Pernahkah kamu berpikir, bahwa hidupmu sejak dulu hanya seperti itu saja? Sedikit perubahan selama bertahun-tahun lamanya?
Dan kita, beserta hampir semua orang yang ada, bersepakat bahwa hidup memang seperti itu. Bahagia memang seperti itu. Meneruskan kehidupan memang seperti itu.
Bayangkanlah, sekali-kali kehidupanmu untuk saat ini saja. Yang manakah kamu di bawah ini:
1) ANAK SEKOLAHAN
- Bangun pagi hari
- Mandi (Pilihan)
- Sarapan (Pilihan)
- Di kelas dari jam 06/07-12.00/18.00
- Hangout sebentar/Sesekali/Jarang/Hampir tak pernah
- Mengerjakan tugas guru (Pilihan)
- Belajar (Pilihan)
- Pacaran langsung/Lewat chat (Video call) : edisi single atau jomblo entahlah, gelap.
- Sibuk mikirin tugas/ujian/soal baru/sistem sekolah baru/gimana caranya bisa libur sehari saja
- Jalan-jalan (Tiap Minggu, sering, atau hanya saat wisata sekolah saja)
- Kumpul bareng teman (Yang sendiri kumpul bareng khayalan)
- Setelah sekolah jarang balik rumah (Anak rumahan langsung pulang rumah)
- Jam 6 sore harus sudah sampai di rumah, tidak boleh keluar malam kecuali acara khusus dan ada keterangan dari pihak sekolah (Bagi yang orang tuanya lebih bebas, boleh keluar rumah sama siapa saja asal pulang ke rumah dan masih ingat rumah: sayang tipe orang tua ini sudah hampir punah)
- Tidak boleh pacaran, apalagi membawa pacar ke rumah, diam-diam pacaran, atau single bertahun-tahun yang rasanya seperti abadi dari sekolah dasar sampai lulus SMA (Yang boleh pacaran pun harus terbiasa membohongi orang tua jugakan)
- Main Game, nonton anime, mendengarkan musik, drama Korea, sinetron, dan pilihan sampingan lainnya
- Stalking IG laki-laki idaman, pacar orang, atau laki-laki khayalan yang jaraknya antara negara atau benua
- Browsing browsing dan browsing
- Tidur
- Beserta beberapa aktivitas kecil lainnya dari buang air besar sampai sekedar menyikat gigiCATATAN; BERLAKU SEJAK MASUK SEKOLAH DASAR SAMPAI LULUS SMA. TOTAL KESEHARIAN YANG HAMPIR SAMA DILAKUKAN ADALAH 12 TAHUN. BETAH JUGA YA?
2) ANAK KULIAHAN
- Bangun pagi
- Mandi (Pilihan. Karena yakinlah, pasti jarang yang mandi saat terburu-buru)
- Sarapan (Pilihan atau bahkan tak terlalu penting)
- Di dalam kelas ( Dan pilihan lainnya, dari mulai menunggu dosen, sebal sama dosen yang telat, jam dipindah, menunggu waktu kelas berikutnya yang jarak jamnya keterlaluan jauh, sampai berada di dalam kelas hanya untuk menyaksikan dosen yang tak datang atau tak becus mengajar)
- Pulang sore sampai malam
- Hangout bersama teman atau sendiri (Banyak yang langsung pulang setelah kuliah dan itu hampir setiap hari seperti itu saja)
- Mengikuti kegiatan luar kampus atau dalam kampus seperti UKM, BEM dll
- Mengerjakan tugas, laporan, dan macamnya dari pulang sampai tengah malam atau pagi dengan kondisi mengantuk, pegal, jari sakit, dan layaknya tahanan pendidikan
- Sesekali malas ke kampus dan absen (Yang agak brengsek, bebas hidupnya. Tak kuliah satu bulan atau satu semester penuh. Semester depan baru nongol)
- Bekerja sampingan (Yang tidak bekerja, menghabiskan uang orang tua untuk membeli cemilan sampai nonton bioskop dan membiayai hati sang pacar)
- Hangout, kumpul-kumpul, main, ikut ini dan itu
- Jalan-jalan lebih jauh dan bebas pacaran karena jauh dari orang tua dan orang tua toh tidak tahu (Yang tidak suka atau tidak bisa jalan-jalan seringkali mengurung diri di rumah, kos, apartemen, selama 4 tahun masa kuliah dan apabila ditambah jomblo dan single, maka hidupnya penuh kesendirian selama 4 sampai 8 tahun berkuliah)
- - Main Game, nonton anime, mendengarkan musik, drama Korea, sinetron, dan pilihan sampingan lainnya
- Stalking IG laki-laki idaman, pacar orang, atau laki-laki khayalan yang jaraknya antara negara atau benua
- Browsing browsing dan browsing
- Tidur
- Beserta beberapa aktivitas kecil lainnya dari buang air besar sampai sekedar menyikat gigiCATATAN; BERLAKU 4-8 TAHUN MASA KULIAH. MELAKUKAN AKTIVITAS YANG HAMPIR SAMA SETIAP HARI. SEBAGIAN BESAR AKTIVITAS ADALAH KELANJUTAN DARI MASA SEKOLAH.
3) PEKERJA
- Bangun tidur
- Mandi (Pilihan)
- Sarapan (Pilihan)
- Di tempat kerja atau kantor dari jam 6/8 sampai pulang kerja antara 16.00-tidur di kantor karena lembur
- Hangout baik bersama teman atau sendiri (Mayoritas besar langsung pulang ke rumah) ; Bagi yang sendiri mungkin antara mengurung diri di kamar, berpergian, hangout lagi, atau bagi yang punya banyak kenalan, pergi ke sana kemari. Bagi yang sudah berkeluarga, mengurus keluarganya atau langsung tidur dan bisa juga malah sibuk mengurus sisa kerjanya di rumah
- Selama bertahun-tahun hanya melakukan pekerjaan yang sama (Bagi yang memiliki posisi lebih tinggi atau bagus, diselingi rapat, keluar kota untuk urusan bisnis, atau melakukan acara pertemuan ini dan itu; jumlah kategori ini minoritas)
- Sisanya hampir sama dengan masa sekolah dan kuliah beserta tambahan-tambahan kecil lainnya: BERLAKU SEBENTAR BAGI YANG DIPECAT CEPAT. ADA YANG SEKEDAR BEBERAPA TAHUN. SAMPAI ADA YANG SEUMUR HIDUP MELAKUKAN HAL SEMACAM ITU SETIAP HARI. DARI SEJAK KELUAR KULIAH HINGGA MATI. BAYANGKAN, DARI SEJAK SELESAI KULIAH SAMPAI MATI? JIKA UMUR SESEORANG ITU PANJANG, DIA BISA MELAKUKAN HAL SEMACAM ITU SETIAP HARI SELAMA 40-60 TAHUN LAMANYA.
4) PEKERJA SEKS
- Melakukan hubungan seksual nyaris setiap hari
- Sisanya hampir sama dengan yang lainnya
- Tambahannya sering merias diri, ke gym, ke salon, dll dll.: MEMBAYANGKAN MELAKUKAN SEKS SEBAGAI PEKERJAAN SETIAP HARI SELAMA PULUHAN TAHUN. SAMPAI SEKS NYARIS TAK LAGI BERARTI APA-APA DAN BIASA SAJA. BAHKAN BISA JADI TAK LAGI MENARIK.
5) IBU RUMAH TANGGA
- Bangun tidur
- Bekerja dari mulai mencuci, mengepel lantai, memasak, momong anak, dan banyak tugas rumahan lainnya sampai mati
- Sesekali berjualan dan semacamnya
- Sisanya mirip yang lainnya ditambah melahirkan dan beberapa aktivitas kecilCATATAN: BERLAKU SEJAK MENIKAH SAMPAI MATI. MELAKUKAN KEGIATAN ITU SETIAP HARI ANTARA UMUR 15/20/30-KEMATIAN DATANG. RENTANG WAKTU BISA 40-70 TAHUN.
6) PENGANGGURAN
- Makan tidur mandi buang air besar
- Makan tidur mandi buang air besar
- Makan tidur mandi buang air besar
- Makan tidur mandi buang air besar
Bisa diulangi sendiri sampai bertahun-tahun
- Tambahannya bisa minum-minum, berjudi, diam di rumah, merampok keuangan orang tua atau pasangan hidup, sampai nyaris tak melakukan hal lainnya
- Kegiatan kecil lainnya hampir sama dengan banyak orang di dunia ini dengan pekerjaan dan status apa apa punCATATAN; JIKA PENGANGGURANNYA ABADI, BISA MELAKUKAN HAL ITU SAMPAI MATI. BAYANGKAN SAJA.
Jenis pekerja lainnya hanya diganti dengan kegiatan yang berbeda dengan pola keseharian yang nyaris sama saja. Dari mulai artis, seniman, selebritis, pebisnis, politikus, dan banyak status sosial dan jenis pekerjaan lain.
Tambahan lainnya bagi keseharian itulah, antara lain merias diri, memilih make up, masturbasi, mengamati orang, marah-marah, melakukan penelitian, dan banyak lainnya, yang sebenarnya juga tak jauh beda dengan kegiatan miliaran orang di dunia ini yang dilakukan juga hampir sepanjang waktu atau seumur hidup.
Jadi, saat ada seorang bertanya apa yang sedang kamu lakukan, jawabannya bisa jelas nyaris seperti robot. Lagi makan. Lagi di cafe. Lagi di kantor. Lagi mengantar orang. Lagi mandi. Lagi di sekolah. Lagi mengerjakan tugas. Lagi keluar. Lagi ngeseks (ini hampir jarang diketik dichat) dll dll yang bila kamu cocokkan dengan miliaran orang di hari yang sama, kemungkinan besar ratusan juta atau miliaran orang melakukan hal yang sama di saat kamu melakukan sesuatu. Perbedaannya hanya di soal tempat, ruang, jenis situasi, dirimu sendiri, dan lainnya.
Jawaban semacam itu akan bertahan hampir seumur hidup ke depannya. Jika dicatat dengan benar, pola keseharianmu sangat terbatas dan hanya itu-itu saja selama puluhan tahun.
Hanya waktunya yang berganti-ganti dan tempatnya.
Jika pola keseharianmu dimasukkan dalam simulasi komputer, atau game, atau film, orang yang melihat atau memainkannya bisa saja malah terkena gangguan jiwa atau bunuh diri. Atau paling ringan, bosan. Tak tahan. Tak kuat. Itulah sebabnya banyak gamer mengeluh jika game yang mereka mainkan berisi ulangan dan ulangan dari kehidupan mereka selama puluhan tahun. Contoh game yang dianggap membosankan Death Stranding. Padahal game itu jelas-jelas mirip kehidupan mereka setiap hari yang hanya itu dan itu saja.
Jika kita menilai kebahagiaan, maka, bisa dijawab sebagai seorang yang kuat dengan ulangan-ulangan setiap hari selama puluhan tahun dan menerimanya. Sebagian inti dari kebahagiaan memang seperti itu.
Cara terbaik tidak tertelan dengan kebosanan hidup dan teringat dengan kehidupan yang hanya semacam itu saja. Maka, jangan banyak berpikir dan menerima kalau hidup ya hanya semacam itu. Dari lahir sampai mati. Dengan mempertaruhkan mental atau psikologi diri yang disetel semacam itu. Bahwa hidup yang bahagia dan dipertahankan memang semacam itu. Lalu hidup diisi dengan hal-hal yang sama sepanjang waktu sampai mati pun datang. Kamu mungkin akan terhindar dari kenyataan keseharian hidup secara eksistensial atau filosofis.
KAMU SEDANG MEMBACA
PSIKOLOGI & PSIKOTERAPI 2
Non-Fictionpsikologi & psikoterapi buku kedua. karena buku pertama sudah penuh. maka perlu membuat buku selanjutnya. menceritakan psikologi dan psikoterapi dan apa yang harus dilakukan dalam keseharian yang penuh beban, dan apa yang memberati perasaan dan pik...