Raja James beserta para rombongan prajuritnya sudah tiba di pelabuhan Pajajaran dan sebentar lagi akan pergi berlabuh kembali pulang ke Inggris.
Saat perjalanan pulang kembali ke Inggris, Raja James terus diingatkan oleh bayang bayangan Kian Santang.
Ia merasa berat saat hendak meninggalkan Kian Santang.V.O Raja James
"Aku harus kuat melewati ini semua, aku yakin kalau tuhan mengizinkan untuk aku bertemu lagi dengan Putraku Kian Santang maka, aku pasti akan bertemu lagi dengannya!"- Istana Pajajaran
Kian Santang meninggalkan sidang istana dengan raut wajah kesedihan, ia pergi ke kamarnya lalu menutup rapat pintu kamarnya.
Lalu setelah itu, ia duduk di kasurnya.
Wajahnya menunjukan seolah olah ia tidak terima akan kepulangan Raja James ke Inggris.Tapi apa boleh buat, itu sudah menjadi keputusan terakhir dari Raja James.
Mau tidak mau, Kian Santang harus menerimanya.Tiba-tiba, ada yang mengetuk pintu kamar Kian Santang.
"Raden?"panggil Ratna Sari dengan halus.
Dari dalam kamarnya, Kian Santang menjawab.
"Masuklah Nyimas, aku tidak mengunci pintunya!"
Nyimas Ratna Sari melangkah masuk ke dalam pintu kamar Kian Santang.
Perlahan ia mendekat ke arah Kian Santang dengan raut wajah sedih."Raden, aku ingin mengatakan sesuatu kepadamu!"
Kian Santang bangkit dari tempatnya.
"Katakan Nyimas, apa yang ingin kau bicarakan kepadaku?"
"TemankuSekar Arum, sedang sakit dan aku harus kembali ke Desa untuk merawatnya maka dari itu, Aku minta izin untuk pergi dari Pajajaran, Raden!"
"Kau akan pergi sekarang, Nyimas?"
"Ya, aku akan pergi sekarang karena aku tidak bisa berdiam diri saja saat tahu kalau teman baikku sedang terbujur sakit!"
"Baiklah aku memaklumi itu, biarkan aku mengantarmu, Nyimas!"
"Baiklah, Raden boleh mengantarku tapi hanya sampai di Gerbang Pintu depan Istana karena aku tidak mau membuatmu repot!"
"Baiklah kalau itu mau mu Nyinas, mari!"
Kian Santang mengantar Ratna Sari sampai ke depan pintu gerbang istana.
Sebelum pergi, Ratna Sari mengucapkan kata kata perpisahan untuk Kian Santang.
"Raden, aku izin pamit pergi. Insyallah, jikalau allah mengizinkanku untuk kembali ke Pajajaran maka aku pasti akan kembali!"
"Aamiin, berhati hatilah di dalam perjalananmu Nyimas!"balas Kian Santang diiringi senyuman diwajahnya.
"Assalamualaikum"
"Waalaikumsalam"
Ratna Sari mulai pergi meninggalkan Istana Pajajaran.
Ia kembali ke Desanya untuk merawat temannya yang sedang sakit.*****
"Ibunda, kapan kita akan sampai di Pajajaran?"
"Sebentar lagi kita akan sampai di Pajajaran, bersabarlah Putriku!"
*****
Satu persatu, orang yang disayangi oleh Kian Santang mulai menjauh pergi.
Kian Santang hendak menenangkan kesedihannya dengan berjalan jalan di Kota Raja.
Kian Santang pergi keluar Istana dengan pakaian biasa dan dengan caping di atas kepalanya.
Ia berjalan jalan keliling Kota Raja sambil memantau kondisi Rakyatnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kembalinya Raden Kian Santang ( Season 2) Chapter 1 | [ TAMAT ]✔
Historical FictionSetelah 5 tahun berlalu, Putra dan putri Prabu SIliwangi beranjak dewasa. Semakin banyak musuh yang menginginkan Pajajaran hancur menjadi debu... Kembalinya Raden Kian Santang bukan asal cerita kolosal karena Author juga menambahkan Bibit bibit per...