Suara monitor pendeteksi detak jantung bersuara tak beraturan, menandakan pasien itu tidak dalam keadaan baik-baik saja. Dia azzam yang beberapa menit lalu mengalami kejang bahkan detak jantungnya pun sempat terhenti dan itu sukses membuat para tim medis panik, namun syukurlah detak jantung azzam kembali berdetak dengan normal.
"Bang, gimana keadaan azzam ?" Ujar aisyah yang tiba-tiba sudah berada di hadapan fikri dengan yang lainnya.
Setelah pintu ruangan itu tertutup fikri langsung menghubungi aisyah dan mengabarkan keadaan azzam sekarang. Mendengar hal itu aisyah dan yang lainnya langsung melesat pergi menghampiri fikri terkecuali ardila yang menemani arman di ruangan nya.
"Bang jawab." Sentak aisyah menggoyangkan bahu fikri, kesal karna fikri sedari tadi hanya diam saja.
"Fikri gimana keadaan azzam nak, dia tida apa-apa kan ?" Kini giliran umi nurul yang bertanya pada fikri
"Bang fikri, bang azzam gapapa kan bang" ujar nayla yang tak kalah paniknya.
Namun fikri yang di tanya bertubi-tubi itu hanya diam tanpa mau memberikan jawabannya.
"Abang jawab, kenapa diem aja. Azzam gak papa kan bang ??" Ujar aisyah
Namun sebelum fikri bisa menjawabnya, pintu ruangan itupun terbuka dan keluarlah seorang dokter dengan memakai jubah berwarna hijab juga tertutup masker di wajahnya.
Aisyah yang melihat itu langsung menghampiri sang dokter dan menanyakan keadaan azzam.
"Dok, gimana keadaan azzam ?". Ujar aisyah"Anak saya baik-baik saja kan dok?" Ujar umi nurul
"Tenang, kalian semua tenang dulu, saya akan jelaskan.
Koma adalah kondisi ketidaksadaran jangka panjang yang penderitanya tidak dapat terangsang, bahkan dengan stimulus yang paling menyakitkan sekalipun.
Namun, koma bukanlah suatu penyakit. Karena merupakan gejala atau respons dari suatu penyakit seperti cedera kepala berat atau adanya serangan masalah metabolisme. Koma bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun penyebab paling seringnya adalah cedera kepala berat. Penyebab lainnya adalah konsumsi alkohol dalam jumlah yang sangat besar, diabetes, konsumsi morfin, terjadi shock atau perdarahan, infeksi di otak atau mengalami stroke parah.
Orang yang dalam kondisi koma juga bisa membuat gerakan, mengeluarkan suara dan punya pengalaman spiritual. Pasien koma juga terkadang memiliki gerakan refleks yang meniru kegiatan orang sadar.Pasien mengalami pendarahan juga shock yang cukup hebat saat itu hingga membuatnya mengalami koma, dan tadi adalah geraka refleks dari alam bawah sadarnya mengenai kejadian yang baru saja dialaminya. Dan itu hal yang wajar terjadi oleh pasien yang mengalami koma.
Jadi kalian semua tidak usah terlalu cemas, cukup doakan saja agar pasien bisa cepat sadar." Jelas dokter itu
"Tapi dok, kira-kira kapan anak saya akan sadar ?" Tanya umi nurul
"Umumnya koma tidak berlangsung lebih dari empat minggu, tapi beberapa orang yang koma bisa bergeser ke keadaan persistent vegetative. Kondisi persistent vegetative ini adalah pasien tidak sadar tapi napas dan tekanan darah normal, dapat mencerna dan mengeluarkan makanan. Keadaan vegetatif bisa bertahan selama bertahun-tahun atau dekade." Ujar dokter itu
"Ya allah, apa selama itu dok?" Tanya aisyah
"Namun kalian tenang saja, kondisi pasien sudah berangsur membaik hanya tinggal tunggu waktunya saja untuk dia bisa sadar" jelas dokter itu dan di angguki yang lainnya.
"Apa kita sudah boleh bertemu azzam dok ?" Tanya fikri
"Tentu saja, tapi nanti setelah di pindahkan ke ruang perawatan. Dan saya harap jangan membuat keributan karna kondisi pasien yang belum benar-benar pulih" ingat dokter itu
KAMU SEDANG MEMBACA
Dendam Dan Cinta
Документальная проза"Masa lalu. Rasa sakit. Masa depan. Mimpi-mimpi. Semua akan berlalu, seperti sungai yang mengalir. Maka biarlah hidupku mengalir seperti sungai kehidupan, selalu percaya dan yakinlah kepada Allah." ~Aisyah putri salsabila. "Terima kasih untuk kesemp...