Fantaser • Vanneta: Galaxy World

224 18 0
                                    

Bedah Buku
"Vanneta: Galaxy World"
Karya alsahlap

Bedah Buku "Vanneta: Galaxy World"Karya alsahlap

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

●●●

[ Pendapat ] •

1. Rose

- Alurnya bagus, menarik dan tentunya unik.

- Aku suka rangkaian dan penjabaran, serta writing style-nya.

- Kusarankan untuk penjabaran magic-magic yang dikeluarkan, agar dijelaskan dengan efek seperti warna-warna atau kekuatannya dengan penuturan detail, agar kita seolah bisa membayangkannya seperti rol film di kepala.

2. Rin

- Ceritanya menarik. Idenya fresh dan pemberian namanya keren.

- Kosakatanya ringan dan jelas, tidak berbelit-belit sehingga pembaca mudah mengerti.

- Kuperhatikan masih ada sedikit-sedikit kekurangan seperti typo dan salah penggunaan dialog tag.

3. Anno

-Ceritanya unik, dengan vibes yang sepertinya agak sci-fi juga, meski tetap komitmen di genre fantasi itu sendiri.

-Mungkin alurnya agak terkesan cepat dan tidak terlalu memberikan kesan misterius dengan isinya.

-Sayangnya ada beberaapa kejadian yang missing, seperti tiba-tiba kejadian ini dan itu, dan memang ada beberapa hal yang mesti dijabarkan lagi.

4. Arif (qlost)

- Konsep ceritanya menarik sekaligus cukup unik.

- Alurnya mudah dimengerti sekaligus nyaman untuk dibaca—bagi pribadi, itu adalah cerita yang cukup bagus.

- Kurasa penggunaan italic penuh dalam penulisan prolognya tidak terlalu diperlukan, karena secara narasi jelas merupakan adegan tunggal yang jelas dinikmati sebagai kilas balik.

- Penggunaan huruf bold untuk pengenalan nama tokoh sebenarnya bisa ditulis biasa saja—karena bisa dikenali dengan jelas dnegan penggunaan huruf kapital yang tepat.

5. Izaz

- Ceritanya sudah menarik sejak awal, dengan menarik perhatian pembaca akan nasib tokoh utama—yang telah terpenuhi.

- Aku menyukai pemberian nama tokohnya, sangat kreatif.

- Narasinya mudah dimengerti dan ringan.

- Masih ada penulisan KBBI dan PUEBI yang masih kurang benar, seperti bagian untuk titik elipsis, nama tokoh juga tidak perlu ditulis tebal, dan beberapa typo.

- Ada beberapa hal yang masih kupertanyakan soal alurnya—tapi karena masih chapter awal tidak masalah, alur akan bangkit sesuai jalannya cerita.

- Kuharap lain kali bisa diberi sedikit keterangan soal mantra-mantra sihirnya di bagian bawah—sebab aku sangat penasaran soal itu.

6. Ainun

- Menurutku konsep dan idenya bagus, juga kreatif.

- Aku menyukai plotnya, terutama cara penulisannya.

- Aku belum bisa kasih pendapat dari segi karakter, tapi sejauh ini aku suka dengan karakter Arette Althera; dia salah satu karakter yang unik dan comical sekali.

- Dunia fantasinya juga sangat mengena, aku suka konsep magic-nya.

7. A/Z

- Ide dan konsep premis ceritanya bagus plus menarik.

- Aku kagum dengan penamaannya—baik untuk nama tokoh, tempat, maupun mantra sihirnya sangat keren dan unik serta tetap dalam kesan wajar.

- Narasinya juga ringan dan mudah diikuti—tapi untuk saran, mungkin akan lebih mengena kalau dikenbangkan sedikit lagi.

- Kuperhatikan masih ada beberapa kesalahan PUEBI, dialog tag, maupun tanda baca yang sebenarnya wajar selama kita masih belajar.

- Penebalan huruf (bold) untuk menegaskan nama menurutku tidak terlalu diperlukan. Juga penggunaan huruf kapitalnya terkadang agak hiperbolik menurutku pribadi—meski sebenarnya tidak terlalu masalah mengingat banyaknya tipe penulis yang ada.

• [ Kesimpulan ] •

Kami semua sepakat bahwa ide cerita, konsep, serta alur Vanneta: Galaxy World karya Elsa ini benar-benar menarik. Narasinya pun ringan sehingga mudah dimengerti, juga penamaannya sangat kreatif dan unik. Untuk saran, kami harap penjabaran poin magic-nya bisa diperjelas lagi karena itu amat menarik. Sementara kritik kami menyangkut penggunaan PUEBI, penggunaan tanda baca dan dialog tag yang perlu diperbaiki serta sedikit typo yang memang wajar (tidak ada penulis yang sempurna di dunia ini~). Penggunaan italic maupun bold di bagian-bagian tertentu sepertinya juga tidak terlalu diperlukan, sehingga mungkin lebih baik tidak digunakan agar lebih nyaman dibaca.

Salam Manis,
Tim Fantaser

●●●

Recensio BookTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang