"Maap. Oh ya, tadikan gue bilang kalau setiap mau ulangan, Tiara bisa tiba-tiba ambis biar ngga diremedial. Soalnya kalau dia sampe diremedial, Kak Dio bakal marah. Tadinya gue ngga percaya, soalnya yang gue tau kalau Kak Dio baik banget tapi pas beberapa kali gue ke rumah Tiara, ternyata bener aja dong. Waktu itu gue ngga sengaja denger kalau Kak Dio marah ke Tiara, marahnya bener-bener marah, yaa tapi ngga sampe main tangan juga si. Gue juga ngeliatnya antara mau kasian sama ngakak. Terus ketauan Kak Hiro, nah Kak Hiro langsung berusaha buat tenangin Tiara gitu. Lo bayangin, gue berasa lagi nonton drama keluarga secara live tau ngga si? Yaa pokoknya sikap Kak Hiro sama Kak Dio kalau di luar sama di dalem kayak kebalikan gitu loh, pahamkan? Lagian kayaknya Kak Dio cuma galak ke Tiara aja deh, sedangkan kalau ke orang lain baik-baik aja. Ngga nyangka juga, Kak Dio yang super ramah ternyata kalau di rumah kayak gitu, tapi bodoamat, yang penting dia baik sama gue. Yaa lagi-lagi, gue cuma bisa kagum. Gue tau diri, dia udah punya pacar"
"Rebutlah!"
"Ajaran sesat. Udah deh ngga usah cari gara-gara, kebanyakan baca cerita tentang perbucinan si. Jadi, pikirannya kayak gitu semua"
"Gue cuma mau nguji lo doang, anjir"
"Kayak ngga ada cowok lain aja. Cowok cakep di luar sana banyak. Kak Hiro, Kak Dio, sama Kak Radit cuma salah satu bagian dari mereka"
"Iya. Cowok cakep emang banyak, tapi masalahnya mereka mau ngga sama lo?"
"Sialan"
"Pas gue denger cerita lo barusan, yang tentang Kak Hiro tenangin Tiara. Gue kok jadi iri ya sama dia?"
"Iri kenapa?"
"Gue sebagai anak perempuan pertama cuma bisa iri karena ngga bisa punya Kakak cowok. Kakak-Kakaknya Tiara terutama Kak Hiro sayang banget sama dia. Beruntung banget bisa punya Kakak baik yang didukung sama keindahan visual. Gue yakin, Kak Dio marah, pasti karena ada maksud tertentu, itu juga bisa jadi salah satu cara Kak Dio buat ungkapin rasa sayangnya ke Tiarakan? Buktinya Kak Dio lebih sering ungguh foto tentang kebersamaan dia sama adik perempuan ketimbang sama pacar, tapi ngga tau kalau sekarang, soalnya gue udah ngeblock akun sosial media Kak Dio, abis bawaannya iri mulu"
"Jangan nilai orang dari layar kaca, bisa aja itu cuma buat konten"
"Ngga tau juga si"
"Gue juga irilah. Setiap ngeliat Tiara sama Kakak-Kakaknya, gue suka keinget sama almarhum Abang gue"
"Eh anjir, tapi seharusnya kita juga harus bersyukur tau! Kita emang ngga punya Kakak, tapi Tiara jauh dari orangtua. Gue dengar-dengar katanya kalau orangtua mereka udah pada punya keluarga masing-masing. Kita pengen ada di posisi Tiara, tapi bisa jadi Tiara mau ada di posisi kita yang setiap harinya masih bisa ketemu dan tinggal bareng orangtua"
Tebakkan lo bener. Tieeshara membetulkan dalam hati. Banyak orang yang mau ada di posisi gue, padahal kalau aja mereka tau, gue juga mau ada di posisi mereka. Yang kerap kali makan masakan Mama; minta uang ke Papah; dianter ke sekolah sama Papah atau Mama; setiap pulang sekolah, masih ada orangtua yang nyambut kedatangan anaknya atau sekedar menyaksikan kehadiran mereka. Sedangkan gue cuma ada hening, mereka juga ngga pernah mikir kalau nanti saudara kandungnya ngebangun rumah tangga masing-masing, terus gue mau tinggal sama siapa? Gue ngga mau pilih salah satu diantara mereka, gue maunya bareng-bareng, tapi kecil kemungkinan untuk tinggal bareng lagi sampe nanti. Orang di luar sana masih bisa tinggal bareng orangtua, sedangkan gue? Kalaupun ada sebagian anak yang orangtuanya jarang di rumah karena alasan kesibukan, seenggaknya masih punya waktu untuk ketemu sekalipun cuma sekali dalam sehari, orangtua mereka ngga pernah diambil sama orang lain, mereka juga masih bisa ngerasain kumpul keluarga dengan jumlah anggota yang lengkap
"Kayaknya lebih enak tinggal bareng Kakak deh dari pada bareng orangtua, soalnya orangtua gue bawel banget"
"Jangan gitu, bodoh! Ish nih orang mulutnya minta gue perban kali, ya?! Gue punya temen, dulu dia suka main, jarang di rumah, nakal banget deh. Terus pas orangtuanya meninggal, dia baru ngerasa nyesel karena jarang ngabisin waktu bareng keluarga. Manusia emang gitu, baru ngerasa kehilangan pas tau kalau orang itu udah ngga ada"
"Terus gimana sama mereka yang orangtuanya masih lengkap ditambah punya Kakak cowok?"
"Udahlah capek, ngeliat nikmat orang ngga pernah ada abisnya, bakal selalu ada orang yang di atas kita. Gue juga salah karena tadi udah bilang iri, padahal masih banyak yang harus gue syukuri. Eh lama-lama jadi kayak Tiara juga nih gue. Semenjak Tiara sering post tentang religi, gue jadi banyak tau. Eh tapi kok, Kakak-Kakaknya beda banget ya sama dia?"
"Jelas bedalah. Kakak-Kakaknya cowok, sedangkan Tiara cewek sendiri"
"Bukan itu maksud gue"
"Terus?"
"Kakak-Kakaknya kok masih pada pacaran? Padahal sekarang Tiara udah berubah"
"Berubah jadi apaan? Mutan?"
"Serius gue"
"Lagian sok tau banget, udah tau yang pacaran cuma Kak Dio"
"Yaa itulah maksud gue"
"Terus kenapa tiba-tiba lo jadi ngomong kayak gitu?"
"Ngga papa si. Gue cuma heran aja, sekarang Tiara udah berubah, ngga kayak dulu lagi. Lo liat aja postingannya. Gue si malu kalau jadi dia, ngeshare mengenai kebaikan, tapi Kakaknya sendiri ngga dikasih tau"
Ketika mendengar kalimat terakhir, hati Tieeshara mendadak panas. Baru saja ingin berdiri, namun Dion langsung mencegah dengan cara mencekal pergelangan tangan Tieeshara. "Biarin aja"
"Tap—"
"Suttt, udah"
Kedua orang tersebut kembali melanjutkan obrolannya. "Iya juga si, ya. Ngga kepikiran gue"
Tieeshara tidak memperdulikan larangan Dion, kali ini Tieeshara memberanikan diri untuk bersuara. "Tau apa lo tentang keluarga gue?"
Spontan kedua orang tersebut langsung menoleh ke arah Tieeshara secara bersamaan. "Ternyata dari tadi mereka denger obrolan kita?" bisik dari salah satunya
"Lo ngga tau sepenuhnya tentang keluarga gue," belanya dengan lantang
"Kamu denger ngga si Kak Dio bilang apa?!" omel Dion
"Faktanya emang begitu kali, Tir. Makanya sebelum kasih tau orang lain, mending kasih tau orang terdekat dulu"
"Tanpa kalian bilang kayak gitu, kalau sebenernya Adik saya udah lebih dulu memberi taukan kepada saya kok," timpal Dion
"Udah, jangan dilanjut. Mending sekarang kita pindah tempat aja, malu nih diliatin orang." Benar saja bahwa kedua orang tersebut segera memasukkan barang ke dalam tas dan pergi meninggalkan tempat tersebut
"Tir, maaf, ya"
"Kenapa minta maaf ke Tiara? Emang Kak Dio salah apa? Tiara bukan Tuhan yang bisa ngebolak-balik hati manusia, Kak"
"Abis lulus, Kak Dio bakal jadiin Kak Raina seutuhnya"
Tieeshara jadi tidak enak hati. Tieeshara tau jika menikah bukan hanya sekedar membagikan undangan, melainkan masih ada yang harus dipertanggungjawabkan. Namun Tieeshara juga tidak ingin jika Kakaknya harus menanggung dosa atas apa yang telah dilakukan. Tieeshara sendiri juga belum siap jika harus menerima kenyataan bahwa Kakaknya akan menjadi milik perempuan lain
Dion menoleh ke arah Lazhirovan. "Terus gimana nih, Kak? Gue duluan atau harus nunggu lo?"
KAMU SEDANG MEMBACA
TIEESHARA
Teen FictionAku telah kehilangan cahaya bintang dari seorang laki-laki bernama Starlight. Ah tidak, bagaimana bisa aku merasa kehilangan? Memilikinya saja tidak pernah, namun apakah kehilangan hanya mengenai pasangan? Lantas bagaimana walau hanya sekedar bertem...