Kekayaan adalah terapi. Manusia terselamatkan oleh kekayaan yang mereka miliki setiap harinya. Tanpa kekayaan yang cukup, baik dalam memenuhi kebutuhan harian atau yang bersifat mewah, banyak orang akan gila lebih cepat. Kekayaan telah membantu seseorang begitu besarnya dalam meraih dan menikmati banyak hal.
Yang lebih penting, kekayaan bisa membuatmu terhindar dari beban harian dan bisa bersenang-senang untuk mengurangi kebosanan, perasaan kecewa, dan sangat cepat dalam menekan stress dan depresi.
Banyak orang memandang dengki dengan kekayaan yang dimiliki seseorang. Karena ketidakmampuan diri sendiri dan kelahiran yang sejak awal memanglah timpang.
Abaikan saja kedengkian orang-orang itu. Dan kita lihat, apa yang bisa dilakukan kekayaan untuk menenangkan kehidupan kita. Atau kekayaan sebagai terapi keseharian.
Kekayaan bisa mempermudah untuk memenuhi keinginan hidup pada setiap harinya. Kekayaan bisa memaksimalkan potensi dan bakat yang dimiliki. Kekayaan bisa membuat orang pergi dan berpindah sesuka hati guna menghindari perasaan jenuh. Dengan kekayaan seseorang bisa memilih pendidikannya jauh lebih mudah dan banyak jalan tanpa harus bingung dengan uang dan uang.
Kekayaan juga bisa meningkatkan status. Merawat tubuh agar dikagumi orang-orang. Mempermudah banyak pekerjaan rumah dan kantor. Membuat seseorang bisa membeli hampir apa pun yang dia mau, dalam rangka sekedar untuk bersenang-senang atau membantunya dalam mengerjakan berbagai urusan penting.
Dalam artian banyak, kekayaan adalah terapi yang palig efisien dan luar biasa.
Jika seseorang sakit. Dia tinggal ke dokter. Jika dia atau salah satu keluarga atau orang yang dicintai mengalami masalah kejiwaan serius. Dia tinggal pergi ke psikolog atau psikiater. Seseorang yang kaya dan memiliki kekayaan yang cukup atau cukup besar. Bisa memanfaatkan semua itu untuk mempertahankan kestabilan hidup dan kejiwaannya setiap harinya.
Kekayaan berfungsi menekan gangguan kejiwaan atau kemungkinan datangnya gangguan kejiwaan jika dimanfaatkan dengan baik dan tepat.
Dan yang juga sangat penting, kekayaan bisa memiliki fungsi untuk mempertahankan diri dari ancaman dan gangguan orang lain. Terlebih mempertahankan orang yang kamu cintai.
Kekayaan bisa begitu sangat memperlancar hubungan percintaan seseorang. Baik yang setara secara status atau tidak.
Fungsi kekayaan yang begitu banyaknya, memang begitu sangat krusial dalam dunia psikologi. Orang-orang yang kekayaannya cukup besar, memang masih memiliki luar biasa banyaknya dilema hidup. Tapi, setidaknya dia terhindar dengan banyaknya dilema dasar yang tengah dialami orang-orang kelas menengah-bawah.
Kekayaan membuat orang terhindari dari dilema keuangan harian dan dilema biaya pendidikan, membeli makan, membayar listrik, membeli air minum, dan sekian banyak hal yang berkaitan dengan dunia keseharian. Bagi seseorang yang kaya, dilema semacam itu nyaris sudah tak lagi ada. Mengirit, berhemat, dan bingung dalam memanfaatkan uang, yang sering dialami banyak orang, tak banyak berlaku.
Dilema kehidupan keseharian yang paling dasar, banyak membuat orang patah hati. Terlebih seseorang yang mudah iri dengan kekayaan orang lain. Karena menurutnya, kekayaan itu bisa membeli begitu banyaknya kemudahan hidup dan terhindar dari sekian banyak batasan dengan segera dan cepat.
Kekayaan membantu mengatasi banyak hambatan dan dilema-dilema. Sehingga jika seseorang ingin fokus mengerjakan sesuatu. Dengan bantuan kekayaan yang dimiliki. Dia bisa memfokuskan diri jauh lebih mudah dan nyaman. Jauh berbeda dengan seseorang yang kesusahan keuangan. Dia akan begitu susahnya untuk memfokuskan diri karena dikejar-kejar dengan uang yang terus menipis.
Itulah kenapa, menjadi kaya atau berkecukupan itu sangatlah penting. Manfaatnya dalam menstabilkan kejiwaan dan menghindari kekecewaan dari gagalnya keinginan tertentu, jauh lebih mudah diatasi.
Dan itulah sebabnya, orang yang lahir dari keluarga kaya, seharusnya jauh lebih pandai menjaga diri, lebih pintar, lebih banyak memiliki skill, lebih damai dan nyaman hidupnya, seharusnya terhindar dari gangguan jiwa berat, lebih merdeka dan bebas. Juga, seseorang yang kaya (raya), harusnya jauh lebih bisa mengurusi banyak dilema hidup yang dia miliki.
Alasannya cukup mudah. Karena kekayaan memiliki fungsi nyata untuk membuat semua hal itu terjadi.
Kekayaan tidak hanya bisa mempermudah seseorang untuk belajar dan menyelesaikan pendidikannya dengan memuaskan. Kekayaan juga bisa membuat seseorang bisa lebih mudah mengarah ke jalur kesuksesan, baik bagi mereka yang ingin menempuh jalur politik atau ingin jadi pengusaha hebat.
Singkatnya, kekayaan seharusnya bisa membuat seseorang sehat secara mental atau kejiwaan. Tapi juga seharusnya membuat seseorang jauh di atas rata-rata dari orang kebanyakan. Dari masalah otak sampai masalah kemampuan dalam membangun kemapanan hidupnya sendiri.
KAMU SEDANG MEMBACA
PSIKOLOGI & PSIKOTERAPI 2
Non-Fictionpsikologi & psikoterapi buku kedua. karena buku pertama sudah penuh. maka perlu membuat buku selanjutnya. menceritakan psikologi dan psikoterapi dan apa yang harus dilakukan dalam keseharian yang penuh beban, dan apa yang memberati perasaan dan pik...