Semenjak Oca tahu keinginan abi untuk menjodohkan nya dengan anak Abah Umar, Oca merasa sangat tisak bersemangat melakukan apapun alias malas.
Otak nya terus berpikir bagaimana cara agar perjodohan konyol itu tidak terealisasi.
Kak Raisa dan suami nya juga sudah kembali pulang ke Bandung. Kak Raisa memang ikut suami nya yang kebetulan menjadi salah satu kariyawan di salah satu perusahaan di kota kembang tersebut.
Namun, sebelum pulang, Raisa juga sempat memberikan sedikit kata-kata mutiara kepada adik nya.
"Dek.. kakak ngerti yang kamu rasain , di jodohin di saat Abege.. bahkan masih sekolah. Kakak ngerti banget. Tapi pasti abi punya alasan untuk ini semua,. Jangan kecewain abi dan umi lagi ya kakak mohon. Kalo emang adek gak mau, bilangnya secara baik-baik jangan marah-marah apalagi sampe berontak bikin ulah yang enggak-enggak" tulus Raisa ketika mengeluarkan petuahnya.
Oca yang mendengar hanya mencibir.
"Tapi kenapa sih kak, Oca masih sekolah harus disuruh nikah?" Keluhnya "sama om-om lagi- abi udah gak sanggup biayain Oca apa gimana ?"
Raisa terkekeh mendegarnya dan kemudian mencubit pipi adiknya "kemaren ngatain kakek-kakek, sekarang om-om. Plin plan banget kamu. Gimana kalo kedengeran orangnya coba"
"Bodo amat biar nyadar kalo dia udah tua, masa pengen sama yang muda"
Raisa tersenyum tulus, sifatnya memang sedikit berbanding terbalik dengan dirinya, mungkin karena uminya dulu mengidam makan daging rusa.
"Kalo adek ngga mau, ntar kakak juga bantu ngomong ke abi"
---0o0---
Tok...tok..
"Masuk aja" Teriak Oca yang sedang rebahan di dalam kamar. Kegiatannya sepulang sekolah, hanya rebahan, makan, atau nonton drakor saja. Betul-betul beban keluarga.
"Kenapa bi?" Ternyata abinya yang mengetuk pintu, sebenarnya dia malas bertemu abi.
"Nak, kalau memang kamu tidak setuju untuk dijodohkan dengan gus Fahri gak papa. Nanti biar abi yang bicara lagi sama keluarga Abah Umar" Jelasnya membuat Oca mendongak.
Matanya berbinar, abinya tidak mengigau kan. Rasanya beban reruntuhan yang kemarin sempat menimpanya itu serasa sudah bersihkan oleh dinas kebersihan.
"Kenapa abi jodohin Oca saat Oca masih sekolah?" Oca merasa seperti mendapat telaga di hamparan gurun pasir. Tapi dia juga ingin tahu, alasan abi kenapa menjodohkannya dengan kawanan eyang Subur.
Abi hanya menghela nafas dengan mata yang menerawang ke depan.
"Abi takut nak, abi takut gak bisa jaga kamu sampai nanti.. kamu tau kan penyakit abi, umur tidak ada yang tahu kan." Abi menjeda sesaat kalimatnya, matanya mengerling menatap Oca "Dan abi hanya ingin anak abi yang manja ini mendapat pendamping yang bisa menyayangi nya sama seperti abi"
Oca mendengar itu berkaca-kaca. Tenggorokannya seakan tercekat. "Kenapa abi ngomong gitu? Abi pasti sembuh lagi kan ?" Hatinya selalu sesak kalau memgingat penyakit yang di derita abi. Dan hal itu yang selalu membuat Oca tidak bisa menolak apapun perintah abi.
Oca hanya ingin membahagiakan abi dan umi di sisa hidup mereka.
Dia merengkuh tubuh mungil anaknya. Menyandarkan dagunya dikepala Oca.
"Abi hanya ingin yang terbaik untuk Oca. Atau mungkin ini bisa menjadi permintaan terakhir abi- Oca mungkin berpikir abi egois, abi hanya ingin ingin menyaksikan putri bungsu abi menikah- abi takut umur abi tidak sampai-
Oca mengeleng dengan dada yang terasa sesak, "Nggak abi gak boleh ngomong gitu, abi pasti liat Oca nikah"
Abi menghela nafas panjang "Semoga ya, maaf abi sudah egois, nggak mikirin perasaan Oca.- abi sudah kenal dengan gus Fahri, tadinya abi yakin, beliau adalah laki-laki yang tepat buat kamu"
KAMU SEDANG MEMBACA
With You GUS
Spiritual"Kenapa harus Ocha abi? Kenapa tidak kak Raisa aja?" Marissya Arlista "Saya jatuh cinta saat pertama bertemu denganmu dek" Fahri Alfreza