Aku bangun
Dari tidur panjang rapuhku
Tak ingin
Tak ingin lagi
Membuka mata iniKamarku
Gelapnya
Membuatku
Ingin tertawa berbahagia
Dalam tidurku
Haaa dalam tidurku, akuKuingin
Tidur dalam gelap
Tidur dalam senyap
Tidur dalam aku
(Dalam Tidur Aku)Entah mengapa, hari ini aku memutar berulang-ulang lagu yang aku buat untuk diriku sendiri. Tidur Dalam Aku atau Tidur Dalam Gelap. Untuk menikmati suara jelek dan petikan gitar yang buruk, seseorang harus menggunakan headset agar kepalanya tidak pecah.
Aku membuatnya kemarin pagi. Saat dalam keadaan bangun dari tidurku yang cukup panjang. Tidur yang tak benar-benar bisa menyelamatkanku dari perasaan gelisahku. Mimpi-mimpi buruk dan cemas yang datang kembali. Tapi setidaknya, tidur bisa cukup menyelamatkanku.
Kuingin tidur dalam gelap. Tidur dalam senyap. Dunia yang sehari-hari aku lakukan dalam tidur panjang rapuhku. Ya, entah mengapa aku sangat menyukai lagu spontan tanpa perencanaan yang aku buat sehabis bangun tidur. Dengan lirik yang langsung keluar dari mulutku.
Tak ingin lagi membuka mata ini, seperti itulah. Lagu pendek yang mewakili seluruh keberadaanku akhir-akhir ini.
Agar semua lagu spontanku tidak hilang, aku memasukkannya ke SoundCloud. Aku tak peduli dengan suara burukku. Cara memainkan gitar yang kasar. Atau akhiran lagu yang buruk karena suara harus dikecilkan atau saat tetangga lewat. Setidaknya, membuat lagu untuk diri sendiri adalah terapiku.
Aku mendapatkan beberapa awalan yang bagus, itu bagiku sudah cukup. Kelak bisa aku rapikan dan gunakan untuk membuat lagu utuh.
Membuat lagu sendiri. Menulis sendiri. Mencari gagasan sendiri. Sedikit dari hal yang aku bisa lakukan agar tidak menjadi konsumen utuh.
Dan, sekarang aku tak bisa tidur. Yah, mungkin lebih baik menikmati diri sendiri. Membaca buku Michelangelo yang belum selesai. Mendengarkan lagu-lagu milik diri sendiri yang, buruk tapi juga menyenangkanku.
Terapi musik untuk diri sendiri.
KAMU SEDANG MEMBACA
PSIKOLOGI, PSIKOTERAPI, DAN MASALAH LAINNYA
NonfiksiEsai-esai yang aku tulis ini, lebih berkaitan dengan dunia psikologi dan bagaimana kita keluar dari jeratan hidup yang menekan. Di sini kau akan menemukan bagaimana memilih psikiater atau psikolog sebelum memutuskan pergi ke klinik mereka. Bagaimana...