155. Taktik mama dan papa

636 100 32
                                    

"mama pernah berantem sama papa?"
Xiyeon menoleh lalu tersenyum. Dia menggeser kursi agar lebih dekat pada Jaemin lalu mendudukinya.
"Gak pernah kan?"

"Pernah"

"Kapan? Aku gak pernah liat"

"Na, dulu mama sama papa pernah bikin janji pas kamu masih kecil. Waktu itu lagi hujan, gede banget sampai kamu aja digulung selimut karena dingin banget. Kamu gak berhenti nangis waktu itu tapi pas papa sama mama mulai ngobrol kamu kayak dengerin, diem aja selama mama sama papa ngobrol.
Terus papa ngomong gini sama mama, rumah tangga gak akan jauh dari masalah, walau keluarga paling harmonis juga pasti ada masalah nantinya, termasuk mama sama papa.
Terus papa bilang lagi, nanti kalau semisalnya kita lagi dapet masalah, lagi dapet ujian dari Tuhan, tolong jangan tunjukkin itu ke kamu, mau sebesar apapun masalahnya kalau bisa cukup antara mama sama papa, jangan libatkan anak apapun alasannya"

"Kenapa?"

"Kamu belum waktunya untuk ikut campur dalam urusan mama sama papa, bukannya nganggap kamu anak kecil.. tapi kalau misalnya mama sama papa berantem dihadapan kamu, bawa-bawa kamu, pelan-pelan nanti kamu malah berasumsi dan malah memihak satu pihak saja. Seperti kayak ah mama galak atau papa itu selalu marah-marah sama mama.. nah, kita gak mau bikin kamu kayak gitu. Mama sama papa pengennya kamu jadi penengah, bukan ada di satu pihak.
Coba bayangin, kalau semisalnya mama sama papa harus pisah sementara kamu itu penengah, mama sama papa pasti bakal ngomongin itu dengan serius karena kamu gak ada di pihak manapun. Coba kalau misalnya kamu disatu pihak, seperti pihak mama atau papa, itu malah bikin keputusan nya jadi bulat.
Mama sama papa gak mau kamu denger kalau kita lagi debat, lagi adu argumentasi. Mama gak mau nantinya kamu malah kepikiran karena itu.

Mama pernah waktu itu berantem sama papa karena suatu hal. Kita obrolin itu di ruang kerja papa sementara kamu udah tidur. Gak ada satupun yang bawa-bawa nama kamu, gak ada keterlibatan kamu dalam pertengkaran itu. Ingat waktu mama sama papa saling diem tapi keliatan biasa aja? Itu taktik nya...
Bukannya kita bohongin kamu, tapi gak ada yang mau kamu harus ikut dalam hal kayak gini. Lagipula bukan tugas kamu kan? Tugas kamu cuma belajar bukan dengerin pertengkaran mama papa.
Mama gak mau liat senyum kamu hilang cuma karena liat papa mama berantem, senyum Na Jaemin itu obat buat semua orang termasuk mama sama papa. Tau gak waktu itu mama maaf-an sama papa karena apa? Karena kamu.. kamu lebih butuh kasih sayang daripada liat mama papa berantem.

Mama sering kok adu mulut sama papa, cuma itu rahasia berdua aja"

"Kalau berantem papa pernah bentak mama?"

"Gak.. gak pernah.. nada nya selalu lembut, malah kayak lagi ngasih tau bukannya berantem. Makanya mama sampai berpikir kalau mama itu paling beruntung bisa ketemu laki-laki kayak papa kamu. Mama gak inget papa pernah bentak mama.. waktu itu mungkin karena terlalu cape aja jadi kamu juga kena sentak papa. Tapi mama tau papa gak kayak gitu apalagi sama kamu, menurut mama hati papa itu terlalu lembut sampai-sampai mama aja gak tega kalau liat papa nangis"

"Kalau begitu.. berarti dulu banyak yang suka papa juga?"

"Iya, banyak banget. Padahal mama aja gak terlalu kayak orang lain yang sampai ngasih surat ke papa?
Lucu juga dipikir-pikir.. mereka yang usaha tapi mama yang dapet. Sampai-sampai kalau papa bilang sama kakek bakal ada temen yang dateng ke rumah, yang kakek tau cuma mama doang. Dibilang romantis gak.. papa itu malah terlalu canggung waktu itu. Agak berubah sih pas pacaran sama sesudah nikah.. dia terlalu to the point dibandingkan kayak basa basi dulu."

"Berarti waktu ngajak mama kencan to the point juga dong?"

"Bener banget. Sampe-sampe mama gak mau ketemu dia seharian"

"Salting ya?"
Jaemin tertawa pelan saat Xiyeon memukul kakinya pelan dengan pipinya yang memerah. Baru pertama kali dia melihat mamanya malu seperti ini, lucu.
"Ya gitu.. mama sama papa emang gak pernah nunjukkin secara jelas kalau lagi berantem sampai yang lain juga gak tau. Papa selalu ajak buat ngobrolin aja baik-baik jangan kesulut emosi."

"Nanya lagi boleh?"
Xiyeon mengangguk, hitung-hitung sambil menyuapi Jaemin makan.
"Kenapa papa sama mama selalu ngomong kayak mama atau papa bangga sama kamu padahal yang aku lakuin juga hal kecil bukan yang besar gitu"

"Kamu mau tau?
Karena kamu pantas mendapatkannya"

"Tapi kan kecil.. gak kayak yang pencapaian besar gitu"

"Sekecil apapun pencapaian kamu mama sama papa pasti ngomong gitu, karena ini usaha kamu. Yang paling penting itu bukan bagus enggaknya nilai yang kamu dapetin, anggap itu bonus. Tapi itu usaha kamu, mama tau kamu udah kerja keras buat capai itu.. gak perlu langsung harus bagus, gak ada yang begitu.. semua pasti usaha dulu sampai akhirnya bisa jadi apa yang dia mau.
Mama sama papa gak mau kamu cuma anggap kita itu orangtua, kita pengen bisa jadi teman terdekat untuk kamu, orang yang selalu mendukung kamu walaupun gagal. Makanya mama atau papa sering bilang tidak apa-apa kalau kamu gagal, 1 gagal.. masih ada 1000 peluang keberhasilan. Mau kamu gagal berapa kali pasti nanti bisa, jangan nyerah aja.. kalau udah nyerah duluan malah bikin kamu makin jauh dari impian.

Buktinya kan kamu liat sendiri, dapet piagam, bisa masuk tim bisbol, itu karena usaha kamu. Kamu pasti bisa asal ada niat dan usaha, berdoa sama Tuhan biar Dia bantu kamu buat bikin mama sama papa bangga. Orangtua itu sebenarnya gak ribet buat bahagia karena anaknya, cukup kamu berhasil aja udah bikin mereka bangga sekali. Papa selalu turutin apa kemauan kamu itu buat jadi penyemangat kamu biar makin semangat kedepannya, bukan karena pengen manjain kamu tapi ya karena itu.
Orang-orang lihat papa sama mama itu sebagai orangtua yang terlalu memanjakan anaknya, padahal mama sama papa selalu ajarin kamu buat mandiri dari hal-hal kecil yang kamu lakuin setiap hari. Waktu kamu bangun tidur, papa bilang coba belajar lipet selimut, kalau bisa papa kasih sesuatu. Waktu kamu numpahin sesuatu, mama tantang kamu buat bersihin sampai bersih terus mama kasih sesuatu. Tapi gak setiap yang kamu lakuin dapet imbalan, betul?"

"Dari situ juga mama sama papa ajarin buat gak berharap pada imbalan saat kamu melakukan sesuatu. Ikhlas aja, imbalan itu bonus.. kalau kamu lakuin sesuatu karena pengen imbalan nanti malah kebiasaan kamu minta sesuatu.
Kamu bantu orang ya bantu aja, jangan berharap dia bakal ngasih sesuatu. Banyak, banyak banget yang diajarin tapi lewat hal-hal kayak gitu..

Kalau lewat ucapan kayak kamu harusnya gini, kamu gak bisa itu
Kesannya kayak terlalu menghakimi kamu buat bisa semua dan malah bikin kamu males dengerinnya. Mama pengen ngajarin kamu tapi bukan kayak ngajarin gitu, kayak lagi ngobrol aja tapi bikin kamu belajar ini itu.

Masih banyak taktik nya yang buat kamu bisa kayak begini,
Jadi.. mama bangga sama kamu, selalu bangga apapun dan sekecil apapun itu.. asal baik mama pasti selalu bangga sama kamu"

[]

Terinspirasi dari temen❎
Terinspirasi dari cerita sendiri✅

Sumpah,
Buku yang bener-bener bikin aku tertampar itu ini. Padahal ini ucapan aku, pikiran aku, ketikan aku tapi malah jadi inspirasi buat aku.
Apalagi dalam hal didik mendidik kayak gitu, aku aja jarang buat bicara baik-baik sama adek kalau dia salah.. tapi ketikan aku dalam bentuk ucapan Xiyeon bener-bener bikin speechless..

Ajaib memang buku seri Sweet Night ini:)

Call Him NanaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang