Actioner • Silent Mind

43 10 0
                                    

Bedah Buku
"Silent Mind"
Karya mezuuo

Bedah Buku "Silent Mind"Karya mezuuo

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

●●●

• [ Sinopsis ] •

Ada sebuah pulau kecil yang terletak di sekitar Papua Nugini. Pulau itu bernama Orzu Island, pulau yang cukup padat oleh penduduk.

Orzu Island dihuni oleh berbagai kalangan dari seluruh penjuru dunia karena menyediakan kekayaan alam yang cukup memadai hingga pulau tersebut disebut-sebut sebagai surga dunia.

Kekayaan alam berlimpah yang dimiliki Orzu Island membuat setiap negara ingin berteman dengan pulau ini, tapi Komite Kepulauan—Lembaga Eksekutif di Orzu Island-memutuskan untuk tidak menerima tawaran mereka.
Sehingga ada begitu banyak negara yang membenci Orzu Island sekarang. Tapi, sebenarnya, ada banyak negara yang masih mendukung Orzu Island. Salah satunya adalah Kepulauan Republik Nusantara, yang aktif melakukan pertukaran pelajar mereka ke Orzu Island karena sistem pendidikan yang baik.

Tapi, pertukaran tidak hanya untuk siswa-siswi yang beruntung. Ada kesempatan penebusan dosa untuk pelajar-pelajar yang saat ini tengah mendekam di sel anak.
Salah satunya adalah Ivan Diargatama, seorang yang memiliki cataan kriminal yang tak merasa bersalah bahkan tak menyesali apapun seolah bukan ia yang seharusnya dipenjarakan.

• [ Isi ] •


Silent Mind menceritakan tentang sebuah kota di Kepulauan Ozru yang dinamakan Hilleria City. Konon kota itu terkesan menyeramkan bahkan announcer kereta yang ditumpangi Ivan Diargatama – salah satu tokoh utama di cerita “Silent Mind” ini – merasa malas mengumumkan kedatangan penumpang. Ivan Diargatama nantinya berurusan dengan seorang polisi, seorang psikolog, dan Bibi Paula. Mungkin jika saya menebak nantinya akan ada cerita masa lalu antara Ivan, Bibi Paula, dan Psikolog tersebut. Di dua part awal ini lebih menceritakan tentang Ivan yang harus disekolahkan di SETA Nekra karena kasus kejahatannya 3 tahun lalu.


• [ Kelebihan ] •

Alur ceritanya bagus, gaya bahasanya mudah dimengerti pembaca sehingga pembaca merasa nyaman saat menikmati ceritanya. Point tambahan yang tak kalah penting, Silnet Mind banyak memberi beberapa gambar pemeran yang menunjang imajinasi pembaca. Dengan ilustrasi yang ada membuat Silent Mind menjadi cerita yang tidak monoton.
Silent Mind bisa dibilang memiliki cerita yang pas atau yang cocok sesuai dengan judulnya. Jadi, judulnya sudah sesuai dengan penggambaran ceritanya. Cerita ini cocok juga bagi orang yang suka cerita tentang petualangan.
Silent Mind juga sangat menarik. Terutama dengan alur yang tidak biasa. Diperkiraan, Alur cerita ini sepertinya akan maju mundur. Bahasa yang digunakan penulis pun, patut diakui keren. Ia dapat menempatkan narasi yang panjang namun tidak membosankan. Percakapan yang digunakan juga tidak memiliki dominan kata.

Dari dua part pertama, tidak terlihat adanya kesalahan pada tanda baca maupun EYD. Minimnya kesalahan yang ditemukan membuat Silent mind nyaman untuk dibaca.

Kelebihan juga bisa dilihat dari penggunaan nama-nama yang cantik. Seperti nama Hilleria City yang terdengar menarik di telinga pembaca.
Selain itu, pembawaan cerita yang tidak membosankan membuatnya menjadi cerita yang keren.


• [ Kekurangan ] •


Secara keseluruhan, cerita ini cukup menarik namun beberapa plot masih janggal dan tidak menyatu dengan baik. Bisa dibilang pada beberapa bagian ada yang tidak nyambung dan tidak pas, tapi beberapa bagian juga bagus.
Selain itu, ada beberapa kesalahan tanda baca di beberapa bagian yang sepertinya perlu di revisi.

Satu lagi, kekurangan Silent Mind tidaklah banyak. Namun apabila hal ini bisa disebut sebagai kekurangan, maka statusnya yang belum tamat adalah salah satunya.


• [ Saran ] •

Disarankan untuk penulis agar rajin baca ulang dan revisi untuk meminimalisir kesalahan baik itu plot, latar, atau eyd dan tanda baca.
Serta saran untuk bagian “Document-2” bagian akhir, tepatnya di kalimat “Mendidik murid sepertimu. Aku penasaran bagaimana itu akan terjadi.” Ucapan Diodas membuat Ivan mengernyitkan alisnya. Sebaiknya, tanda titik diganti tanda koma saja.


• [ Pesan ] •


Semangat selalu Kak Mezz buat lanjutin ceritanyaa!!

Salam Manis,
Tim Actioner

●●●

Recensio BookTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang