149. Senyum kebanggaannya papa

655 107 25
                                    

Jaemin terdiam. Begitu bangun ia mendapati dirinya ditempat, entahlah ia juga tidak tau. Jaemin juga tau ini alam bawah sadar nya, bukan dunia yang sebenarnya. Tangisnya pecah, ia takut jika ucapannya benar-benar dikabulkan.
Jaemin meremat celananya, menatap ke sekeliling tempat tak dikenal ini, mencari sosok mamanya yang tidak ada didepannya. "Jaemin?"

Anak itu hampir terjatuh tatkala seseorang memanggilnya, tersenyum manis ke arahnya. "Wah.. anak papa sudah besar ya?"

Jaemin ingin sekali berlari ke arah pria itu, memeluknya erat dan memarahinya karena tidak pulang. Tapi sekedar menatap nya pun takut, mimpi neneknya yang membawa Jeno itu seakan memang sudah memberikan isyarat jika Jeno akan ikut dengan neneknya, Jaemin hanya tidak mau meninggalkan Xiyeon. Tidak apa-apa jika harus mati pun asalkan ia tetap bersama Xiyeon, tidak seperti ini.
"Tidak rindu papa?"

Tangannya mengusap wajah Jaemin lembut, terasa hangat sama seperti biasanya. Tidak ada yang berubah dari Jeno, tatapannya masih sama begitupun senyumannya. "Nana nya papa makin tampan saja hm?"

"Maaf ya papa membuat mu menangis terus.. ini salah papa. Mau memaafkan papa kan?"
Jaemin menoleh, membuang wajahnya menghindari tatapan Jeno. Detik berikutnya tubuhnya ditarik ke dalam dekapan, kepalanya diusap dengan begitu lembut sembari diberi kecupan manis dari sosok yang membuatnya hampir ingin mati itu. "Papa harus nya dengerin kamu buat gak pergi.. maaf ya?"

"Kerja bagus. Kamu sudah menjaga mama dengan baik"
Jaemin tidak bisa menyembunyikan perasaannya, dia terlalu rindu pada Jeno. Dia tidak mau meninggalkan Xiyeon namun dirinya sudah terlalu lelah, terjebak seperti ini bukanlah hal yang menyenangkan untuk Jaemin.
"Dulu kamu masih nangis-nangis minta es krim.. sekarang udah tinggi kayak gini. Papa bangga sama kamu"

"Kenapa?"

"Hm?"

"Kenapa papa harus pergi? Kenapa papa harus disini dan ninggalin rumah?! KENAPA PAPA BIKIN MAMA NANGIS SELAMA INI?!"
Jeno hanya bisa tersenyum, perlahan ia berlutut dihadapan Jaemin, menggenggam kedua tangan anaknya itu. "Papa harus gimana? Ini bukan keinginan papa..."

"Sakit pa.. sakit.."adu Jaemin memukul-mukul dadanya. Selalu menyakitkan jika mengingat bagaimana Jeno pergi tanpa berpamitan padanya. "Tiga kali.. tiga kali aku hampir mati. Karena obat.. karena tenggelam dan sekarang ini.. tuhan jahat pa.."

Senyuman Jeno perlahan memudar dan digantikan oleh tangis. Mungkin jika orang lain yang membuat anaknya seperti ini dia sudah pasti akan menghajar nya habis-habisan, tapi bagaimana jika lawannya sendiri adalah Tuhan yang bahkan menentukan hidupnya?
"Maaf.. kalau papa gak pergi papa gak akan ninggalin kamu. Papa bakal jagain kamu.. papa bakal lindungin kamu.."

Harapan Jeno yang ingin pelukan hangat dari Jaemin sirna begitu saja kala Jaemin terus mengadu padanya. Mengadu semua hal yang membuatnya ingin mati jika tidak ingat pada Xiyeon, anaknya terlalu kelelahan sekarang.
"Istirahat disini sebentar.. sama papa.. kamu boleh ceritain semuanya sama papa apapun itu.."

Jaemin masih menatap Jeno, tangisannya tak sehebat tadi. Tangannya menyentuh rahang papanya, tangannya selalu menyentuhnya setiap kali Jeno menyuapinya makan. Jaemin kalah, niatnya untuk tetap marah pada Jeno kalah dengan rasa rindunya selama ini. Tubuhnya mendekat untuk memeluk Jeno, menyandarkan kepalanya di bahunya. Bahkan aroma parfum Jeno masih sangat ia kenali, sama persis seperti dulu.
Bahu yang selalu menjadi bantal nya saat Jaemin tidak bisa tidur masih terasa nyaman, hangat tubuh ayahnya masih seperti selimut setiap kali dipeluk.
"Istirahat sebentar.. mama gak akan marah kok. Mama tau kalau anaknya butuh istirahat sejenak"

Jeno menepuk punggung Jaemin, rasa penyesalan nya terkadang membuat Jeno menangis seperti ini. Dia kembali mematahkan hati seseorang yang ia jaga selama ini, rasanya tidak cukup jika hanya meminta maaf.
"Na Jaemin.. bintang nya papa.. malaikat kecil nya papa.. jagoannya keluarga papa.."

Jeno tersenyum kecil, setidaknya ini lebih baik dibandingkan jika Tuhan mengambil malaikat nya lebih dulu. Jeno tidak bisa bayangkan apakah orang-orang disekitarnya dapat membuat nya lebih baik atau tidak. Jaemin saja walaupun terlihat baik masih bisa seperti ini apalagi Jeno yang sudah pernah merasakan kehilangan Jaemin sekali. "Papa liatin kamu dari ini.. papa ikut jaga kamu. Papa juga ikut pulang kerumah walau gak kelihatan.. asal kamu tau papa lebih rindu kamu dibandingkan kamu rindu papa"

"Pulang.. kalau papa kangen pulang.. jangan disini.."

Jeno tidak bisa menjawab. Ucapan Jaemin terlalu mustahil untuk ia lakukan apalagi dirinya sudah disini, tidak bisa pulang begitu saja seperti saat ia masih hidup dan bekerja di kantor bisa pulang kapan saja untuk menemui anaknya.  "Sekali lagi papa minta maaf.. udah bikin malaikat nya papa kecewa kayak gini"

"Papa selalu nurutin perkataan aku, kenapa setiap aku suruh pulang papa gak nurut? Aku tiap malem minta papa pulang tapi pernah gak aku liat papa masuk ke rumah sambil teriak manggil aku lagi? Gak pa.."

"Maaf sayang.. papa gak bisa kabulin yang itu.. papa gak bisa buat nurutin ucapan kamu yang satu itu. Cuma lewat mimpi papa bisa nemuin kamu tapi selalu jadi mimpi buruk buat kamu sampai harus minum obat kayak gitu. Papa gak bisa untuk yang satu itu, Na.. papa bener-bener gak bisa"
Jaemin sudah kehabisan tenaga karena menangis tadi, dia hanya diam dalam pelukan Jeno. Mendengar ucapan Jeno yang mengatakan jika ia melihat semua hal yang dilakukan Jaemin dari mulai naik sepeda setiap pagi sampai kabur dari sekolah
Jeno tau jika Jaemin sering melewatkan sarapan nya dan mengomel karena itu, Jeno tau jika Jaemin bekerja dan mengumpulkan uang sendiri, Jeno tau jika Jaemin diskors karena membela nya disekolah.

"Pa.. mama mau gantiin papa ya?"

"Mama gak mungkin mau untuk gantiin papa, apalagi sama orang jahat yang kamu lihat itu. Papa selalu berusaha bikin dia jauh-jauh dari mama, mama cuma punya kamu sama papa aja"

"Tapi itu-"

"Enggak. Mama gak akan gantiin papa sampai kapanpun. Gak usah dipikirin lagi, itu cuma orang yang pengen bikin keluarga kita jadi gak akur doang.. mereka cuma sengaja bikin mama jadi bahan gunjingan orang lain aja. Lagian orang itu udah gak kerja bareng mama lagi.
Maaf ya.. papa gak bisa nolong kamu waktu kamu kesakitan, kamu minta tolong sama orang tapi gak ada yang lewat. Sama kayak kamu di masa lalu, papa juga gak bisa nolong kamu karena kondisi papa yang ada dirumah sakit. Kayaknya sengaja banget bikin anak papa ini kesakitan"

"Sakit banget.. sampai aku gak bisa buat sekedar teriak. Rasanya kayak remuk, gak bisa gerak sama sekali"

"Kamu tau? Itu yang papa rasain waktu itu. Papa gak bisa gerak bahkan bicara pun gak bisa. Papa cuma bisa nangis, papa berusaha mikirin kamu biar papa gak tidur.. bahkan waktu itu papa terlalu takut hanya untuk berkedip. Hati papa makin sakit waktu liat mama nangis, mama genggam tangan papa sambil bilang kalau papa itu kuat. Tapi papa udah gak kuat disitu, papa udah gak bisa nahan rasa sakitnya..
Kamu hebat sayang, kamu bisa nahan semua rasa sakit kamu selama ini. Sekarang kamu cuma disuruh buat istirahat dulu dari semua rasa sakit itu dengan mempertemukan papa dengan kamu. Selama disini papa yang bakal jagain kamu, sementara raga kamu mama sama paman Mark yang jaga. Kita semua sama-sama jaga kamu, jadi jangan ngerasa kalau gak ada yang peduli sama kamu.

Semuanya bakal selalu ada buat kamu walaupun disaat mereka sibuk, mereka pasti bakal jadi orang nomor satu yang bisa kamu andelin. Disekolah kamu sama Chenle dan Felix, kalau harus kerumah sakit ada paman Mark, mau kue bisa minta bibi Somi, mau minta anter bisa ke Renjun, Jisung sama Seojun, mau minta dibeliin sesuatu bisa minta sama paman Haechan dan semua itu bisa kamu minta sama mama. Papa juga tetap jagain kamu disini, papa mantau anak papa yang makin hebat kayak sekarang.
Siap-siap liat anak papa jadi pemain bisbol profesional!"

"Tapi satu yang papa selalu pengen bilang dari dulu tapi susah buat nyampein ke kamu,
Senyum nya.. senyum kebanggaan nya papa yaitu senyum nya anak papa, papa mohon jangan sampe hilang, karena senyum kamu yang selalu bikin papa kuat. Kalau dulu papa selalu hibur kamu biar senyum, sekarang kamu harus inget gimana papa hibur kamu dulu biar bisa jaga senyum kamu ini..

Mau kamu baik-baik saja, mau kamu sedang ada masalah papa mohon sekali..
Jaga senyum kamu untuk dunia ya?"

[]

Sesek karena nangis bay.

Call Him NanaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang