Mari kita bayangkan, sebuah dunia di mana kita bisa menyendiri tanpa diganggu oleh hal apa pun yang tak kita suka dan inginkan. Khayalan akan dunia keseharian yang mana kita bisa datang dan pergi sesuka hati di dunia manusia.
Saat kita bosan dan merasa seluruh keramaian terasa membengkak tak terkendali. Sikap muak dan letih mulai menjangkiti. Saat segala jenis ikatan sosial terasa menghimpit dan tak lagi menyenangkan.
Kita, memiliki sebuah dunia sendiri yang kedap dari semua orang. Tempat kita menghilang tanpa diganggu oleh siapa pun. Waktu yang khusus untuk kesendirian dan melankolia kita.
Sebuah dunia di mana tak ada lagi tuntutan akan pekerjaan, memperhatikan orang lain, pergi ke sekolah, harus ke kampus, menatap nanar anggota keluarga, terbebas dari media sosial, internet, segala jenis chat, dan tanpa orang-orang yang ada di sekeliling kita.
Atau, sebuah dunia di mana kita bebeas menyendiri di tengah keramaian orang-orang. Berjalan. Menikmati waktu. Melakukan banyak hal tanpa tuntutan akan hubungan sosial apa pun.
Dunia khayalan menyenangkan bagi kita, para kaum soliter.
Kita bisa datang dan pergi sesuka hati kita dalam sebuah ikatan pertemanan. Kita bisa tidak membalas pesan saat memang kita tidak ingin. Kita tidak harus mengangkat telepon entah itu dari siapa. Bahkan jika itu dari presiden dan kontak bisnis senilai triliunan banyaknya.
Dalam dunia yang bisa kita tutup dan buka sesuka hati. Tanpa harus mencemaskan uang, pekerjaan, makan, dan hal-hal yang menopang kehidupan kita sehari-hari. Kita bisa tenang di dalam kamar kita sendiri. Melakukan perjalanan panjang. Membangun kabin di pinggir danau atau tengah hutan. Menikmati atau menciptakan seni. Juga mungkin, tidak melakukan apa pun.
Sekedar menatap dengan lekat langit malam yang terasa luas dan indah tanpa bergerak selama beberapa waktu. Tidur panjang yang tak lagi mengukur waktu normal. Melakukan kemalasan yang biasanya ditolak oleh banyak orang. Merasakan nikmatnya kesedihan tanpa gangguan orang terdekat. Atau, melakukan banyak hal gila dan besar tanpa peduli ikatan manusia.
Melakukan banyak hal sendiri. Ke mana pun sendiri. Berjalan ke mana pun sendiri.
Sebuah dunia di mana ikatan sosial dan manusia tidak lagi penting dan mudah diabaikan demi dunia sepi sendiri.
KAMU SEDANG MEMBACA
PSIKOLOGI & PSIKOTERAPI 2
Non-Fictionpsikologi & psikoterapi buku kedua. karena buku pertama sudah penuh. maka perlu membuat buku selanjutnya. menceritakan psikologi dan psikoterapi dan apa yang harus dilakukan dalam keseharian yang penuh beban, dan apa yang memberati perasaan dan pik...