Fantaser • Chaos Wind

36 2 1
                                    

Bedah Buku
"Chaos Wind "
Karya

Samm_san

Samm_san

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

●●●

[ Blurb ] •

Clothes of Chaos adalah sebuah pakaian yang dapat memberikan Spirit Ability pada orang yang memakainya. Pakaian ini berwujud sebuah jaket dan kini tersebar di seluruh wilayah di dunia. Beberapa orang ingin memilikinya namun hanya yang terpilihlah yang bisa memilikinya.Academy of Super Ability adalah sebuah akademi yang mengumpulkan dan mendidik remaja yang memiliki Clothes of Chaos. Dengan tenaga pendidik berpengalaman, remaja - remaja ini dididik dengan cara yang tak biasa demi menggali bakat terpendam yang mereka miliki.Akademi ini memiliki keamanan yang tak tertembus, dibangun di bekas komplek militer, dijaga oleh pemilik Clothes of Chaos terhebat, bahkan lokasinya pun dirahasiakan. Tujuannya adalah untuk melindungi penghuninya dan menyembunyikan keberadaan Clothes of Chaos.Namun, tetap ada sekelompok orang yang nekat menerobos masuk akademi ini. Berbagai cara mereka lakukan. Terlebih, remaja yang menghuni akademi ini dulunya pernah menjadi korban percobaan pembunuhan dan tindakan kriminal lainnya.

[ Pendapat ] •

1. Andy

Aku suka bagaimana CHAOS_WIND bisa menonjolkan daya tarik ceritanya dengan baik. Yup, Clothes of Chaos--Pakaian Kekacauan! Maksudku, selama ini kita mengenakan pakaian untuk melindungi fisik--sesuatu yang berkonotasi positif dan defensif. Sementara itu, Samm dengan kerennya menyuguhkan kita sebuah gagasan yang sangat menarik: Pakaian Kekacauan. Itulah yang kusebut cerita dengan point of attraction yang unik.

Kemudian, pertama-tama, mari kita bicarakan cara Samm menulis sudut pandang pertama. Sebagai penikmat sudut pandang ketiga, aku menyukai cara Samm bertutur dalam sudut pandang pertama. Begitu ekspresif. Di bab pertama saja, aku bisa merasakan antusiasme--atau kalau bukan, maka debaran--sang tokoh utama, Clone. Ada begitu pertanyaan, dan aku juga mempertanyakan hal yang sama.

Namun, ah, ada sedikit yang mengganjal! Menyoal tanya jawab dengan sosok makhluk hitam itu, kukira akan lebih seru jika informasi tanya jawab itu melebur pada plot. Semisal saat Clone mengenakan jaket pertama kali, kemudian dia menyadari ada kemampuan ini atau itu. Aku khawatir jika tanya jawab Clone dan si sosok di awal bakal rentan disebut info dump.

Di samping itu, jika Samm berniat untuk revisi kembali (karena itulah yang biasa kita lakukan--revisi terus menerus tanpa henti haha) maka kusarankan untuk merapikan narasi dengan kalimat efektif. Kuberi satu contoh, seperti 'masuk ke dalam' yang cukup disebut salah satunya--'masuk' atau 'ke dalam' saja. Selain itu aku melihat cukup banyak serangan kata 'itu', mungkin bisa dicari alternatif kata ganti yang lain, ya~ Dan, yang terakhir, gunakan sinonim yang tepat untuk mencari padanan kata tertentu. 'Penari menari' memang dua kata yang singkat dan jelas, tetapi itu tidak efektif. Pembaca semestinya bisa membayangkan dengan lebih detail apa yang dilakukan penari, dan sesuaikan permainan keindahan kata-kata dengan adegan yang ditulis. 'Penari menari' akan lebih menarik jika semisal diganti menjadi 'Penari mengayunkan tangan dengan gemulai', misalnya, yang menunjukkan bahwa itu tarian lembut dan bukan tarian penuh hentakan.

Recensio BookTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang