Dear me, apa rencanamu di tahun 2018? Katanya banyak harapan yang ingin kau wujudkan di tahun depan. Wah, senangnya yang sudah punya rencana. Pasti rencanamu besar. Bolehkan rencana besarnya dibagikan!
Dear me, tuliskan yang banyak ya, rencana-rencanamu itu. Jangan takut! Percayalah kamu bisa.
Dear me, kalau boleh disarankan alangkah baiknya kamu tuliskan harapanmu itu. Dan baiknya pula, kamu tuliskan pada selembar kertas yang besar dengan tulisan besar berwarna-warni, tambahkan hiasan kreasi menarik, dan jangan lupa sertakan tanggal dan bulan yang akan menjadi target dari harapanmu. Selain itu, urutkanlah rencanamu dari yang paling mudah untuk dilakukan hingga rencana yang memerlukan waktu dan tenaga ekstra.Terakhir tempelkanlah di tempat yang sering kamu lihat, tujuannya, agar tetap fokus pada harapanmu.
Dear me, agar tetap fokus dengan target rencanamu, buatlah juga konsekuensi apabila kamu melalaikan ataupun rencana tidak sesuai target. Misalnya, rencana kamu di tahun 2018, salah satunya bisa membuat satu buah novel dengan jumlah halaman 180 dalam waktu 3 bulan. Nah, kalau mau membuat tulisannya perhari, berarti kisaran targetnya harus menulis dua halaman perhari. Seandainya satu hari terlewat, otomatis tidak sesuai target. Nah, konsekuensinya kamu bisa menerapkan untuk membuat tulisan di hari berikutnya sebanyak 4 halaman.
Dear me, untuk membuat konsekuensi usahakan sesuai kemampuanmu. Sebenarnya bisa saja kamu membuatnya secara ekstrim, namun sanggupkah kamu menjalaninya? Yang mudah saja kamu lalaikan apalagi yang lebih berat. Misalnya target membuat novel, seperti yang tertera di atas, konsekuensinya ekstrimnya ikut pelatihan kepenulisan baik online ataupun offline. Jika dilihat untuk pengembangan kemampuan dalam kepenulisan memang baik, namun yang perlu kamu pertimbangkan adalah sanggupkah kamu menyediakan waktu, biaya, tenaga, dan pikiran secara khusus?
Dear me, untuk konsekuensi yang terpenting bukan kecil ataupun besarnya konsekuensi yang dierima, melainkan kepada kekonsistenanmu terhadap target. Sebesar dan sedetail-detailnya target yang telah kamu buat, jika tidak konsisten dalam pencapaiannya, maka targetmu akan berakhir sia-sia.
Dear me, semoga harapanmu di tahun 2018 tercapai maksimal. Adapun beberapa hal yang tidak sesuai target, percayalah tidak ada yang sia-sia, karena kamu sudah mencoba sesuatu hal baru dan keluar dari zona nyaman yang selama ini kamu nikmati dengan melakukan sesuatu yang baru tersebut.
Dear me, teruslah bersemangat dalam menggapai harapan-harapanmu. Dan terus belajarlah dari kegagalan pengalaman di tahun sebelumnya. Sesungguhnya kamu hebat!
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Akhir Tahun "Dear Me"
De TodoDisini lah awal mula kita untuk menjadikan langkah kita kedepan menjadi lebih baik dari hari lalu. Disinilah awal cerita kita mengapa kita bisa jauh lebih baik dari sebelumnya. Tulisan ini bisa diibaratkan adalah kaca, cerminan diri kita yang siap u...