Lembar 017

958 119 0
                                    

jungkook berlari menuju pintu gwansanggam dan mendorong pintu dengan tidak sabaran membuat kasim cha yang berjalan di belakangnya sedikit kuwalahan karna jungkook berjalan seperti berlari saja,sejak berada di pavilun tadi kasim cha sudah menggerutu dalam hati,kenapa malam malam begini jungkook ingin pergi ke gwansanggam,jungkook berjalan menyusuri halaman dan menuju ke arah selatan.

"aigoo,pangeran jangan cepat cepat" keluh kasim cha,jungkook berhenti dan membalikkan badannya.

"kenapa pangeran buru buru sekali,sebenarnya untuk apa pangeran datang ke sini"

"jika tidak mau ikut ya sudah,lagi pula kapan aku pernah mengajakmu"

"eh..."

jungkook berbalik dan berjalan kembali dan mau tidak mau kasim cha juga harus mengikutinya,setelah sampai di paviliun selatan jungkook melihat seseorang yang di carinya tengah berjalan menaiki tangga batu menuju paviliun,jungkook segera berlari dan membuat kasim cha sedikit terkejut karna tiba tiba saja ia berlari.


"seonsaengnim..."

pria paruh baya tersebut berhenti ketika berada tepat di tengah tengah tangga,dia berbalik dan mengangkat sebelah alisnya ketika mendapati jungkook lah yang memanggilnya dan tengah berlari kearahnya.

"Dong il seonsaengnim,akhirnya aku menumukanmu" ujar jungkook dan tampak lega,kasim cha menundukkan kepalanya sekilas ketika bertemu pandang dengan guru dong il,dia bertanya tanya dalam hati kenapa jungkook ingin menemui guru dong il yang berprofesi sebagai ahli perbintangan di gwansanggam,apakah jungkook sekarang ingin belajar mengenai astronomi.

"apa yang kiranya sampai membawa pangeran jauh jauh datang ke sini di saat malam seperti ini" tegur guru dong il dengan suara yang lembut sembari tersenyum ke arah jungkook yang berdiri di bawah tangga,sebenarnya pertanyaan guru dong il adalah pertanyaan kasim cha yang sudah di fikirkannya sejak berada di paviliun pangeran tadi,tapi sepertinya jungkook bersikap masa bodoh setiap kali kasim cha yang mengucapkannya.

"bisakah kau tunjukkan padaku,bintang milik hyeongnim"

guru dong il menaikkan sebelah alisnya sedangkan kasim cha terlihat bingung,untuk apa jungkook ingin melihat bintang putra mahkota,guru dong il tersenyum lebar kemudian.

"baiklah,sekarang pangeran ikutlah dengan ku dan akan ku tunjukkan seperti apa bintang putra mahkota yang menerangi joseon"

"ne" jawab jungkook antusias dan menyusul guru dong il menaiki tangga.

keduanya berjalan beriringan di beranda paviliun selatan sedangkan kasim cha berjalan di belakang mereka,tapi jungkook tidak sengaja melihat changkyun berjalan tidak jauh dari tempat mereka.

"seonsaengnim,bukankah itu changkyun"

guru dong il dan kasim cha melihat ke arah yang di tunjuk oleh jungkook dan melihat changkyun yang tengah berjalan menjauh,sudut bibir guru dong il terangkat keatas.

"dia pasti dari seongsucheong"

"seongsucheong" ujar jungkook yang mewakili keheranan kasim cha,untuk apa changkyun pergi ke seongsucheong,terlebih lagi di malam malam begini dan bukankah seongsucheong sudah lama di tutup.

"apa yang dia lakukan di seongsucheong, bukankah seongsucheong sudah di tutup sejak lama" tanya jungkook sembari melihat ke arah guru dong il.

"aku tidak tahu pastinya apa yang dilakukannya di seongsucheong, tapi aku sering melihatnya berdiri di halaman seongsucheong untuk waktu yang lama" jawab guru dong il dan memasuki sebuah pintu di susul oleh jungkook dan kasim cha,ketiga orang tersebut saat ini tengah menaiki tangga kayu menuju lantai dua dan sampailah mereka di ruangan yang mirip seperti gazebo tapi berlantai dua atau mungkin itu adalah ruang kerja guru dong il sebagai ahli perbintangan,mereka bisa melihat bintang bintang di langit dengan sangat jelas dari sana,mulut jungkook terbuka lebar,terkagum kagum dengan barang barang yang terdapat di sana.

"apa pangeran sering menemui putra mahkota"

"kemarin aku bertemu dengannya,dengan changkyun juga" jawab jungkook acuh kemudian berjalan ke arah pembatas dan menaruh tangannya diatas pembatas,melihat ke arah langit.

"jadi,yang mana bintang milik hyeongnim"

guru dong il mendekat dan berdiri di samping jungkook,dia kemudian mengarahkan telunjuknya ke atas,menujuk sebuah rasi bintang.

"di sana"

jungkook melihat ke arah yang di tunjuk oleh guru dong il begitupun kasim cha yang berdiri di belakang jungkook,meski sempat menggerutu tidak akan adil jika dia tidak bisa melihat bintang putra mahkota.

"di sana adalah rasi bintang keluarga kerajaan,dan pangeran lihat,bintang yang lebih terang diantara bintang lain di sana,itulah putra mahkota"terang guru dong il.

"yang itu"seru jungkook sembari mengangkat telunjuknya menunjuk kearah langit.

"benar pangeran"

guru dong il melihat senyum yang mengembang di bibir jungkook,dia kemudian menunjukkan bintang yang lainnya pada jungkook.

"dan yang berada di sebelah putra mahkota adalah bintang pangeran"

"aku..." seru jungkook tidak percaya sembari menujuk dirinya sendiri.

"jadi maksudmu,bintangku bersebelahan dengan bintang hyeongnim"

"benar pangeran, bintang itu muncul di samping bintang putra mahkota ketika kau lahir" terang guru dong il seakan semakin membuat hati jungkook bahagia,dia kemudian mengarahkan pandangannya ke langit,tapi sifat keingintahuannya semakin bertambah,ketika dia melihat bintang lainnya di sisi bintangnya dan taehyung, jungkook kemudian menunjuk kearah bintang yang berada lebih dekat dengan bintang taehyung tapi tidak lebih terang dari pada miliknya,jika di dekatkan mungkin posisinya akan berada di antara bintang jungkook dan bintang milik taehyung.

"yang di sana itu,apakah itu juga bintang keluarga kerajaan,kenapa letaknya sangat dekat,bintang siapa itu"

guru dong il menatap ragu ke arah bintang yang di tunjukkan oleh jungkook,dia tidak yakin jungkook bisa melihatnya karna sinarnya yang hanya samar samar, tapi mungkin karna masih muda hal itu tidak akan sulit baginya.

"itu adalah bintang yang sangat istimewa,meski sinarnya samar samar dan tidak banyak orang yang menyadarinya tapi dia sangat dekat dengan bintang putra mahkota,bintang itu adalah bintang dari saudara pangeran yang lain"

kasim cha langsung menoleh ke arah guru dong il ketika mendengar pernyataan guru dong il yang seperti itu.

"bagaimana dia bisa mengatakan hal seperti itu kepada pangeran" gerutunya dalam hati.

"apa maksud seonsaengnim aku akan memiliki saudara lagi"

guru dong il sedikit tersentak dengan pertanyaan polos jungkook, dia kemudian tertawa ringan,sepertinya jungkook benar benar belum mengerti dengan apa yang di ucapkan olehnya dalam hati dia juga merasa bersyukur.

"kurang lebih begitu pangeran"

"benarkah,bukankah istana akan sangat ramai nantinya,bukan hanya aku dan hyeongnim tapi akan ada satu lagi" ujar jungkook dengan riang dan guru dong il hanya bisa mengiyakan semuanya,bagaimanapun juga sepertinya jungkook belum mengerti apa apa,berbeda dengan changkyun dan taehyung yang sudah memahami seluk beluk dari istana.


"tunggu sampai kau tumbuh dewasa dan memahami segalanya,kau akan tahu siapa pemilik dari bintang tersebut"

THE LITTLE PRINCE [어린 왕자]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang