14

6 4 0
                                    

"Kau tahu Ayu, bacaan di perpustakaan semuanya biografi! Aku muak dengan biografi, aku butuh fiksi! Fantasi, aksi, horror…misteri…"     

Bayu yang masih telungkup di sofanya terdiam sejenak untuk berpikir tentang dunianya yang selalu diambang kekacauan.     

"Bisakah kau tidak menghancurkan semangatku."     

<… bukankah tuan sebaiknya mempersiapkan kedatangan Hakam?>     

"Memangnya dia bakal kemari?"     

<… tidak. Union memperintahkan dia untuk berjaga di perbatasan Benua Mu"     

Bayu membalikkan badannya di sofa lalu menyalakan TV. Dia pindahkan ke saluran berita, yang masih banyak memberitakan tentang kasus Adi Hamerfid. Dari latar belakang, fakta tentang dia adalah adik Hakam hingga konspirasi dia sebagai sandera penting bagi Nusa.     

"Tujuan Union adalah membinasakan mahluk fantasi agar manusia kembali berkuasa di Bumi, mereka tidak akan bertarung dengan sesama. Besar kemungkinan yang datang adalah keluarga Justicien atau mungkin Hamerfid"     

"Tidak punya? Oh, tentu saja. Aku tidak pernah mengenal mereka, tunggu sebentar."     

Bayu lalu menjulurkan tangannya untuk mengambil ponselnya yang berada di atas meja. Kemudian di layar pencarian internet, dia mencari biodata kepala keluarga Justicien. Setelah mendapati identitas kepala keluarga mereka yang bernama William Justicien, Bayu mencari tempat dan tanggal lahirnya. Setelah mengetahui nama lengkap dan tempat tanggal lahir, di perpustakaan dalam dirinya, kemudian terbentuk dari partikel-partikel cahaya yang melayang di udara sebuah buku bersampul cokelat. Buku itu berjudul 'William Justicien'.     

Terdapat tiga cara agar Buku dalam perpustakaan dapat dibentuk. Pertama, jika Bayu sebagai Bookmaster mengetahui nama asli dan tempat tanggal lahir seorang individu. Dari informasi itu perpustakaan akan mengidentifikasi individu itu dari database alam semesta dari masing-masing administrator. Jika individu itu berada di bumi, maka perpustakaan akan mengakses database yang dikendalikan oleh Gaia. Setiap individu yang lahir, nama asli mereka akan dijadikan file oleh Gaia yang nantinya file itu akan memiliki semua informasi tentang si individu.     

Kedua, jika Bayu dan individu lain sudah saling mengenal selama kurang lebih satu tahun. Dalam hal ini perpustakaan akan memindai tali takdir individu itu ketika keduanya saling kontak. Dari tali takdir ini, perpustakaan dapat mencari informasinya pada database milik Gaia. Cara ini merupakan cara yang lama, dan biasanya buku terbentuk secara tidak sengaja. Hal ini biasanya dikarenakan Bookmaster yang tidak aktif dalam mengetahui tanggal lahir individu itu.     

Ketiga, mengambil darah dari individu lain. Bookmaster dapat mengambil setetes darah dari individu lain, lalu membiarkan kulitnya menyerap darah itu. Nanti perpustakaan akan memindai informasi dari darah itu, lalu mencari informasi individu itu di database Gaia sesuia dengan informasi yang didapat dari darah.     
Bayu pada awalnya memiliki banyak pertanyaan ketika mendengar penjelasan ini dari Ayu sewaktu dia baru memiliki perpustakaan. Namun bisa disimpulkan kalau perpustakaan ini menyalin informasi dari database Gaia, lalu membuatnya menjadi sebuah buku novel atau yang biasa Bayu sebut sebagai biografi.     

Lalu siapa Gaia? Ayu berkata kalau Gaia adalah dewi administrator yang diciptakan Tuhan untuk mengawasi keseimbangan Bumi dan seluruh Bima Sakti.     

"Sudah ada?"     

Ayu lalu mengambil buku yang masih melayang di tengah perpustakaan.     

"Hm" 

Bayu menyimpan kembali ponselnya di meja, lalu dengan perasaan bosan dan mengantuk dia pandangi diskusi di televsi tentang kemungkinan hubungan Nusa dan Union.     

master buku mengantukTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang