"Mati kenapa ini, Pa? Turun apa mati listrik?" tanya Mike yang keluar dari kamarnya dan langsung bertanya pada ayahnya yang sebelumnya tengah menonton tayangan Premier League.
"Coba kamu cek keluar," kata Sang Ayah dan diangguki oleh Mike.
Mike Chinnarat Siriphongchawalit , atau yang akrab disapa Mike, awalnya tengah mengerjakan sebuah makalah untuk dikumpulkan esok ke kampusnya dan di tengah-tengah ia mengerjakan tugas tersebut secara mendadak penerangan di sekitarnya padam. Beruntung Mike menggunakan laptop, hanya itu satu-satunya benda yang menyala ketika semuanya padam.
"Turun ternyata!" ucap Mike dan langsung menyalakan kembali sambungan listrik di rumahnya. Ia masuk ke dalam, ayahnya masih berada di tempat sebelumnya.
"Turun, Pa, ternyata," kata Mike yang kemudian kembali ke kamarnya.
Selang beberapa menit kemudian listrik kembali padam, Mike keluar rumah, mendapati listriknya turun, menyalakan kembali, lalu masuk ke dalam ke kamarnya lagi. Kejadian tersebut berulang sampai ke ketigabelas kalinya.
Mike dan Sang Ayah yang bingung mencoba memeriksa kakek Mike yang ternyata sudah terlelap dan tak menggunakan alat elektronik yang bisa memicu listrik untuk turun. Pun dengan Mike, Ayah dan ibunya.
"Udah, udah kalau turun lagi, dibiarin aja, kita pake genset," ucap Sang Ayah yang diangguki oleh Mike.
Beruntung kejadian tersebut berhenti sampai di situ. Listrik tak lagi turun, dan Mike bisa mengerjakan tugasnya sampai selesai. Hingga keesokan harinya sebelum berangkat kuliah, Mike berkata pada ibunya,
"Tahu nggak sih, Ma, Mike sempet ngira itu perbuatan orang jahat yang mau maling rumah kita."
"Mama juga sempet ngira begitu, tapi kayaknya nggak mungkin. Biasanya para penjahat itu cuma ngelakuin sekali aja, buat ngetes ada orang di rumah atau nggak. Dan ketika laki-laki yang keluar, mereka bakal takut dan nggak jadi ngerampok rumah yang mereka isengin itu. Sedangkan semalem? Sampe 13 kali. Jangan-jangan..."
"Jangan-jangan apa, Mah?" tanya Mike yang penasaran.
"Jangan-jangan itu penunggu yang nunggu perempuan keluar."
"Maksudnya?"
"Sebelum kamu keluar buat meriksa, sebenarnya mama udah mau keluar duluan, tapi dilarang sama papa kamu. Terus minggu malam kemarin, kejadian ini juga sempet nimpa keluarga Metawin, cuma yang keluar itu salah satu ART mereka yang perempuan. Nah besok paginya itu nggak ada apa-apa eh tiba-tiba mbaknya sakit, nggak bisa bangun dari tempat tidur, mukanya pucet luar biasa. Sampe dipanggilin dokter ke rumah. Pas ditanya apa yang dirasa, dia bilang kayak ada yang nahan badannya dan bikin dia nggak bisa bangun dari tempat tidur. Terus Mick bilang kalau semalem dia sempet lihat ada bayangan hitam gede yang ikutin si mbak masuk ke dalem rumah setelah nyalain listrik yang turun itu. Tapi dia nggak bilang apa-apa karena takutnya cuma halusinasi dia aja. Sampe paginya si mbak ternyata kenapa-napa."
KAMU SEDANG MEMBACA
bed time stories; thai idols ✅
Fanfic[BOOK FIVE] "be careful, you may not be alone!" started: October, 25th 2018 end: March, 14th 2021