirkan bagaimana cara menangani hal ini.
Pasangan suami istri ini tidak ingin membawa suasana hati negatif ini kepada orang yang lebih tua, jadi semuanya berjalan seperti biasa saat mereka mampir ke Aula Pinecrane.
Née Ma muncul segera setelah Qin Yining melewati ambang pintu. Dia memegang tangan cucunya dan mengamati gadis itu dari atas ke bawah sebelum menghela nafas lega.
"Mereka bilang Dafu menggendongmu pulang. Nenek sangat ketakutan ketika mendengar itu! Kemudian Huzi datang dan mengatakan bahwa kau baik-baik saja, tetapi dia tidak memberikan rincian apa pun ketika kami menanyakannya. Syukurlah kau baik-baik saja. Apa yang terjadi di istana? Kenapa kau pingsan begitu saja?"
KAMU SEDANG MEMBACA
Return Of The Swallow - Buku 4
Historical FictionUp tiap hari Senin . Dia adalah anak sulung perdana menteri, tetapi ditukar saat lahir untuk menjauhkannya dari kota. Ketika dia akhirnya kembali ke keluarganya, dia mendapati dirinya dilibatkan dalam skema pergolakan dalam keluarganya. Dia hanya in...