Episode 189

962 89 97
                                    

Setelah berlayar cukup lama, akhirnya Raja James tiba di tanah jawa.
Sesampainya di tanah jawa, Raja James harus harus melakukan perjalanan lagi untuk sampai di Istana Pajajaran.

*****

Kondisi Kian Santang sudah mulai membaik namun, ia belum sadarkan diri.
Prabu bertanya kepada tabib tentang kondisi Kian Santang.

"Tabib, kenapa putraku belum sadarkan diri?"

"Inilah yang hamba tidak mengerti Gusti Prabu, seharusnya Raden Kian Santang sudah sadar tapi kenapa sampai sekarang ia belum sadarkan diri"

Rara Santang mendekat ke arah Kian Santang lalu duduk di sebelah kasur kian santang.
Ia menggenggam jari jemari Kian Santang dengan diiringi air mata.

"Rai, bangunlah. Yunda mohon bangunlah, kau adalah sosok yang kuat Rai, jadi aku memohon kepadamu bangunlah!"ucap Rara Santang sambil menggeggam jari jemari Kian Santang. Sesekali ia mencium jari jemari Kian Santang.

"Rai, bersabarlah. Aku yakin kalau Rai Kian Santang pasti akan sadarkan diri. Kita hanya perlu memberikan waktu bagi Rai Kian Santang untuk sadarkan diri!"ucap Gagak Ngampar.

*****

Perjalanan Raja James dibilang cukup singkat karena jarak pelabuhan dan Istana Pajajaran dibilang lumayan dekat.

Raja James mulai memasuki Kota Raja ( Ibukota Pajajaran ).
Banyak Rakyat Pajajaran yang aneh sekaligus takut melihat kedatangan Raja James beserta para pasukan besar dibelakangnya.

"Aneh sekali, kenapa mereka berbeda dari kita semua?"

"Apa kalian tidak tahu, mereka adalah rombongan dari Kerajaan Inggris. Apa kau nisanak tidak bisa melihat perbedaan baju, warna rambut sekaligus pasukan mereka?"

"Kau benar kang, tapi apa tujuan mereka sehingga jauh jauh datang ke Istana Pajajaran?"

"Itulah yang menjadi pertanyaan, apakah Gusti Prabu Siliwangi menjalin hubungan politik dengan Raja Inggris itu?"

"Bisa jadi itu, kang!"

Di sepanjang perjalanannya melewati Kota Raja, Raja James hanya diam dan sesekali melihat Rakyat Pajajaran yang menatap dirinya dengan wajah penuh kecurigaan dan keanehan.

Setelah melwati Kota Raja, akhirnya Raja James tiba di depan Gerbang Istana Pajajaran.
Ia sempat dilarang masuk.

"Maaf, apa tujuanmu datang ke Istana Pajajaran?"

"Aku Raja James dari Kerajaan Inggris dan aku ingin menemui Gusti Prabu Siliwangi!"

"Baiklah, Yang Mulia boleh masuk!"

Para prajurit yang menghadang Raja James tadi, membuka silangan tombaknya.

Raja James masuk sendirian ke dalam Istana Pajajaran sedangkan para prajuritnya berjaga diluar istana untuk menjaga keamanan Raja James selama di Istana Pajajaran.

Sebelum masuk ke dalam Istana, terlebih dahulu ia meminta pelayan Istana Pajajaran untuk memanggil Prabu Siliwangi.

"Aku Raja James dari Kerajaan Inggris, bisakah kau memanggil Gusti Prabu Siliwangi?"

"Baik Yang Mulia, hamba akan memanggil Gusti Prabu Siliwangi!"

Pelayan istana tadi langsung menjalankan perintahnya.
Ia masuk ke dalam lalu menemui Prabu di kamar Kian Santang.

"Mohon ampun Gusti Prabu!"

"Ada apa?"

"Ada tamu dari Kerajaan Luar ingin bertemu Gusti Prabu!"

Kembalinya Raden Kian Santang ( Season 2) Chapter 1 | [ TAMAT ]✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang