Bayangkan, sebuah dunia tanpa internet selama satu tahun? Sebuah dunia tanpa aplikasi sosial daun segala macam peramban dan permainan? Sebuah dunia yang mana handpone hanya bisa sekedar digunakan untuk menelepon dan mengirim pesan saja? Sebuah dunia yang kembali di beberapa tahun yang lalu.
Berapa banyakkah orang yang akan gila dan depresi mendadak dikarenakan jaringan internet tiba-tiba menghilang dari muka bumi ini?
Mereka yang pertama mengalami kegilaan yang sangat parah adalah generasi milenial yang sejak kecil sudah terlalu tergantung dengan internet. Lalu, pada akhirnya, semua orang yang sudah terlalu nyaman dan bergantung pada internet untuk menghibur diri, mencari teman, memamerkan diri, mencari uang, melancarkan pekerjaan, mencari materi tugas dan banyak hal lainnya.
Dalam dunia yang kita kenal hari ini, internet telah menjadi penyelamat kejiwaan manusia yang rentan dan mampu mengurangi tekanan kegilaan dunia yang tengah dihadapi.seseorang. Ketergantungan manusia hari ini terhadap internet terlampau besar. Dari mulai alat untuk komunikasi, untuk menikmati diri, melampiaskan kebosanan dan kegilaan. Sampai pada urusan pengembangan diri dan karir.
Tanpa internet, kita mungkin akan gila jauh lebih cepat dari pada yang bisa kita tanggung. Kecuali bagi mereka yang menganggap internet.hanya sebagai alat yang tidak terlalu personal dan digunakan hanya saat butuh.
Saat internet menghilang mendadak, taruhlah satu bulan saja. Maka para.pelajar sekolah akan bingung dan depresi.
Karena dari mulai mengunduh lagu, menonton film, mencari berita dan materi, dan menampilkan diri sendiri di media sosial, selalu, internet dibutuhkan nyaris setiap harinya.
Internet hilang dari dunia manusia selama satu tahun. Pasar modal runtuh. Para pengusaha bangkrut. Dan negara menjadi kacau. Ketergantungan akan internet telah menyebar dari ruang keluarga, dunia pendidikan, sampai ekononomi, politik, dan negara.
Selama ini kita diasuh oleh internet guna menyelamatkan diri kita setiap harinya. Bisa dibilang, internet adalah sumber terapi terbesar umat manusia hari ini. Saat sumber terapi ini mendadak menghilang jangka waktu lama, satu tahun. Banyak yang akan mengalami periode sulit dan menderita.
Bahkan kisah cinta sepasang kekasih pun semakin ketergantungan dengan internet untuk memelihara hubungan timbal-balik dan ketergantungan emosi.
Bagi psikologi modern, internet menjadi sarana atau alat yang paling vital. Selain sebagai terapi juga sebagai pengekspresian diri. Ruang melarikan diri. Sedikit bersenang-senang dan menghilangkan perasaan jenuh atau sakit.
Bayangkan, jika internet mendadak lenyap selama satu tahun? Kehidupanmu, aku yakin, akan jauh lebih sangat menderita dari pada hari ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
PSIKOLOGI & PSIKOTERAPI 2
Non-Fictionpsikologi & psikoterapi buku kedua. karena buku pertama sudah penuh. maka perlu membuat buku selanjutnya. menceritakan psikologi dan psikoterapi dan apa yang harus dilakukan dalam keseharian yang penuh beban, dan apa yang memberati perasaan dan pik...