Letak kantor Gyan ini memang strategis baik dari rumah, maupun dari sekolahan Gyana. Jadi, posisinya ditengah-tengah banget. Dengan begini banyaknya kemudahan, aku dan Gyan, merasa gak ada lagi alasan, buat kami berdua untuk memanfaatkan privilege kami, untuk selalu mengusahakan kebersamaan keluarga.
Gyan adalah definisi dari belajar dari kesalahan, yang terpampang nyata didepanku. Aku benar-benar belajar dari Gyan, kalau suatu kejadian, gak hanya untuk dibawa marah-marah dan dendam berkepanjangan. Tapi, suatu kejadian, untuk kita petik hikmah dan pelajarannya. Gyan pernah lengah menjaga kedamaian rumah tangga. Gyan gak mau mengulang.
Gyan pernah menjadi korban dari kelalaian seorang Ayah dan Gyan gak mau mengulang.
Inti dari pelajaran yang bisa aku petik dari seorang Gyan adalah, jangan mengulang kesalahan yang sama. Karena sudah tahu rasa sakitnya, kayak gimana.
The worst thing that could happen in every person's life, is? Menormalkan keadaan yang selama ini membawanya tumbuh besar, padahal dia tumbuh dengan salah.
Dia pikir, dia survive kondisi tumbuh kembangnya yang sebenarnya toksik. Enggak baik. hanya karena dia berhasil tumbuh dengan selamat dan akhirnya? Dia merasa, itu hal yang wajar. It's a love. All the struggles that he got is a form of love. A toxic love.
Seorang anak yang dikasari.
Seorang anak yang diabaikan pendapatnya.
Seorang anak yang dilarang menangis dan mengeluh, dengan dalih, supaya kamu kuat dan enggak mudah menyerah.
Seorang anak yang gak pernah menerima pujian sedikitpun dari orang tuanya.
Seorang anak yang harus selalu mengerti kondisi kelelahan dan psikologis kedua orang tuanya.
Seorang anak yang dipaksa melihat disfungsi didalam keluarga.
Contoh dalam keluarga Gyan, adalah seorang anak yang harus dipaksa melihat, Ibunya tidak bebas berpendapat, walau dengan cara yang halus. Dibungkam dengan 'kamu tahu beres aja gak usah banyak tanya.' Diberikan materi dalam jumlah yang fantastis. Seorang Ibu yang dibuat buta arah, dalam peta pergerakan rumah tangganya, utamanya pergerakan suaminya.
Seorang anak, yang menormalkan hilangnya seorang Ayah untuk jangka waktu lama, tanpa kabar jelas. Yang penting, kembali dan memeluk anak dan istrinya, seolah dia baru kembali berjuang.
Seorang anak yang dipaksa mendorong dirinya untuk ikhlas menerima kejahatan orang tuanya, dengan tidak mengindahkan kerapuhan yang dia rasakan.
Dan Gyan, setelah aku amati, adalah seorang anak yang akhirnya tumbuh, sebagai sandaran emosional dan psikologis Mamanya. Dia dipaksa tangguh dan dewasa, tidak sesuai dengan milestone usianya.
Hasilnya? Gyan yang memang banyak belajar. Tapi, jangan salah. Kadang ada sisi-sisi Gyan yang membuatku kuwalahan dalam menghadapi. Gyan selalu kacau balau, kalau Mamanya mulai menjadikan dia sandaran emosinya lagi. Gyan bakalan buntu pikirannya dan menjadi kalut.
KAMU SEDANG MEMBACA
Our Baby Crib Journey
RomanceKhusus buat yang masih mau lihat lanjutan OLAGYAN dan ekor-ekornya. find out yourself inside. Ini hanya kumpulan extra parts dari OLAGYAN jadi bisa update kapan aja, bisa juga berhenti kapan aja. so enjoooy