Bedah Buku:
"The Maze"
karya Catrella2• [ Sinopsis ] •
Bagi Harley, tawaran liburan di mansion dua hari tiga malam sungguh sangat menggiurkan. Ditambah dengan biaya perjalanan yang ditanggung penuh, membuatnya sangat senang. Semuanya berjalan seperti rencana. Ya, setidaknya sampai ia melihat sesuatu yang tak boleh dilihat oleh siapa pun.
Akan tetapi, dalam sekejap, liburannya berubah menjadi hal terakhir yang ia inginkan saat ini.
• [ Review ] •
Kelebihan: Menurutku, ide ceritanya benar-benar keren dan langka. Seriusan. Rangkaian-rangkaian ceritanya juga terasa benar-benar menegangkan. Pembaca juga sukses dibuat bertanya-tanya apa alasan ada kelas berdarah, apa kaitan antara mimpi Harley dengan kelas berdarah, siapa laki-laki berwajah buram yang dimaksud?
Kekurangan: Ada beberapa kesalahan tanda baca dan kalimat yang terlalu banyak "diserang" penggunaan -nya. Ada juga kata kerja yang kerasa janggal karena tidak memakai imbuhan.
Saran: Coba baca ulang cerita dan revisi, ada baiknya hapus penggunaan imbuhan -nya yang tidak begitu diperlukan. Kalau perlu, susunan kalimatnya juga bisa diubah. Tidak ada salahnya juga menambahkan imbuhan di kata-kata kerja.Kelebihan: Plot mengalir bagus. Cara Icha menggunakan show juga baik, detail tidak membosankan.
Cara menghindari kata yang terulang, aku suka itu. 20 dengan dua puluh pada satu kalimat.
Kekurangan: Masih ada beberapa kesalahan ejaan. Misalnya:
• Paragraf 2, kalimat 3. Bisa disederhanakan menjadi "sewarna obsidian".
• Paragraf 13, kalimat 3. "Ke dalam" harus dipisah. Entah kenapa, aku jadi bingung dengan "keluar" atau "ke luar".
• Paragraf 21, typo kecil. Secangih -> Secanggih.Kelebihan: Menurutku, ide ceritanya bener-bener keren dan emang langka banget. Rangkaian-rangkaian ceritanya juga udah terasa menegangkannya.
Kekurangan: banyak kalimat yang di imbuhi -nya. Kesalahan tanda baca ada, tapi tenang saja, masih mudah diperbaiki
Saran : Ga pa pa banyak salah, baca ulang dan pikirin kata lain yang mungkin lebih nyaman buat yang di kasih imbuhan -nya itu. Tapi yang butuh imbuhan di kasih juga, biar tidak aneh.Kelebihan: Obviously, di awal banget, deskripsinya udah bikin penasaran!!
Dan covernya mendominasii, wah jelas si kalo kak mez yg garap jelas bagusnya.
Dan di page 1 ini, alurnya udah berjalan mantep banget !!!
Saran: disini kata gantinya yaa yg diperbanyak / dieksplor, contohnya kek
Capek bisa diganti jadi lelah gitu.Kelebihan: Konsep yang dibawa juga bagus. Aku jarang menemukan cerita yang begini. Menurutku suasana thriller di cerita ini bener-bener terasa, terutama di pembuka chapter 1. Aku suka. Pembaca dibuat bertanya-tanya, ada apa sebenernya? Untuk penulisan juga sudah rapi. Hampir enggak ada typo.
Kekurangan: Mungkin cuma terletak di kalimat kurang efektif, dan serangan kata "itu" atau "-nya".
@IchiHikaru
Salam manis,
Tim Thrillero•••
KAMU SEDANG MEMBACA
Recensio Book
RandomKali ini, Black Pandora Club menghadirkan kemudahan bagi kalian para pembaca Wattpad untuk mengenal karya-karya master piece dari para member BPC, hanya dengan melalui satu "portal teleportasi" saja. Eits, tunggu dulu. Portal teleportasi? Yaps! Kont...