Pelatih mengungkapkan tekadnya kepada kami sebelum pertandingan.
"Aku sudah mengatakan kepada reporter bahwa kita akan memenangkan tiga trofi. Jika kita melewatkan satu trofi di sini hari ini, mereka akan menggigitku."
Benar. Sang manajer pernah mengangkat tiga jari dan mengatakan tiga trofi merupakan tujuan kami di awal musim. Itu pemandangan yang cukup mengejutkan.
"Saat itu, kupikir manajernya gila. Dia tiba-tiba mengacungkan jari tengahnya."
Aku juga setuju.
Dalam jumpa pers itu, ia tiba-tiba mengacungkan jari tengahnya kepada reporter. Ia tersenyum sinis kepada wartawan yang sempat tercengang, lalu mengangkat dua jari lagi di kedua sisinya.
Awalnya orang-orang pasti berpikir dia mengumpat. Ternyata dia mengatakan treble adalah tujuannya sambil merenggangkan tiga jari seperti itu.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa manajer dan reporter tidak akur. Reporter adalah sumber yang baik untuk mengolok-olok. Beberapa pemain ingin tahu alasannya, tapi beberapa orang memiliki firasat. Fakta bahwa manajer melakukannya dengan sengaja untuk menjadi sebuah 'aib'.
"Aku tidak ingin dikritik! Itulah sebabnya aku berharap kalian menang hari ini! Teman-teman!"
Ketika suatu pertandingan kalah atau trofi hilang, kesalahan dibebankan kepada pemain yang tampil paling buruk pada hari itu.
Akan tetapi, sang manajer sengaja melancarkan perang saraf dengan para reporter sejak awal, dan itu merupakan taktik yang dipersiapkan secara matang agar para reporter mengejeknya saat ia kalah.
Misalnya, ketika kami kalah dalam beberapa pertandingan musim ini dan tersingkir dari Piala Liga, tidak banyak kritikan terhadap pemain tersebut.
Seolah sudah menunggu, para wartawan sibuk mengejek dan mengkritik pelatih kami berulang kali dengan wajah penuh kegembiraan. Berkat ini, para pemain terbebas dari kritik dan ejekan.
Itulah yang menjadi pendorong utama bagi para pemain untuk bisa memainkan game ini tanpa beban apapun.
'Dia seorang manajer yang baik.'
Manajer ini tidak dapat dikatakan sebagai seorang jenius taktis. Tentu saja, ada saatnya dia kadang menjadi jenius dalam cara menggunakan striker yang melampaui level geek.
Namun yang jelas, gaya Philmarck berbudi luhur. Daripada terasa seperti seorang ayah, dia lebih seperti seorang kakak laki-laki yang peduli dan melindungi adik-adiknya.
Sekarang semua pemain tahu, fakta bahwa Philmarck berkelahi dengan wartawan dengan sengaja. Sejak saat itu, dukungan untuk sang pelatih meningkat. Pertama-tama, fakta bahwa aku, sebagai inti tim, selalu mengikuti kata-kata pelatih dengan saksama adalah hal yang efektif, dan para pemain juga memercayai sang pelatih.
Inilah salah satu alasan mengapa tim kami bekerja dengan baik.
"Aku tidak bisa melihat manajer diolok-olok oleh wartawan."
"Sekelompok orang yang bahkan tidak mengerti sepak bola menulis artikel sembarangan."
"Dia bukan manajer yang bisa dimarahi oleh orang-orang itu."
"Kita harus menang dengan sempurna."
"Kita harus memenangkan semua treble. Dan kita harus memenangkan semua pertandingan yang tersisa!"
Pendek kata, pendapat tim adalah kita tidak tega melihat manajer kita diolok-olok wartawan. Namun paradoksnya, semakin keras kita berupaya melindungi manajer, semakin besar pula risiko tim lawan kalah.
KAMU SEDANG MEMBACA
Monster Running Back On The Field
FantasyDia memiliki fisik dan tubuh kaca yang sangat lemah. Namun, dia adalah seorang jenius sepak bola malang yang naik ke puncak hanya dengan akal sehat dan kecerdasan sepak bola. Bagaimana jika dia diberi keterampilan fisik dan motorik sebagai running b...