Dil Apna Aur Preet Parai (1960)

30 2 0
                                    

Sushil Verma (di perankan Raj Kumar) adalah seorang ahli bedah di Rumah Sakit Shimla. Ia tinggal bersama Ibu (di perankan Protima Devi) dan adik perempuannya, Munni (di perankan Kumari Naaz) yang masih kecil.

Ayah Sushil telah lama meninggal dunia. Teman dekat Ayahnya yang seorang pengusaha sukses, membiayai pendidikan Sushil hingga ia bisa menjadi seorang dokter sampai saat ini. Ibu Sushil pun merasa berhutang budi padanya, hingga memutuskan untuk menjodohkan Sushil dengan Kusum (di perankan Nadira), putri dari sahabat baik baik Ayah Sushil tersebut.

Sushil lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah sakit, karena banyaknya pasien yang membutuhkan penanganan. Karuna (di perankan Meena Kumari) adalah seorang perawat yang di pindahkan ke Rumah Sakit Shimla karena kurangnya tenaga medis di sana. Di saat itulah, Karuna dan Sushil bertemu untuk pertama kalinya.

Sushil dan Karuna sering menghabiskan waktu bersama, dan saling mengagumi satu sama lain. Namun, mereka tetap mencoba bersikap profesional dalam pekerjaan mereka.

Suatu ketika, Karuna tidak sengaja bertemu Munni yang terluka saat sedang bermain-main di pantai. Karuna mengajak Munni pulang kerumahnya dan mengobati luka-lukanya. Lalu, Karuna melihat keadaan rumah Munni yang cukup berantakan. Ia pun mengetahui bahwa Ibu Munni terlihat kurang sehat dan tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah. Akhirnya, Karuna memutuskan untuk melakukan semua pekerjaan rumah untuk membantu Ibu Munni tanpa mengetahui bahwa Ibu Munni tidak lain adalah Ibu Sushil. Karuna pun terkejut saat melihat sosok Sushil datang memasuki rumah yang sedang Karuna rapikan, begitu pun Sushil yang tidak menyangka Karuna berada di rumahnya. Sejak saat itu, perasaan Sushil semakin mendalam kepada Karuna.

Sushil dan Karuna memulai hubungan yang lebih dekat diantara mereka. Namun, semua seakan sirna setelah Ibu Sushil menikahi Kusum. Sushil yang tidak bisa menolak keinginan Ibunya akhirnya setuju dan terjadilah pernikahan tersebut. Karuna merasa terluka, namun ia menutupinya dengan tetap terlihat ceria seperti biasanya.

Seiring waktu berjalan, terungkap bahwa Kusum memiliki sifat kasar dan temperamental. Ia bahkan tidak segan-segan melukai Ibu mertuanya sendiri. Sushil yang mengetahui tindakan kasar Kusum, tidak bisa mentolerirnya dan seketika menceraikannya. Ibu Sushil pun menyesal karena membuat keputusan yang salah dengan menikahkan Sushil dengan Kusum.

Setelah resmi bercerai, Sushil membangun hubungan barunya dengan perempuan yang ia cintai, Karuna.


Soundtrack Lagu

1."Ajeeb Dastan Hai Yeh"-Lata Mangeshkar 

2."Andaz Mera Mastana"-Lata Mangeshkar 

3."Dil Apna Aur Preet Parai"-Lata Mangeshkar 

4."Itni Badi Mehfil"-Asha Bhosle 

5."Jane Kahan Gai"-Mohammed Rafi 

6."Mera Dil Ab Tera Ho Sajna"-Lata Mangeshkar 

7."Sheesha-E-Dil Itna Na Uchhalo"-Lata Mangeshkar 

Kumpulan Sinopsis Film Bollywood Vol. 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang