VOTING SUDAH DITUTUP sejak November 2017. Hasil voting silakan melihat bab selanjutnya.
Hai, guys. Sudah pada baca bab 28 Haute part 2? Kalau belum, buruan baca. Sudah update yaaa.
.
Bab ini berisi pemberitahuan penting, yang semoga saja bisa membuat kalian senang. Saya butuh saran dan suara voting dari teman-teman pembaca sekalian.
Sebelumnya saya minta maaf karena HAUTE selalu very slow update. m(_ _)m
Manajemen waktu saya yang tidak bisa menulis HAUTE secara cepat. Untuk menghasilkan tulisan yang matang perlu waktu sangat lama, dan kalian tahu bahwa HAUTE selalu berada di atas 10.000 kata per babnya. Prosesnya lama. Saya selalu serius dalam menyusun cerita HAUTE, tidak mau sekadar asal selesai.
Memang, saya pernah update HAUTE dengan cukup cepat di FFN, tapi kondisi saat itu masih senggang. Sementara, in real life, saat ini, saya harus memprioritaskan deadline pekerjaan saya yang lain. Saya pun saat ini sedang dikontrak untuk menulis beberapa buku di luar nama pena Aratte.
FYI, satu bab HAUTE ukurannya 10x lipat lebih gede dari cerita lain di Wattpad pada umumnya. Biasanya cerita umumnya di Wattpad hanya 1000-2000 kata/bab, sementara HAUTE nyampe 10.000-20.000 kata/bab. Makanya pembaca HAUTE sering ngeluh error seperti kepotong-potong naskahnya (tulisan dan paragrafnya kelihatan dobel, acak-acakan, banyak kata yang hilang, gak bisa scroll sampe bawah, dll) akibat terlalu panjang babnya. Beberapa waktu lalu saya baca bahwa Wattpad memang didesain untuk bab-bab pendek.
Lalu, kenapa saya bisa update cerita lain di Wattpad seminggu sekali bahkan setiap hari, sementara HAUTE tidak?
Jawabannya jelas: Sebab cerita saya lainnya pendek sekali, hanya 1000-2000 kata per babnya.
Syukurlah para pembaca HAUTE tidak pushy. Teman-teman jarang sekali meminta saya update cepat (karena mungkin sudah menyerah menunggu update-an HAUTE ya kelewat lama HAHHAHA) dan luar biasa setia menunggu selama apa pun HAUTE update. Tapi, seriously, sebagai penulis saya ingin menyenangkan pembaca. Kalau melirik para author tetangga di Wattpad, mereka bisa banget nyenengin pembaca dengan update setiap minggu bahkan setiap hari. Maka inilah saatnya saya membuat voting.
Jadi,
Saya bisa update HAUTE dengan cepat, seminggu sekali seperti cerita saya lainnya, TETAPI dengan risiko: satu babnya tidak mungkin bisa mencapai jumlah 10.000 kata ke atas. Maksimal paling hanya 1000-2000 kata saja!
Maka, silakan memilih (ketik jawabanmu dengan cara inline comment di salah satu opsi di bawah ini)
a) update chapter baru HAUTE paling cepat seminggu sekali dengan jumlah 1000-2000 kata
atau
b) update chapter baru HAUTE cukup lama (waktu tidak pasti, yang penting update, terserah saya) dengan jumlah 10.000-20.000 kata seperti sekarang
(1 orang=1 vote ya, kalo ada yang curang saya hapus komennya hehe)
*VOTING SUDAH DITUTUP sejak November 2017. Hasil voting silakan melihat bab selanjutnya.*
Plus minus:
Memilih (a) berarti kamu bisa membaca HAUTE terbaru setiap minggu, tetapi babnya pendek-pendek, dan berarti HAUTE bisa tamat dengan cepat (are you ready menamatkan cerita ini?). Kalau ada waktu luang dan semangat nulis saya lagi tinggi, ada surprise update dua minggu sekali atau jumlah kata mencapai 3000 kata. Bab pendek juga menghindarimu dari error Wattpad yang naskahnya dobel/terpotong-potong/cuma keluar separuh naskah.
Tambahan: kalo menurutmu babnya kurang panjang, bisa baca HAUTE satu bulan sekali 4 bab sekaligus. Udah sama dengan baca 1 bab penuh. Kalo milih opsi A, DIJAMIN kamu bakal baca HAUTE seminggu atau sebulan sekali. Kalau opsi B jangan tanya kapan updatenya. Saya enggak akan menjawab pertanyaan "KAPAN HAUTE UPDATE?" karena enggak punya jawabannya. Kalau opsi A, dalam seminggu bisa aja saya up sebanyak 2 chapter kalau ada waktu. Dan 1 chapternya bisa aja mencapai maksimal 5000 kata. Bagi yang menunggu bukunya HAUTE keluar (Fanbool vol 02 atau complete edition), disarankan memilih A. Sebab buku tersebut baru saya rilis jika HAUTE sudah tamat di Wattpad. Kalo pilih B, bukunya baru rilis beberapa tahun lagi.
Memilih (b) kamu menunggu update HAUTE dengan cukup lama, waktu tentatif terserah saya, meski babnya panjang dan memuaskan. Bisa aja update beberapa bulan sekali karena gak terjadwal, dan tamatnya masih lama entah kapan. Karena babnya panjang, tampilan tulisannya juga sering error. Kalau ada waktu luang bisa saja saya update cepat, tetapi mengingat jadwal saya yang kepadatannya cukup horor saat ini, saya enggak bisa janji update.
Tambahan: Bagi pemilih opsi B yang khawatir tidak terpuaskan bila membaca chapter pendek-pendek, kalian bisa membaca HAUTE selama satu bulan sekali kalau enggak mau baca part tiap minggunya.Jadi dalam 1 bab HAUTE, saya akan membelahnya menjadi beberapa part. Untuk minggu ini judulnya jadi bab 29.1, lalu 29.2, dstnya. Meski pendek-pendek, tidak ada perubahan plot dari outline cerita HAUTE, hanya bab panjang sebesar 10rb-20rb kata tersebut yang saya pecah jadi beberapa bagian untuk di-update setiap minggunya. Kalian tetap mendapat feels yang sama seperti membaca cerita panjang karena sama saja dengan satu bab utuh (kalau di buku HAUTE Fanbook nanti tetap satu bab utuh, hanya di Wattpad aja dipecah jadi update per minggu).
ASK: Ada yang nanya kalau saya ikut voting, saya pilih apa?
Dengan banyak pertimbangan, saya tentu saja memilih (a). Jadi hitungan satu suara untuk (a) dari author-nya. Salah satu pertimbangannya adalah bila dibandingkan dengan cerita saya lainnya di Wattpad, HAUTE memang sulit ditulis. Efforts dan waktu yang saya keluarkan besar. Akan tetapi, feedback pembaca HAUTE (dengan tulisan 10.000 kata/bab) lebih rendah daripada saat saya menulis cerita lain (yang hanya 1000 kata/bab). Saya memaklumi ini. But you have to know walau saya menulis di Wattpad untuk kesenangan pribadi dan untuk teman-teman, ada masanya semangat saya surut dan tidak bisa sepenuhnya produktif, apalagi dikejar deadline kerjaan real life. Saya menulis sembari belajar, that's why saya senang bisa berinteraksi dengan semua pembaca dan bertambah semangatnya dalam menulis karena feedback. Hanya ketika itu usaha menulis saya dirasa sepadan dengan hasil yang didapat. Jadi, untuk pembaca yang selama ini enggak pernah lelah menunggu HAUTE dan mengirim support dalam bentuk vote and comment, thank you. Semoga kalian murah rezekinya. Kalian menjadi alasan saya tetap berkomitmen menyelesaikan cerita ini di tengah badai kesibukan. Ini pula alasan saya membuat voting, saya ingin fokus dengan HAUTE dan tidak mau membuat kalian menunggu lama-lama lagi. Menulis dan update per minggu dengan jumlah kata 1000-2000 membuat saya lebih bisa mengatur manajemen waktu.
Anyway, voting ditutup sampai seminggu lagi. Untuk bab terbaru HAUTE terbit setelah saya selesai hiatus, yaitu akhir Desember 2017.
PS: Habis ini saya mau unpublish HAUTE untuk disunting ulang, jangan kaget kalau tiba-tiba HAUTE menghilang dari list novel Wattpad saya. Cuma sebentar aja, nanti saya upload ulang bersama dengan chapter terbaru berikutnya.
(ARATTE)
KAMU SEDANG MEMBACA
HAUTE [RivaEre Fanfiction]
FanfictionFotografer yang tak sekadar ingin memerangkap figur bermata hijau ke dalam kamera. Model berpikiran lurus yang menerima tantangan bertaruh tanpa tahu apa risikonya. [Won an Indonesian Fanfiction Awards 2013 for Best Romance Slash] First Published:...