SAAT SEGALANYA TAK LAGI MEMUASKAN

365 23 2
                                    

Pada suatu ketika, kamu bangun dari tidurmu, melakukan hal-hal yang biasanya kamu lakukan, dan entah di saat apa, kamu menyadari sesuatu; bahwa semua yang kamu lakukan tak ada lagi yang memuaskan.

Dari hari itu, kamu sudah mencoba melakukan berbagai macam upaya untuk kembali mendapatkan hasrat dan gairah akan apa yang disebut sebagai kepuasan.

Berbelanja dengan kalap. Berpergian ke banyak tempat eksotik dan menarik. Mengunjungi banyak restoran dan hotel mewah. Bekerja tak kenal lelah dan berusaha untuk mencari sisa yang menarik di dalamnya. Mengambil cuti panjang untuk menghilang dari peradaban. Menjadi filantropi dan relawan bencana hingga orang-orang yang tengah kesakitan. Sampai melanggar semua tabu dan bersenang-senang sesuka hati.

Atau mungkin, kamu sudah mencoba mendekatkan diri dengan Tuhan. Mengabaikan Tuhan. Ikut partai politik. Menjadi artis. Sibuk dengan penelitian. Meniti karir sebagai pengusaha sukses. Masih berharap, dengan mengesankan banyak orang dan terkenal.

Hanya saja, saat kesibukan mendadak hilang dan hanya beberapa jam yang kosong dari jadwal padatmu mengambil isi kepalamu. Kamu merasa, sedang apa aku di sini?

Kamu mulai mempertanyakan pencapaianmu sendiri. Mulai gelisah dengan apa yang bisa kamu lakukan. Dengan tak lagi tenang dengan semua orang yang mengagumimu.

Pada suatu ketika, kamu mulai kehilangan gairah terhadap sekolahmu, pekerjaanmu, bahkan terhadap hidupmu.

Makan pun tak lagi menyenangkan. Keluar bersama teman dan orang yang kamu sayangi pun terasa biasa dan hambar. Bahkan, melakukan hubungan seksual pun tak lagi seperti dulu. Menjadi sangat biasa saja dan tak lagi terlalu menggairahkan.

Apa pun yang kamu lakukan menjadi hal yang kering dan biasa saja. Gairah yang dulu ada lenyap.

Mengeluarkan banyak uang. Membeli ini dan itu. Atau melakukan kegiatan apa pun, hanya menjadi sekedar kesenangan sementara.

Jika terus menyibukkan diri pun, akhirnya kalah dengan sakit dan lelah.

Pada suatu saat, kamu berada di kamarmu. Kamar apartemen. Atau kamar dari sebuah rumah besar yang mewah. Ada beberapa mobil di garasi. TV besar dan mahal. Furnitur-furnitur berkelas. Kartu kredit bernilai ratusan juta sampai miliaran. Kamarmu sendiri sangat terlihat mewah, nyaman, atau minimalis yang sangat gaya.

Jabatanmu juta sangat baik. Karirmu tengah melonjak. Orang yang kamu sayangi pun ada.

Hanya saja, ada yang mulai hilang dari dalam dirimu. Gairah yang kian memudar. Dan, segala yang kamu miliki dan lakukan, tak ada lagi yang bisa memuaskanmu.

PSIKOLOGI & PSIKOTERAPI 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang