Kisah ini berlatar pada tahun 1900. Pratap (di perankan Ashok Kumar) dan Kasturi (di perankan Devika Rani) adalah teman masa kecil, dan ketika dewasa mereka saling mencintai. Sayangnya, hubungan mereka memiliki hambatan. Pratap adalah seorang Brahmana (salah satu golongan dalam agama Hindu yang memiliki pengetahuan tinggi/cendikiawan) dan Kasturi adalah seorang achhut (sebutan untuk seseorang yang tidak mempunyai golongan agama Hindu). Masa itu, kasta seseorang di beda-bedakan berdasarkan golongan agama mereka, dan Achhut termasuk dalam kasta terendah. Hal itu mempengaruhi dalam hubungan mereka yang berakhir pada perpisahan.
Lalu, Pratap menikah dengan Meera (di perankan Manorama), sementara Kasturi menikah dengan Manu (di perankan Anwar). Pratap maupun Kasturi tidak dapat melupakan cinta pertama mereka, tetapi berusaha keras untuk membuat pernikahan mereka berjalan harmonis. Sayangnya, situasinya diperparah oleh fakta bahwa Manu memiliki istri sebelum menikahi Kasturi bernama Kajri (di perankan Pramila), yang diasingkan oleh Manu karena campur tangan dari orang tua Manu yang tidak menyukainya.
Kajri yang merasa terancam oleh kedatangan seorang wanita baru dalam kehidupan suaminya, mencoba membuat hidup Kasturi sengsara dengan bantuan Meera yang di racuni pikirannya oleh Kajri.
Pada puncaknya, Kasturi dianggap telah berselingkuh dengan Pratap dan membuat Manu marah. Perkelahian antara Manu dan Pratap pun terjadi.
Manu menyerang Pratap ketika mereka tiba di persimpangan kereta api. Lalu datanglah sebuah kereta menghampiri mereka berdua. Putus asa untuk menyelamatkan Manu dan Pratap, Kasturi bergegas menuju kereta memohon sopir untuk berhenti dan dalam proses itu membuat dirinya terbunuh.
Manu dan Pratap pun menghentikan Perkelahian dan menyesali perbuatan mereka.
Sountrack Lagu
1. "Main Ban Ki Chidiya Banke" -Ashok Kumar, Devika Rani
2. "Udi Hawa Mein Jaati Hai" -Devika Rani
3. "Kit Gaaye Ho Khewanhar" - Saraswati Devi
4. "Kise Karta Murakh Pyar" -Ashok Kumar
5. "Churi Main Laya Anmol Re" -Mumtaz Ali, Sunita Devi
6. "Khet Ki Muli Bagh Ki Aam" -Devika Rani, Ashok Kumar
7. "Dheere Baho Nadiya" -Kusum Kumari
8. "Peer Peer Kya Karta Re" -Ashok Kumar
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Sinopsis Film Bollywood Vol. 2
RandomBerisi sinopsis film-film Bollywood all times untuk semua pecinta film India dari masa ke masa :)