.
「Mikhail」
»–R–I–M–«
“Boleh aku masuk?”
“Ya, masuklah. Lama tidak bertemu, Mikhail-nim. Maafkan aku karena tidak menghubungimu terlalu lama. Aku cukup sibuk dengan pekerjaanku dan…”
“Tidak, harusnya aku menemuimh dulu… maafkan aku.”
“Silakan duduk.”
“Terima kasih.”
“Apa yang akan kau suka teh? Tidak ada jenis teh yang kami lewatkan, jadi kau bisa meminta apapun yang kau suka.”
“Apa pun tidak masalah. Ya, karena aku punya kesempatan, aku lebih suka apa yang akan direkomendasikan ketua ”
“Kalau begitu… Oh, ini akan bagus. Teh ini terbuat dari stroberi yang hanya tumbuh di Utara. Rasanya manis, tapi tidak berlebihan. Kau mungkin sudah mencobanya, tapi… kalau kau memang ingin rekomendasiku, aku ingin memilih yang ini karena aku menyukainya belakangan ini... Aku yakin kau akam menyukainya.”
“Aku akan berterima kasih meminum apapun yang kau berikan padaku.”
“Memalukan kalau kau berterima kasih terlalu banyak padaku. Jadi, apa kabar? Bagaimana kabarmu hari ini?”
“Itu sama setiap hari. Ini mungkin tidak jauh berbeda darimu. Aku bangun di pagi hari, minum teh atau kopi untuk memulai hari, dan membaca koran atau buku saat aku senggang. Tentu saja, hanya itu waktu untuk bersantai karena skala situsnya sangat besar…
.
Rasanya seperti menjalankan kota. Bahkan jumlah pekerja yang kami miliki melebihi populasi di sebagian besar kota kecil… Sungguh mengesankan melihat betapa cepatnya tempat ini menjadi penuh dengan kehidupan dan pasar.”“Hal yang sama berlaku untuk situs lain, Mikhail-nim. Situs ke-1, ke-2, dan ke-3 bahkan bisa disebut kota besar saat ini. Dan aku berani mengatakan jika tempat-tempat di mana teknisi dan pekerja kami pergi untuk menikmati, makan, dan bermain lebih baik daripada kebanyakan tempat di kota-kota kecil.
.
Aku tidak bermaksud untuk membangun kota, tapi rasanya hebat karena kota-kota itu terlihat terbentuk secara alami. Jika upah pekerja ketat, itu akan lebih sulit daripada sekarang. Bukankah itu cara kerja ekonomi? Kau menghasilkan uang, membelanjakannya, membayar pajak, dan melakukan hal lain dengan pajak.”“Ya, seperti ucapanmu.”
“Sebenarnya aku cuek dalam Ekonomi dibanding dengan topik lain. Tapi aku tahu jika pasar akan terbentuk. Bukankah wajar jika orang berkumpul di mana uang berputar? Karena itu aku memberikan kontrol pada orang yang bisa kupercaya.”
“Aku mengerti.”
“Jika aku hanya menginginkan manajer konstruksi, aku tidak akan menghubungimu. Ini mungkin terdengar seperti pernyataan diskriminatif, tapi aku akan menyerahkan manajemen pada para dwarf jika memang begitu. Karena itu aku memberikan tanggung jawab situs bukan pada arsitek tapi administrator.”
“Ya, aku mengerti apa maksudmu.”
“Aku tidak mau hanya diberi pengarahan tentang kemajuan konstruksi. Aku ingin tahu segala hal yang terjadi di sana dan berapa banyak yang masuk dan keluar. Aku ingin tahu bahkan detail terkecil. Karena itu aku menghubungimu.”
“Jadi seperti itu…?”
“Karena kupikir, bagaimana jika Mikhail-nim salah paham?”
“Aku tahu apa yang kau lakukan dan apa yang bisa kau lakukan. Kalau aku meragukan kemampuanmu, aku tidak akan menempatkan dirimu di posisi yang begitu penting. Aku menyerahkannya padamu karena kupikir kau akan melakukan tigas yang kupercayakan padamu dengan benar.”