Jogi Thakur (di perankan Ashok Kumar) adalah seorang pria sederhana yang menjunjung tinggi kejujuran dan nilai-nilai kehidupan. Ia menikah dengan seorang putri dari keluarga kaya raya bernama Leela (di perankan Veena). Ayah mertuanya sangat menyayanginya dan tahu kebaikan hati yang ada padanya, hingga ia pun mewariskan seluruh kekayaannya pada Jogi Thakur.
Suatu ketika, ia mengetahui keburukan istrinya yang membayar preman untuk membakar rumah-rumah orang miskin agar setuju menjual tanah mereka padanya. Jogi Thakur merasa ngeri atas perilaku istrinya dan memutuskan pergi meninggalkannya dan putrinya yang saat itu masih kecil bernama Neena (di perankan Sumita Sanyal). Sejak saat itu Leela pun menyesali perbuatannya.
Jogi memulai kehidupannya dengan menjadi seorang penghibur anak-anak. Lalu, ia menolong seorang wanita yang menjadi tawanan penjahat. Namun, hal itu malah membuatnya masuk dalam penjara dalam waktu yang lama.
Selang kemudian, Neena tumbuh menjadi seorang wanita yang cantik dan mempunyai nilai-nilai kebaikan seperti Ayahnya. Ibunya telah tiada, dan Neena pun ingin mencari tahu keberadaan Ayah kandungnya.
Neena jatuh cinta Dr. Biren (di perankan Sanjeev Kumar) dan mereka pun memutuskan untuk menikah.
Takdir mempertemukan Biren dengan Jogi yang telah menjadi narapidana. Namun, Biren yakin bahwa Jogi adalah orang yang baik bahkan Biren sangat mengaguminya.
Setelah itu, Jogi di bebaskan dari penjara dan mengetahui kabar bahwa putrinya akan segera menikah. Diam-diam, Jogi datang dan menutupi jati dirinya yang sebenarnya kepada Neena karena tidak ingin membuat putrinya malu bahwa Ayahnya seorang mantan narapidana. Jogi bergabung dengan para pengemis untuk memberi restu pada Neena tanpa di sadari oleh Neena sendiri bahwa Ayahnya datang untuknya. Setelah itu, Jogi bergegas untuk pergi namun penyakitnya datang menyerang hingga ia pun terkulai lemah. Semua orang datang menghampirinya. Neena yang merasakan ada sesuatu, segera datang melihat kerumunan tersebut dan baru menyadari bahwa orang yang sedang terkapar di jalan tidak lain adalah Ayahnya sendiri.
Di saat detik-detik terakhirnya, Jogi harus melihat kesedihan di wajah putrinya yang menangisi keadaannya. Jogi tidak bisa menenangkannya karena keadaannya yang semakin lemah dan perlahan pandangannya pun mulai gelap. Jogi telah menghembuskan nafas terakhirnya.
Soundtrack Lagu
1."Ik Tha Bachpan" - Lata Mangeshkar
2."Rail Ghadi Chuk Chuk Chuk Chuk" - Ashok Kumar
3."Jeevan Se Lambhe Hain Bandhu Yeh Jeevan Ke Rastey" - Manna Dey
4."Rim-Rim Jim Barsay Sawariya" - Lata Mangeshkar
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Sinopsis Film Bollywood Vol. 2
RandomBerisi sinopsis film-film Bollywood all times untuk semua pecinta film India dari masa ke masa :)