MEMBENCI TEMAN

2.1K 178 14
                                    

Terkadang, seluruh orang yang kita kenal adalah musuh. Dan orang yang kita anggap teman adalah sosok yang kita benci. Keberadaan yang tak kita inginkan, mengganggu, dan tak menyenangkan, pada akhirnya.

Ambil contoh salah satu teman kelas kita. Awalnya dia dekat dengan kita. Seolah kita berteman dan saling mendukung. Bermain bersama. Berbincang bersama. Mengerjakan tugas bersama. Tapi selang beberapa waktu, seseorang yang kita anggap teman itu tiba-tiba saja memandang kita rendah. Mulai menjauh. Dan memilih berkumpul dengan kerumunan orang yang mungkin tak menyukai kita dan memandang kita negatif.

Orang yang awalnya kita anggap teman mulai memandang kita tak sepadan dengan dirinya atau mulai muncul kesombongan dalam dirinya bahwa dia lebih baik dan kita adalah buruk. Sehingga dia menjauhi kita dan memilih orang lain sebagai teman barunya. Ditambah, dia mulai perlahan tak menyukai dan membenci kita.

Baiklah, jika kamu punya mental cukup kuat. Orang semacam itu perlu diberi pelajaran timbal balik.

Jika ada seseorang teman memandang kamu lebih rendah, sombong, dan mulai mengolokmu di depan banyak orang. Cara terbaik adalah melakukan hal yang sama kepada mereka (atau dia), dengan cara yang lebih kejam. Bencilah dia setara atau lebih saat orang yang pernah kamu anggap teman juga membencimu. Karena memberikan ketenangan diri dan perasaan lebih baik kepada mereka dan menginjak-injak kita, itu adalah keadaan yang harusnya tak kamu jalani.

Apa gunanya teman semacam itu? Walaupun dia mungkin adalah teman pertamamu atau yang pernah sangat dekat denganmu di saat kamu kesusahan menyesuaikan diri. Tak ada gunanya berharap lagi pada dia yang meninggalkanmu, mengkhianatimu, dan melukai perasaanmu saat kamu tak bersalah kepada dirinya.

Ya, teman semacam itu patut kita benci. Tunjukkan kebencian yang sangat padanya bahwa kamu bukan orang yang bisa ditindas dan ditinggalkan dengan alasan yang menjijikkan. Membalas dendam kepada seseorang semacam itu adalah layak.

Cara terbaik untuk membalas adalah dengan menunjukkan kamu lebih baik darinya dan kamu bisa membungkam mulutnya di depan banyak orang. Mempermalukan dia dan mempertontonkan kebodohannya di depan semua orang akan membuat dia kecil hati atau tak lagi bisa menyudutkanmu. Jangan buat dirimu dipandang rendah siapa pun. Jika kamu memang lebih baik dari orang itu. Bahkan oleh temanmu sendiri. Apalagi mantan teman.

Tunjukkan kebencianmu terhadap dia yang pernah kamu anggap teman.Dengan begitu, dia akan merasakan ketidaknyaman dan jika kamu memiliki mental yang jauh lebih kuat dengan dia. Maka keberadaanmu adalah neraka baginya. Selama beberapa tahun ke depan, dia harus menuai apa yang dia tabur.

PSIKOLOGI & PSIKOTERAPI 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang