Paviliun Tianyi

14 0 0
                                    

Putri Mahkota tertegun sejenak, lalu tersipu.

"Ayah, kamu benar-benar..."

Bisakah dia mengatakan ini kepada anak berusia lima tahun?

Putera Mahkota terbatuk sedikit dan menatap Hanhan dengan mata menyipit.

"Benarkah ini yang dikatakan kakek kekaisaranmu? Itu bukan sesuatu yang kamu buat untuk menipu bibimu, kan?"

"Ini tidak adil, itu benar-benar kakek kekaisaranku yang  mengatakannya."

Hanhan mengangkat kepalanya dan berkata dengan wajah sedih.

"Jika paman kaisar tidak mempercayainya, tanyakan saja pada kakek kaisar sendiri."

Putera mahkota tersedak "..."

Bagaimana dia bisa menanyakan hal seperti itu kepada ayahnya?

Terlalu tidak nyaman!

Sekalipun mereka adalah ayah dan anak, akan selalu ada ketidaknyamanan ketika membicarakan topik memiliki anak dengan istrinya. Dengan karakter putera mahkota yang tenang dan pendiam, dia tidak bisa berbicara sama sekali.

"Ayah benar, ini bukan waktu yang tepat untuk datang dan mengganggu di Istana Timur sekarang." Kata Zhan beihan dengan santai.

Putera mahkota tidak tahu apakah harus tertawa atau menangis.

"Saudara ketiga, kenapa kamu juga..."

Zhan Beihan melanjutkan. "Hanhan akan berusia enam tahun, tahun ini. Seharusnya perbedaan usia antara sepupu tidak boleh terlalu besar."

Putera mahkota tercekat "..."

Hanhan adalah cucu tertua Kaisar Zhaoming tapi dia bukan satu-satunya cucu kaisar. Faktanya, Hanhan tidak kekurangan sepupu.

Beberapa pangeran sudah memiliki anak yang di lahirkan oleh selir mereka. Ada satu atau dua sepupu yang lahir dari generasi yang sama dengan putra Zhan Beihan tetapi anak-anak itu tidak begitu disukai.

Entah itu Kaisar Zhaoming atau dua pangeran bersaudara, mereka tidak terlalu menyukai anak-anak para pangeran lainnya.

Adapun Kaisar Zhaoming, dia selalu menghargai martabat istri sahnya. Kecuali kedua anak sah Putera mahkota dan Raja Yi, pangeran lainnya hanyalah hiasan dan anak yang mereka lahirkan tidak dianggap penting.

Adapun Putera mahkota dan Zhan Beihan, tidak peduli berapa banyak saudara laki-laki yang mereka miliki di generasi yang sama, mereka hanya memiliki dua saudara kandung dari ibu yang sama. Jadi mereka tidak menganggap serius saudara tiri lainnya, karena ada lapisan pemisah darah di antara mereka.

Oleh karena itu, "sepupu" yang dimaksud Zhan Beihan hanya mengacu pada putra sah putera mahkota, tidak termasuk selir.

Putera mahkota juga mengetahuinya dengan baik. Mendengar ucapan adiknya, dia hanya bisa tertawa dan berkata.

"Apakah kamu pamer di depan kakakmu hanya karena kamu memiliki seorang putra?"

Zhan Beihan mengangkat alisnya. "Setidaknya aku sudah punya seorang putra."

Putera mahkota mengangkat alisnya dan berkata.

"Aku tidak terburu-buru, cepat atau lambat itu akan terjadi."

"Itu yang terbaik, jangan sampai ayah mengkhawatirkannya," kata Zhan Beihan dengan tenang.

Putera mahkota tidak mau memperhatikannya dan tersenyum pada Hanhan.

"Apa gunanya menunggang kuda dengan ayahmu? Menunggang kuda sangat bergelombang. Apakah kamu ingin naik kereta paman kaisar?"

Hanhan menggelengkan kepalanya seperti mainan, "Aku ingin menunggang kuda."

DEWA PERANG MENGEJAR ISTRINYATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang