EKO GUSTIANA DO YOUR BEST

206 12 2
                                    


Kesalahan adalah suatu hal yang tidak sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan. Banyak mahasiswa menjelang tingkat akhir mengeluh dan menyesali pilihannya dikala memilih jurusan pada saat tes perguruan tinggi, baik itu salah memilih Universitas ataupun salah memilih jurusan. Kemandirian sangat dibutuhkan, karena apabila sudah terbiasa mandiri maka juga akan muncul sifat tanggungjawab dalam diri. Sering kali para remaja atau biasa disebut dengan istilah Anak Baru Gede (ABG) menyalahkan orang lain saat telah melakukan kesalahan seperti contoh apabila seorang ABG telah salah mengambil keputusan dan hasil dari keputusan tersebut tidak sesuai dengan keinginannya maka anak tersebut akan mengeluh dan menyalahkan orang lain dengan alasan adanya intervensi dari orang lain tersebut seperti alasan karena orang tua nya memberikan intervensi ataupun saran yang membuat ABG tersebut bimbang akan pilihannya, menurut pengalaman penulis lebih baik menyesal dengan pilihan sendiri dari pada menyesal akibat pilihan orang lain.

Bersyukur merupakan sifat yang sangat terpuji, dengan bersyukur maka tidak akan terlalu banyak mengeluh tentang apa yang didapat. Namun, selaku manusia dimana pun berada maka harus selalu melakukan yang terbaik karena Tuhan selalu memberikan yang terbaik. Dalam beberapa kondisi penulis merasakan dan mengalami puncak keegoisan diri dimana penulis pun pernah menjadi ABG, saat mendapatkan hal yang tidak sesuai dengan harapan maka biasanya penulis menyalahkan orang lain sebagai biang terjadinya kesalahan, padahal itu semua terjadi karena kesalahaan penulis yang tidak melakukan yang terbaik. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia penulis mengakui bahwa hal tersebut terjadi dikarenakan penulis sendiri dalam arti apabila penulis melakukan yang terbaik sedari itu maka penulis akan mendapatkan apa yang penulis harapkan, jadi berhentilah mengeluh dan menyalahkan orang lain mulailah menjadi mandiri dan lakukan yang terbaik.

Adapun solusi dari penulis untuk ABG yang merasa menyesal dikarenakan salah memilih jurusan ataupun salah memilih Universitas, mulailah dari sekarang belajar dengan serius dan konsisten, carilah penunjang seperti buku-buku yang berkaitan dengan bidang keilmuan yang dipilih, jangan terlalu banyak mencari materi dari blog-blog yang tidak mencantumkan asal dari sumber materi yang diberikan. Penulis pun merasakan hal tersebut, maka dari itu penulis menganjurkan apabila pembaca akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi perlu diperhatikan fasilitas seperti laboratorium dan perpustakaan yang ada di universitas tersebut karena dua hal tersebut akan sangat mendukung kegiatan belajar.

Harapan dan angan selalu ada pada diri semua manusia, harapan penulis di waktu sekarang dan yang akan datang penulis akan lebih mandiri, bertanggung jawab, dan bersyukur.

Catatan Akhir Tahun "Dear Me"Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang