Appetizer

755 60 67
                                    

*Bosan ah sekapur sirih terus*

Haiii....  

TristaNon's coming....

Gimana VladAnna? Endingnya ngeselin nggak? *ketawa kunti*

Sudah baca sekapur sirihnya VladAnna kan? Jadwal publish Sembilan Tahun Lagi maju karena MGPnay mendadak unpub. Kalau VladAnna waktu publish cuma belum sempat baca full, maka TristaNon lebih parah. Belum selesai. Saya sudah ketik sampai 38 bab, tapi feel-nya nyelonong ke scene setelahnya. Daripada saya stuck nunggu feel, mending saya lanjut ngetik sesuai feel yang ada. Alhasil, VladAnna sampai saat ini tetap jadi satu-satunya novel yang saya ketik urut dari prolog sampai epilog. 

VladAnna selesai ketik di dini hari 1 September 2021. Ngejar 31 Agustus nggak keburu euy. Jam 00 lewat dikit saya ketik kata sakti. END. 155k, 122 bab, 86 hari buat VladAnna. Masih kebayang-bayang si Vlad, belum bisa switching ke tokoh lain. Break dulu yang niatnya sebentar aja tetap aja jadinya lama  #plak. Saya ngelonin Aa. 

Yeayyy..... *joget-joget gaje*

Rapi-rapi file dari dua abad lampau, dari zaman HP masih BB. Tambal sana sini, copas sana sini. Plot mulai terbentuk tapi cuma untuk pengantar ke main course aja.  Banyak banget bolongnya. Dan ada bolong yang bagusnya di isi cerita lain karena kalau nyempil di situ kayak sempak nyempil di bokong padahal bukan G string, nggak nyaman, kayak cabe nyempil di gigi, nggak tjantik, bikin alur berantakan dan lumayan lah dapat ide cerita baru. Lalu Aa tersleding [lagi] dengan suksesnya. Huhu... Sabar ya, A.  Orang sabar anunya panjang. Anu apaan? Sabar. Sabarnya panjang. Kalian tuh suudzon aja sih sama saya. Ish. #PadahalEmangOmes

Masih ingat Tristan nggak? Temannya Rey yang jadi mahasiswa bimbingan Ian. Ada alasan kenapa Tristan bisa lebih dekat sama Ian seperti ciwi-ciwi yang saya jodohkan dengan adik dan iparnya Ian. Tristan mau tinggal di rumah yang Ian bikinin untuk adek angkatnya. 

Asal mula konfliknya dari sana. Nah, awalnya saya mau bikin genre slice of life. Nggak bosan kalian baca romance menye-menye ala Sandra? Saya aja nulisnya bosan loh. Tapi eh tapi, feel-nya ngaderegdeg, Sodara-sodara.  Sampai teriak-teriak saya di WAG rumpies yang isinya Mak KY, ZIa, Nui, Dara. WAG tempat sampah saya. Woyyy.... minta ide. Dikasih ide, tapi saya nggak tega matiin salah satu tokoh. Haduhhh.. Gimana dong? 

Akhirnya pasrah, saya ngetik aja deh. Terserah jadinya apa. Ujung-ujungnya muter balik ke romance. *ketawa buto ijo* Rasakno. Belagu sih gegayaan mau ganti genre. 

Tapi ye, kata saya sih tetap ada bedanya dari novel saya yang lain. Saya belagu lagi nih pengen nyoba yang ada rahasya-rahasyanya gitu, Meski kayaknya garing beud, tapi tetap aja sombong mau begitu. Mau macam Harry Potter yang pas ending buku nyisain rahasya.  Pret lah. So, berhubung saya gaya doang hasilnya apalah atuh, jadi sabar aja ya kalau jadinya ya begitulah. Mending tetap nikmati romancenya aja deh. Rahasyanya nanti aja nyundul di Aa. 

File TristaNon masih berantakan. Layout apalagi. Scenenya juga belum halus, belum diamplas pakai tag narasi dan deskripsi yang menghidupkan cerita.  Saya akan usahakan perhalus lagi amplasnya sambil kejar bab baru. 

Jadi gimana nih? TristaNon belum selesai, nunggu selesai bakal kelamaan jedanya sama VladAnna. Kita publish aja ya. Siapa tau dikejar emak-emak di sini saya jadi semangat larinya, eh, nulisnya.  Sampai bab 38 insyaAllah masih aman. Saya irit bab nih. Jadi TrsitaNon publish selang seling ye. Semoga kekejar selesai ngetik [pseudo]END lalu bisa nambel yang bolong itu lalu lanjut ngelonin Aa. Kan masih satu jalur nih, semoga nggak butuh break lama untuk swithing feel.  Masukin scene-scene Ian biar cepet nyatu sama cerita. Secara karakter Ian sudah kuat banget jadi enak ditempelin scene apa pun. Dari scene lempeng sampai bengkok-bengkok. Apalagi scene anuan, Ian lovers tunggu-tunggu ini mah. Ah, dasar omes kalian. Yang omes ngacunggg..... *sayaaaaa*

Demikian alkisah perjalanan TristaNon. Belum selesai, makanya keep bawel ya, Mak. Titip belek yo. Kalau ada typo-typo mbok yo jangan meneng ae. Kasih tau gitu biar Tristan makin ganteng Non makin cantik. Termasuk kalau nemu yang ngeganjel-ganjel gitu.  Contoh gini, di bab 3 katanya Tristan kuliah, tapi kok di bab 7 Tristan masih umur 16. Muda amat. Padhaal di Ian sudah diinfo Tristan sempat nggak kuliah karena rehab. Nah, kasih tau deh. Bisa aja saya salah hitung umur kan? Valya itu salah hitung umur pas Vlad patah hati.  Penulis juga manusia, meski sudah hati-hati, sangat mungkin bikin salah. Jadi, kasih tau aja ya. Mending kalian yang kasih tau saya daripada orang lain kan tuh. 

Atau bisa juga gini. Nih kayaknya ada scene yang harusnya ada deh biar penghubung dua scene smooth. Scenenya begini nih. Blablabla. Macam kemarin VladAnna kalian bilang soal POV Bhaga, saya pikir, iya juga sih. Lalu saya bikin deh.

Pokoknya gitu deh. Di sini bebas mau ngoceh apa. Kalian misuh-misuh aja saya ngakak kok.

😀😀😀

Ian lovers, masih simpan bukunya? Di sini masih utuh kok Iannya. Masih ingat alurnya? Spin off sih stand alone, bisa berdiri sendiri tanpa di grepe-grepe #eh #plak #KalianMikirApa , tapi enaknya sih baca Ian dulu. Biar segar termasuk kenal sama tokoh-tokoh di TristaNon. Siapa itu Ando. siapa Seto. Kalau scenenya dari BDTH, saya usahakan kasih pejelasan dikit biar nggak ngambang-ngambang amat. Tapi ye, godaan Ian tuh kuat banget. Bawaannya mau ngeghibahin tu orang mulu. Jadi kalau lagi kangen banget ya bisa ndadak nongol jadi scene. Nggak apa-apa ya. #MaluMaluMeong

So, here you are. Bab 1 lusa saya publish ya. 

Happy reading, semoga suka.  Love you all, My Lovely readers. 

-Sandra Setiawan-

Jendela Hari [End, Full]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang