Bulan Juni cuacanya sangat panas, dan dua belas jam sehari sepertinya terasa panjang. Parahnya lagi, tidak ada satu pun hujan di musim yang seharusnya turun hujan. Kalau terus seperti ini, Aku khawatir akan terjadi kekeringan.
Untungnya, ada sebuah sumur di halaman, yang nyaman bagi mereka untuk minum air. Namun, cuacanya sangat panas dan tidak nyaman. Xiao Hanjin bahkan tidak mengganggu Jiang Yining untuk mandi air dingin, yang menunjukkan betapa panasnya cuaca saat itu.
Kehidupan Tiansheng sangat buruk selama dua tahun terakhir.
Tidak hanya di Kabupaten Lingyang, tapi juga di tempat lain. Zhao Yanzhen sangat cemas sehingga dia tidak bisa berbuat apa-apa. Dalam keputusasaan, dia harus mengumpulkan sekelompok cendekiawan, termasuk Xiao Hanjin, untuk mencoba bertukar pikiran dan menghasilkan sesuatu. jalan.
Hanya saja sebagian besar ulama di kabupaten tersebut adalah tuan muda dari keluarga kaya. Mereka bahkan belum pernah melihat ladang, apalagi menggunakan otaknya untuk memikirkan cara mengairi lahan pertanian.
Tidak apa-apa meminta mereka makan, tetapi jika Kamu meminta mereka bertani, Biksu Erzhang akan sangat bingung.
Zhao Yanzhen juga memahami hal ini. Setelah hening beberapa saat, dia memandang Xiao Hanjin: "Apa yang bisa dilakukan Han Jin?" Ke
Sejujurnya, Xiao Hanjin adalah yang terbaik dalam segala aspek di antara para sarjana malang ini. Hakim daerah mempercayainya, dan cendekiawan lain juga mendengarkan kata-katanya. .
Bagaimanapun, ini adalah pemilik Qi Baozhai. Dia tidak hanya berasal dari pedesaan, tetapi dia juga memiliki kecerdasan bisnis. Terlebih lagi, meskipun mereka tidak percaya bahwa dia bisa memberikan ide bagus, mereka tidak akan menyinggung perasaannya secara terbuka.
Untuk sementara, semua orang menatapnya, ingin melihat ide bagus apa yang bisa dia berikan.
Xiao Hanjin bertanya, "Bolehkah Aku bertanya, Tuan, apakah setiap desa memiliki sungai? Jika tidak ada sungai, apakah dekat dengan desa yang memiliki sungai?"
"Masyarakat bergantung pada gunung dan sungai untuk mendapatkan makanan, dan sebagian besar desa dibangun dekat dengan sumber air." Zhao Yanzhen menjawab, dia mengenal Kota Baishi dengan baik, bahkan populasinya pun jelas, apalagi ini.
"Karena kami mengandalkan gunung untuk makan dan air untuk makan, jika sungai tidak kering, kami bisa menggunakannya untuk mengairi lahan." Xiao Hanjin berkata, "Irigasi sungai juga memiliki manfaatnya. Air sungai adalah air mengalir yang terkena sinar matahari dan memiliki suhu yang mirip dengan sistem perakaran tanaman. , airnya tahan lama dan tidak mudah menyebar, yang mana dapat secara efektif memastikan bahwa lahan pertanian menyerap air.
Ada sungai besar, jadi tidak masalah jika kamu meminjam air."
Para ulama yang tidak paham mengerutkan kening, sedangkan yang paham juga terlihat bingung.
Mengairi lahan pertanian dengan air sungai memang merupakan cara yang baik, namun air sungai tidak dapat mengairi seluruh lahan pertanian secara instan, dan sebagian lahan pertanian berada di lereng bukit. Bagaimana cara mengairi?
Zhao Yanzhen juga sedikit mengernyit: "Bagaimana cara mengalihkan air?"
Xiao Hanjin: "Gali kanal untuk mengalihkan air."
Desa Wanyu dibangun di sepanjang sungai, dan dulunya tinggal di kolam ikan. Setiap rumah tangga dekat dengan sumber air, dan banyak terdapat sawah yang terkena sinar matahari, namun hanya membutuhkan sedikit tenaga untuk mengairi seluruh tanaman.
Namun beberapa desa di Kota Baishi tidak. Meski dekat dengan sumber air, namun kurang nyaman jika menggunakan air sungai sehingga hanya bisa menggali parit untuk mengalihkan air. Cara paling bodoh adalah pergi ke sungai untuk mengambil air.
KAMU SEDANG MEMBACA
Seorang pria penjelajah waktu membesarkan seorang suami yang buta
RandomAuthor: Chapter: 220 Chapter (Completed 2019) Genre: Pertanian, BL, Ancient, Transmigrasi, Kehidupan desa, Gong protagonis Update: Saporadis NO VOTE!!!! SInopsis didalam