afterwords

1.1K 57 42
                                    

Halo, gays.

Tertanggal 16 Oktober 2019, Cemilan pertama kali debut di Stupid F. Karena banyak yang bingung sama kehadiran Cemilan di sana sebagai update selingan selagi menunggu Stupid F, maka 23  Oktober 2019 aku membuat book Cemilan sendiri (Iya, yang kalian baca ini loh).

Tujuh bulan Cemilan mengudara tanpa jadwal update yang tetap tapi malah nembus 200 part (1 desclimer, 198 isi, 1 afterwords). Ini jadi catatan menulis terpanjang buatku. Ga nyangka bakal sampai limit chapter dari wattpad.

Selama menulis Cemilan ini, aku sadar kalau tulisanku jauh dari kata baik dan benar. Banyak typo, PUEBI, kosakata rancu, dan lain sebagainya yang membuat kalian ga nyaman. Untuk itu, aku minta maaf atas kekurangan ini. Aku sampai detik ini masih belajar buat ngolah diksi, teliti biar ga typo, tata letak bahasa yang benar supaya enak dibaca.

Maaf buat yang tersinggung kalau aku bales komennya panjang-panjang. Aku bukan marah kok. Aku justru seneng diskusi sama kalian. Kalian ga perlu minta maaf kalau aku bales begitu. Justru dengan sharing ini, pembaca lain bisa liat dan jadi pembelajaran juga buat mereka. Lain kali, komen aja.

Maaf buat komen yang ga aku bales. Bukannya sombong, tapi kadang abis aku update, aku suka ketiduran atau pergi. Terus pas inget mau balesnya eh udah beberapa hari kemudian, atau kerjaan lagi numpuk jadi susah ngecek komen yang masuk. Lain kali, aku usahain buat bales komen yang ada.

Terima kasih kepada kalian semua yang sudah menemukan Kejukopi dan berteman sama aku. Terima kasih atas haluhalubandung di dm dan kolom komentar. Terima kasih buat luangin waktu untuk baca, komen, share, kasih bintang, bahkan follow aku.

Terima kasih kepada Editor-Nim dadakan yang selalu ingetin aku soal kesalahan yang aku buat. Maaf ga bisa tag satu-satu.

Terima kasih, terima kasih, dan terima kasih buat kalian semua.

Cemilan sebenernya lahir karena gabut, terbukti banyak chapter yang ga sampe 500 words. Kebodohanku di awal adalah ga riset kalau Cemilan itu sebenernya bukan bahasa baku, bahasa bakunya Camilan. Aduh, aku emang lalai.

Tujuh bulan bukan waktu yang sedikit. Sampai detik ini, Kejukopi di wattpad sudah mendapat 200 followers dan itu ga pernah ada di bayanganku.

Seperti yang udah aku tulis di afterwords pada Stupid F, kalau Kejukopi semakin dikenal luas, kemungkinan buat Fano dan Iyok tau keberadaan akun ini semakin besar. Ada Kifme yang ga suka kalau Fano dan Iyok di-pairing dan itu pendapat bebas. Jadi, kalau dikemudian hari Kejukopi hilang, kalian jangan sedih. Tolong terus ingat aku.

Aku senang kenal kalian semua. Banyak hal yang aku dapetin selama tujuh bulan nulis Cemilan ini, banyak orang yang semakin aku kenal, dan banyak cerita yang aku dapetin buat jadi pembelajaran dikemudian hari.

Semoga kita bisa terus interaksi di tulisanku yang lainnya, terutama book yang masih on-going.

Ayo sama-sama bahagia dan sehat sampai akhir nanti.

02 Mei 2020 (23:50 WIB)
Kejukopi

Cemilan | FaYok vers ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang