Jefan
Pak Cipto memaksanya untuk mengantarkan sampai ke terminal.
"Daripada naik ojek, Den. Sama saja," jawab Pak Cipto ketika ia menolak halus tawaran yang diberikan.
"Angkot jam segini juga pasti ngetemnya lama," kilah Pak Cipto lagi. "Mendingan diantar sama saya."
Membuatnya tak memiliki pilihan selain naik ke boncengan motor Pak Cipto. "Makasih banyak, Pak."
"Kenapa nggak bawa mobil aja, Den?" tanya Pak Cipto sebelum motor yang ditumpanginya keluar dari pintu gerbang rumah Karina.
"Enggak, Pak." jawabnya singkat.
Ia sempat meminta Pak Cipto untuk berhenti di sebuah Masjid yang terletak di sekitar daerah Petamburan untuk mengikuti sholat Subuh berjamaah. Sebelum kembali melanjutkan perjalanan menuju terminal.
Dari terminal ia naik Bus Mayasari Bakti AC42A jurusan Kalideres - Cileungsi. Setelah melalui perjalanan sejauh hampir 60 kilometer yang ditempuh dalam waktu sekitar satu setengah jam, ia turun di Ramayana Cileungsi.
Kemudian dilanjutkan dengan naik Bus jurusan Bogor - Jonggol. Dan turun tepat di depan gerbang warna hijau dengan tanda bertuliskan SIAP.
Ia harus mengantre di depan pos sekuriti seperti puluhan orang lain yang datang lebih dulu. Setelah menandatangani presensi, barulah ia bisa memasuki area pelatihan yang lumayan luas itu.
"Langsung masuk ke dalam!" begitu instruksi dari sekuriti yang bertugas.
Ia pun berjalan menuju gedung berdominasi warna putih dengan tulisan berukuran besar warna kuning di bagian depannya yang berbunyi, SIAP TRAINING CENTER.
Dimana puluhan orang terlihat memadati halaman depan gedung, tepat di depan dua buah tenda warna biru bertuliskan SIAP ACADEMY.
"Ini peserta training dari AxHM kan?" tanyanya pada orang yang mengantre di baris paling belakang.
"Ya. Antre buat daftar ulang," jawab orang tersebut.
Membuatnya ikut berdiri mengantre. Sementara matanya mulai berkeliling mengidentifikasi keadaan sekitar. Dan langsung menangkap sebuah spanduk besar yang dipasang di bagian depan gedung utama bertuliskan,
STC - PT SIAP PRIMA SATRIA - CILEUNGSI
UPACARA PEMBUKAAN
PELATIHAN MENTALITAS DASAR
PT AXTRA HOMDA MOTOR
ANGKATAN 25 BATCH 3
Di dalam tenda ia menyerahkan beberapa berkas yang disyaratkan, kembali menandatangani dua lembar presensi, serta mendapatkan sebuah goodie bag berwarna merah dengan logo sayap bertuliskan SATUJIWA.
"Silahkan antre di sana untuk potong rambut," tunjuk petugas ke salah satu sudut tenda dimana lima orang sedang duduk berjajar untuk dipotong rambutnya secara bersamaan. Model potongan rambut cepak hampir botak tentu saja. Seperti penampakan Keanu Reeves dalam film Speed.
Setelah acara botak massal selesai, petugas mengarahkan mereka menuju kamar masing-masing guna mempersiapkan diri mengikuti upacara pembukaan pada pukul 09.00 WIB.
Namun sebelumnya, beberapa orang menyempatkan untuk berfoto bersama atau selfie di depan tenda warna biru sebagai kenang-kenangan. Sebelum ponsel di kumpulkan pada petugas dan baru dikembalikan 5 hari mendatang.
KAMU SEDANG MEMBACA
Senja dan Pagi | Na Jaemin
RomanceSometimes someone comes into your life so unexpectedly, takes your heart by surprise.