Cubes + TIPS NULIS ALA IGGA

43 8 4
                                    

Hai. Terima kasih yang mau menyempatkan diri baca curhat besar-besaranku, wkwk.

Mau tips nulis?

Eits :p baca dulu sampe abis doong :p

Jadi di sini aku mau berbagi cerita tentang Robot Sang Peri Cinta. Awalnya ini adalah remake dari cerita lamaku waktu duduk di bangku SD. Ya, aku memang udah dari SD suka banget berkhayal dan menulis cerita, bahkan dulu jadi admin FP Yamada Miiko dan menulis fanfic Miiko. Banyak yang suka (duluuuuu). Namun itu udah lama banget (ah, kalo lagi curhat gini aku susah pake bahasa baku, maafin ya).

Sayangnya, aku nggak pernah fokus hahaha. Lagi nulis satu chapter dua chapter nulis lagi cerita yang lain, gitu aja siklus. Maklum lha ya namanya anak Esdeh, ngga tahu apa itu komitmen wkwk.

Nah, Robot Sang Peri Cinta ini termasuk salah satu ceritaku waktu SD. Waktu aku ngubek-ngubek laptop nemu ini dan baca ulang, karena dibanding cerita lain, khusus cerita ini udah agak jauh dan panjang (tapi gak sampai end) Cuma pas baca aku sakit mata dan nepok-nepok jidat. Jijik banget sama gaya tulisanku yang alay bin lebay dulu.🤣🙏 Dulu nih RSPC latarnya Jepang, nama karakternya pun beda sama sekarang.

Youka, masih sama.

Arul dulunya Hideogama Haruki.

Anna dulunya Matsuyama Hanako.

HAHAHAHA. SEWIBU ITU AKU.

Akhirnya aku memutuskan menulis ulang cerita ini pas Januari 2020 dengan latar Indonesia aja karena males riset yang ribet. Jangan ditiru-_-

Apalagi ... aku dulu nulis selalu ngikutin mood. Nggak pernah tekun. Jadi nggak berani yang berat dulu, nanti makin males nyelesaiinnya.

Jujur, aku malu + insecure. Udah kuliah, nggak punya skill, nggak terjun organisasi alias nolep, temen-temen sekeliling udah hebat. Ada yang punya bisnis sendiri, ada yang ikut organisasi dan aktivitasnya banyak, ada yang jadi artis bahkam (ini beneran! Di kampus aku banyak artis woee😭)

Hobi rebahan, ngekhayal a.k.a halu, mageran pula. Yaa Allah, gak ada yang bisa dibanggain sekali dariku. Ya kalo kata orang mah, beban keluarga. 🤣🙏 Yup, it's me!

Stop judge! Aku udah beberapa kali juga kok coba lamar kerja tapi ditolak sana sini:"

Aku bertekad memanfaatkan kemampuan menghaluku. Dengan semangat empat lima dan kerasukan Souma, aku memutuskan menulis ulang Robot Sang Peri Cinta dengan gaya bahasa yang sekarang.

Aku sama sekali nggak nyangka tahun 2020 ini bakal ada musibah Covid-19 yang dibilang membuatku semakin punya banyak waktu di rumah. Sehingga hasilnya kegabutanku tersalurkan dengan baik. Aku jadi nggak tahu harus bersyukur atau sedih.

Banyak orang yang kesusahan karena pandemi, tetapi bagiku malah jadi ladang ide ngalir sebebas-bebasnya karena banyak waktu nonton anime dan nulis. Minusnya, tugas kuliah parah banyaknya. 😭

Sayangnya demi Allah, aku capek. Banget. Nulis setiap hari itu nggak semudah bayanganku. Ada masa aku lagi sedih, kesel, marah tapi dipaksain buat ngetik depan laptop. Aku heran sama temen-temen yang bisa sehari nembus 1000 - 2000 kata, aku nggak bisa. 😭

Mau nyerah tapi mikir lagi, kalo nggak membuat perubahan selamanya aku cuma jadi beban. Meski umurku udah nggak muda lagi, 19 tahun:" banyak lho yang udah jadi penulis hebat dari SMP/SMA. Insecure aku:")

Sampai akhirnya aku berpikir, mending nulis dikit tetapi tiap hari daripada banyak tetapi ga rutin? Ya, kaya peribahasa. 'Dikit-dikit jadi bukit.' Itulah mengapa, mohon maaf setiap 1 chapter Robot Sang Peri Cinta tidak ada yang menembus 1000 kata. Karena aku mentok dulu cuma 500 kata sehari. Maafin aku:") aku cuma pemula yang sedang membiasakan diri konsisten dan komitmen.

Sampai nggak terasa, aku yang menulis hanya biar konsisten walau ngerasa gak nge-feel, bosen, dsb lama-kelamaan jadi jatuh cinta sama alurnya. Jatuh cinta sama Anna, sama Arul, sama Youka. Sama semua karakter di sana. Sehari nggak nulis RSPC hatiku resah sendiri, berasa dihantuin sama mereka. Lambat laun kemampuan mengetik bertambah. Dari 500 kata sehari naik jadi 600 lalu naik jadi 1000, bahkan bisa 2000 kata 😭 tetapi karena chapter awal-awal RSPC sudah 500 kata, mau nggak mau keseluruhannya jadi sama. Cuma sekarang di setiap chapter ada yang 600 ada yang 700.

Aku terharu sendiri, ngerasain capek-capeknya nulis nahan ngantuk, begadang tiap hari karena malem itu ide bertebaran lho :"

Mengejutkannya lagi, aku tidak percaya RSPC bisa selesai sampai dengan 110.000 kata :" semua ini dari 0! Bener-bener dari 0! Seorang aku yang nggak punya skill sama sekali berhasil melakukannya 😭

So di sini selain curhat, aku juga mau berbagi tips buat kalian yang mencoba jadi penulis :
1. Latihlah nulis setiap hari meski cuma 200 kata, karena nantinya bakal terbiasa.
2. Lakukan hal di atas rutin karena ya jadi penulis itu gampang banget bosen dan mager.
3. Kalo awal-awal nulis, sebaiknya jangan pake konflik yang susah. Coba aja yang gampang-gampang dulu biar kepalamu ga mumet. Kecuali kamu emang suka tantangan, kalo aku ya karena kepribadianku plegmatis malah menghindari yang ribet wkwk.

Pertama, aku remake latar RSPC dari Jepang ke Indonesia untuk menghindari riset sulit. Kedua, karakterisasi Anna itu adalah aku yang introvert dan Arul itu juga aku yang wibu dan pernah jadi cosplayer hahahaha. Jadi, buatlah yang mirip kalian biar tokohnya lebih jujur. Kalo beda gapapa, tapi aku ga menyarankan buat pemula yang lagi belajar. Karena mempelajari karakter orang lain itu ribet.🤣

Itu aja tips dari aku😗 oh ya, sering-sering baca novel orang biar banyak referensi diksi. Kalo bisa yang udah bagus secara alur dan PUEBI, jadi sekalian baca sekalian nambah ilmu.

Tbh, aku milih genre fiksi remaja karena aku suka. Dulu zaman aku sekolah super duper bosen, disuruh ambis sama ortu dan emang nolep karena nonton anime mulu haha. Jadi nggak ngerasain momen seru sama temen semasa SMA. Nah, buat nebus itu, aku nulis.😗 Jadi tambahan lagi, tulis yang kamu suka. Kalo kamu nggak suka, nggak bakal enjoy sepanjang perjalanannya. 🤣

Terakhir, aku mau ngasi tahu kalo mulai besok aku akan ngepost cerita baru berjudul Langit Gulita Bulan Temaram. Aku bakal ngepost ini setiap tanggal genap. Namun ini beda jauh sama RSPC karena kalo RSPC cenderung romantis, kalo LGBT (jangan judge, hanya judul kok) cenderung ke dark.

Bagi yang mau baca silahkan, tapi beda jauh. Kalo RSPC kan vibesnya happy, kalo di LGBT lebih sad gitu :v

Nanti aku juga mulai Januari coba nulis Novelme. Di sana 'katanya' dibayar. Nah aku mau coba hehe, biar nggak jadi beban keluarga terus.

Tapi tenang aja, aku nggak bakal ninggalin WP. Cuma mungkin bakal up agak lama aja. Masih inget, kan, kalo Youka dapet tugas baru? Nah itu nanti aku lanjutin ya! ^^ InsyaAllah seri keduanya bakal lebih seru^^ so tungguin ya!

Mungkin kalian bertanya-tanya, sebenernya nulis di WP menghasilkan gak sih? Mmm ... kalo dari WP-nya sendiri, enggak ya, kecuali paid stories. Jadi paid stories pun ya ampun harus berjuta-juta dulu viewersnya. Aku yang remahan kacang ini mah apa. *hiks

Paling menghasilkan mungkin kalo dipinang penerbit mayor. Aku? Ya mau bangetlah! Sayangnya, seperti yang tadi aku bilang, viewers jadi patokan. Pernah baca, kan, novel yang udah berjuta-juta kali dibaca di WP?

Punyaku? Nggak ada badboy-nya, nggak ada tawurannya, nggak ada geng motornya, nggak ada bobroknya, nggak ada bengeknya, malahan bahas yang nggak begitu terlalu dikenal masyarakat kayak cosplayer. Jadi mau berharap terbit pun ya ... semoga dikehendaki Allah SWT.

Aku menulis apa yang aku suka, so ... ini risiko yang diterima kalo menulis nggak ikutin selera pasar. Tapi kalo temen-temen mau bantu agar RSPC bisa naik cetak dan disukai banyak orang, apalagi nanti bisa dibuatin filmnya, aku dengan senang hati berterima kasih banget! :")

Yuk bantu promosiin Robot Sang Peri Cinta ke temen-temen, pacar, gebetan, mantan, selingkuhan, ortu, om, tante, kakek, nenek, semua deh. Satu bantuan dan promosian kalian itu sama dengan ngebantuin si beban keluarga yang mau berubah menjadi seseorang yang lebih baik dan berguna :')

Oh ya, aku meminta maaf kalo selama kalian membaca RSPC ada banyak kekurangan kayak plothole, typo bertebaran, alur aneh, dsb selama membaca RSPC karena aku tidak akan merevisi cerita ini versi WP. Beda lagi kalo nanti misalnya terbit *hey!

Terima kasih udah nemenin dari 20 April - 1 Desember 2020! Kalian semua terbaik! ❤

With love,
Iggacumi 🥰❤

Robot Sang Peri Cinta✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang