Pilihan dan fokus. Itu adalah frasa terpenting bagi sebuah tim yang mengincar tiga gelar. Seberapapun tebalnya skuad, tidaklah mudah untuk menjalankan beberapa kompetisi di waktu yang bersamaan. Sekalipun lawannya adalah tim yang lemah, bola tetaplah bulat. Transformasi terjadi kapan saja.
Tidak mungkin memainkan pertandingan dengan membagi tim 1 dan 2 secara menyeluruh seperti dalam game sepak bola. Lalu, di Piala FA, di mana hanya ada satu atau dua tim bergengsi terpuruk di divisi 4 atau 5? Pasti ada permainan di mana kita terkadang harus menyerah.
Sekaranglah saatnya. Inilah saatnya seleksi dan konsentrasi jelas dibutuhkan.
『Chelsea dipastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Dua pertandingan tersisa kemungkinan akan dirotasi.』
Wajar saja jika artikel seperti ini keluar. Pelatih juga meminta dilakukannya rotasi. Namun, selama prosesnya, aku diberitahu secara langsung.
“Pada dua pertandingan tersisa di babak penyisihan grup, aku berencana untuk mengirim Uth, Tammy, atau Giroud sebagai starter.”
Alasan pelatih berbicara kepadaku tentang pemilihan itu jelas.
“Kupikir aku harus meminta pengertianmu terlebih dahulu.”
“Tidak apa-apa. Tidak masalah.”
“Benarkah? Karena kau berjanji akan mencetak 20 gol. Dua pertandingan grup akan menjadi pertandingan penting.” Manajer pun melihatku dengan berhati-hati.
Sasaranku adalah mencetak 20 gol segera. Bukankah aku membanggakannya dalam wawancara itu? Kalau gol itu tidak tercapai, maka orang-orang di luar sana yang membenciku akan mengejek dan menggigitku di sana sini.
Apapun itu tidak masalah.
“Tidak masalah. Kami akan melaju hingga final. Masih ada banyak pertandingan, kan?”
Mendengar kata-kataku, sang manajer tertawa terbahak-bahak.
“Terima kasih. Karena sudah mengatakannya.”
Faktanya, jika aku tidak mencetak banyak gol di babak penyisihan grup, wajar saja jika akan semakin sulit untuk mencetak gol. Dari babak 16 besar, lawan kami adalah tim-tim bergengsi di setiap liga dan lawan terberat.
Karena sifat turnamennya, penilaian mungkin sulit dilakukan karena taktik yang tidak teratur. Bukankah warna dan watak tim tersebut akan berbeda dari tim Liga Premier yang selama ini kulawan?
Akan tetapi, jika aku memberontak terhadap pendapat manajer di sini, itu juga konyol.
'Seharusnya tidak ada pemain yang berdiri di atas tim.'
Pemilihan pemain merupakan tanggung jawab pelatih sepenuhnya. Meski begitu, manajer memanggilku secara terpisah dan meminta pengertianku. Itu artinya posisiku saat ini di tim sudah di level itu. Meski aku tidak mau, bahkan manajer pun memperhatikanku.
'Agak merepotkan.'
Lee Hak-hyun bermain lama di Korea dan Jepang. Karena sifat budayanya, wewenang manajer bersifat mutlak dalam tim, dan sulit membayangkan bagaimana para pemain akan bereaksi. Aku sudah lama bermain di sana, jadi aku tidak terbiasa dengan suasana ini.
Eropa berbeda. Bukankah banyak pemain terkenal yang diputus hubungan karena berselisih dengan pemain lain? Ada cerita terkenal bahwa Zlatan pernah melempar benda ke Guardiola di ruang ganti dan memakinya.
Di Eropa, superstar sering kali berdiri di atas tim. Maka tak pelak lagi, tim tersebut mungkin bersinar tetapi itu tidak akan bertahan lama.
Chelsea sudah seperti itu berkali-kali. Aku tidak tahu apakah karena manajernya yang buruk. Bagiku, Philmarck adalah manajer yang hebat. Aku tidak pernah berniat menjadi pemain yang lebih unggul dari tim.
KAMU SEDANG MEMBACA
Monster Running Back On The Field
FantasyDia memiliki fisik dan tubuh kaca yang sangat lemah. Namun, dia adalah seorang jenius sepak bola malang yang naik ke puncak hanya dengan akal sehat dan kecerdasan sepak bola. Bagaimana jika dia diberi keterampilan fisik dan motorik sebagai running b...