Kue Besar Jatuh dari Langit

34 1 0
                                    

Xiao lingyue merasa lega dan mengira dia telah lulus ujian.

Namun siapa sangka Kaisar Zhaoming akan mengubah topik pembicaraan lagi.

"Meskipun negara memiliki hukum nasional, seperti kata pepatah, ada perasaan manusia yang melampaui hukum. Bagaimanapun keluarga Shen adalah keluarga ibumu, kamu tidak seharusnya menolak memberi bantuan pada keluarga ibumu. Sebagai seorang anak, bukankah kamu harus memohon belas kasihan atas nama mereka?"

Mulut Xiao lingyue bergerak-gerak "..."

Apa maksudnya ini?

Jika dia memohon belas kasihan, Kaisar Zhaoming tidak akan senang dan merasa bahwa dia melanggar hukum negara.

Jika dia tidak memohon belas kasihan, meskipun Kaisar Zhaoming senang, dia akan merasa bahwa dia tidak peduli dengan ikatan keluarga.

Bukankah ini sepenuhnya salah?

Kaisar jelas-jelas mencoba menempatkannya dalam dilema untuk menguji pilihannya.

Selain itu, pilihan yang diambilnya juga harus meyakinkan Kaisar Zhaoming untuk memuaskannya tanpa melanggar moral manusia.

Kulit kepala Xiao lingyue mati rasa dan dia berpikir cepat.

Dia berkata dengan hati-hati.

"Yang Mulia benar. Sebagai anak, saya harus berbakti kepada orang tua saya dan berbagi kekhawatiran keluarga. Namun hal-hal di dunia sering kali tidak seperti yang diharapkan. Telah dikatakan sejak zaman dulu bahwa kesetiaan dan kesalehan anak tidak bisa memiliki kedua tujuan. Di mata putri ini, kesetiaan dan kesalehan berbakti adalah dua hal. Kesetiaan adalah yang utama dan kesalehan anak adalah yang terakhir."

"Kesetiaan adalah hukum negara dan kesalehan adalah aturan keluarga!"

"Oleh karena itu, saya mematuhi hukum negara dan Yang Mulia, meskipun saya tidak bisa berbakti, setidaknya saya bisa setia dan hati saya jernih."

Kata-kata ini sepenuhnya menunjukkan kesetiaan kepada kaisar, dan dalam lingkungan seperti ini di zaman kuno, sama sekali tidak ada kesalahan.

Tidak ada kaisar yang tidak menyukai orang yang setia padanya.

Tidak ada kaisar yang akan menegur seseorang karena terlalu setia kepadanya.

Mata Kaisar Zhaoming memang lebih puas tapi dia dengan sengaja bertanya dengan wajah tegas.

“Jadi, kamu benar-benar tidak berniat membela keluarga Shen? Bahkan jika saya memerintahkan ayahmu untuk dijebloskan ke penjara surgawi, kamu tidak akan tergerak?"

Bagaimana bisa dia tergerak? Pikir Xiao lingyue .

Jika Shen Zhijiang di kirim ke penjara surgawi, dia pasti akan pergi ke restoran untuk memesan semeja penuh makanan lezat untuk merayakannya.

Namun di permukaan, Xiao lingyue tampak serius dan berkata dengan sungguh-sungguh.

"Jika ayah saya benar-benar dikirim ke penjara surgawi, saya yakin Yang Mulia akan menanganinya dengan tidak memihak, dan saya tidak perlu memohon belas kasihan.

“Bagus sekali!” Kaisar Zhaoming mengangguk gembira, ekspresinya benar-benar santai.

Dia mungkin tidak sepenuhnya percaya dengan apa yang dikatakan Xiao lingyue. Namun ada pula kata-kata yang diucapkan hanya untuk menyatakan posisi dan sikap seseorang.

Setiap kata yang diucapkan Xiao lingyue memberitahu Kaisar Zhaoming bahwa dia dan keluarga Shen tidak berada dalam perjalanan yang sama, dan dia tidak berniat untuk berdiri di perahu yang sama dengan keluarga Shen.

DEWA PERANG MENGEJAR ISTRINYATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang