TERAPI MASA BODOH

2.4K 156 4
                                    

Penyelamat kehidupan pribadi paling besar umat manusia adalah bersikap masa bodoh hampir terhadap semua hal. Dari mulai hal kecil sampai hal besar. Bersikap masa bodoh telah membantu manusia terhindar dari pikiran yang sakit dan kejiwaan yang buruk. Tak menganggap penting apa yang dianggap penting. Tak peduli apa yang harus dipedulikan. Tak merasa khawatir akan apa yang harusnya dikhawatirkan. Tak memerhatikan apa yang harus diperhatikan. Tak menganggap serius banyak hal. Dan tak menggap perlu ditanggapi semua hal yang harusnya ditanggapi dengan bijak.

Bersikap masa bodoh adalah penemuan manusia untuk menstabilkan dirinya sendiri. Sebuah terapi yang dilakukan sehari-hari tapi dilupakan sebagai hal yang penting dan jarang diberi perhatian secara layak.

Tanpa sikap masa bodoh, banyak dari kita akan menganggap serius semua hal sehingga kegilaan dan keadaan depresi akan sangat lebih mudah terjadi. Jadi berterimakasihlah terhadap sikap masa bodoh kita masing-masing.

Sikap masa bodoh tentunya sangat membantu saat seseorang tak ingin diganggu oleh ini dan itu. Tak terganggu dengan masalah hati nurani, agama, hukum, negara, hak cipta, sampai hubungan personal dan kemanusiaan. Tanpa sikap masa bodoh kita sejak kecil. Otak kita mungkin akan terlalu penuh dengan banyak hal yang menyiksa. Dan hati nurani kita akan meledak karena tak kuat menyimpan pemandangan umat manusia sehari-hari.

Masa bodoh adalah sejenis pendorong utama manusia untuk hidup baik dalam kategori individual. Mungkin negara dan komunitas besar akan runtuh akibat sikap masa bodoh. Tapi secara individual keseharian, sikap masa bodoh malah membantu mempertahankan ketenangan publik walau itu dalam tahap paling dangkal. Sejujurnya, karena keseimbangan antara sikap masa bodoh dan keseriusan, sebuah masyarakat bisa bertahan cukup lama tanpa harus mengalami kepunahan.

Sikap masa bodoh layaknya tidur yang kita alami setiap harinya. Mematikan standar tinggi kita akan banyak hal. Entah sudah berapa banyak tubuh, hati, dan pikiran kita harus berterimakasih terhadap sikap masa bodoh. Tanpa sikap itu, beban keseharian kita tak akan bisa kita tanggung dan terima.

Bersikap masa bodoh adalah terapi. Membantu kita hidup lebih damai dan tenang. Menjadi hidup lebih santai dan menyenangkan. Menyelamatkan diri kita dari kepungan nilai-nilai yang setiap hari merusak ketenangan kita.

PSIKOLOGI & PSIKOTERAPI 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang